Mengatasi Android Restart Saat Membuka Aplikasi

Advertisements

Mengatasi Android sering restart – Kehebatan ponsel android tidak perlu diragukan lagi, ponsel jenis ini memang sangat popular dan mengalahkan semua ponsel yang ber OS lain. Seperti diketahui, yang menjadi penyebab terkenalnya android karena banyaknya dukungan aplikasi dan game berkualits yang dibagikan secara gratis. Sifat open source pada android inilah yang membuat pengembang aplikasi terus berinovasi supaya mendapatkan apliaksi atau game yang sangat menarik.

Android Restart Saat Membuka Aplikasi

Dari ribuan aplikasi gratis tersebut, membuat pengguna android terus menginstall dan menginstall aplikasi dan game secara terus menerus sampai memori penuh, tanpa memperhatikan kualitas aplikasi atau perangkat android yang digunakan. Jika terus demikian justru dapat merusak dan menurunkan performa android, karena dari beberapa aplikasi pastinya ada yang tidak cocok dengan perangkat ponsel. Hal inilah yang menjadi awal permasalahan dari kerusakan ponsel, biasanya di tandai dengan android restart dengan sendirinya saat membuka aplikasi. Nah jika sudah demikian, siapa yang rugi?

Ponsel android sering restart memang kerap dialami oleh sebagian besar pengguna, biasanya mereka menginstall aplikasi yang bermasalah. Hanya saja aplikasi bermasalah tersebut masih sering digunakan, dan tanpa disadari justru membawa virus dan malware, sehingga menyebabkan system android menjadi eror. Jika dibiarkan pastinya akan berpengaruh pada aplikasi lain, sehingga saat membuka aplikasi sering mengalami force close dan atau kembali ke home screen. Lantas bagaimana cara mengatasi supaya android tidak restart?

Baca Juga  Tips Cara Mempercepat Performa Android
Advertisements

Mengatasi Android Restart setiap membuka aplikasi

Selain virus dan malware, penyebab android selalu restart saat membuka aplikasi merupakan pertanda bahwa ada beberapa aplikasi yang telah terinstall tidak cocok, selain itu bisa juga karena spec ponsel sudah tidak mampu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut solusinya.

1. Hapus aplikasi yang mencurigakan atau aplikasi yang menjadi awal permasalahan
2. Jika aplikasi tersebut telah dihapus dan android masih sering restart, coba gunakan cara lain dengan melakukan factory reset. Lakukan backup data atau file penting lebih dulu, karena cara ini mengembalikan android seperti semula.
3. Setelah di reset, coba menginstall sedikit aplikasi lalu di cek. Nah, jika aplikasi dan android tidak mengalami masalah, lanjutkan dengan menginstall aplikasi lainya.
4. Akan tetapi jika masih sering restart, bisa disebabkan adanya kerusakan pada hardware. Cara satu satunya dengan membawa ke tukang service, mungkin ada komponen yang harus diganti.

Advertisements

Aplikasi gratis android memang bermanfaat bagi pengguna, namun anda harus cermat untuk menginstall aplikasi tersebut. Biasakan download dari google playstore agar kualitas aplikasi terjamin, walau tidak sepenuhnya. Selain itu, perhatikan juga spec android, jika dirasa kecil jangan paksakan untuk menginstall serta menjalankan aplikasi dan game yang cukup berat. Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengatasi android restart saat membuka aplikasi dan game. Baca juga cara mengatasi force close pada bbm, hal ini pastinya juga sering terjadi.

Mengatasi Android Restart Saat Membuka Aplikasi | marhenk | 4.5