Apa itu Vlookup pada Microsoft Excel?

Advertisements

VLOOKUP adalah salah satu fungsi Microsoft Excel yang paling berguna, dan itu juga salah satu yang paling sedikit dipahami. Jadi apa fungsi VLOOKUP? Yah, tentu saja ini merupakan fungsi Excel. Artikel ini akan berasumsi bahwa pembaca sudah memiliki pemahaman lewat fungsi Excel, dan dapat menggunakan fungsi dasar seperti SUM, AVERAGE, dan TODAY.

V di VLOOKUP singkatan dari vertikal. Menggunakan VLOOKUP bukan HLOOKUP ketika nilai-nilai perbandingan Anda berada dalam kolom sebelah kiri data yang ingin Anda cari. Menggunakan VLOOKUP mirip dengan mencari nama seseorang di buku telepon untuk mendapatkan nomor telepon. VLOOKUP melihat nilai dalam satu kolom, dan menemukan nilai yang sesuai pada baris yang sama di kolom lain.

Dalam penggunaan yang paling umum, VLOOKUP adalah fungsi basis data, yang berarti bahwa ia bekerja dengan tabel database – atau lebih sederhana, daftar hal-hal di lembar kerja Excel. Hal apa saja? Yah, apa pun itu. Anda mungkin memiliki worksheet yang berisi daftar karyawan, atau produk, atau pelanggan, atau CD dalam koleksi CD Anda, atau bintang di langit malam. Itu tidak terlalu penting.

Advertisements

VLOOKUP mengambil informasi dari database / daftar berdasar contoh disediakan identifier unik. Dengan kata lain, jika Anda menempatkan fungsi VLOOKUP ke dalam sel dan menyebarkannya salah satu pengidentifikasi unik dari database Anda, itu akan mengembalikan Anda salah satu dari potongan-potongan informasi yang terkait dengan identifikasi unik.

Baca Juga  Windows 8 Sudah ada Bajakannya?

Jika semua yang Anda butuhkan adalah salah satu bagian dari informasi dari database, itu akan menjadi masalah untuk membangun formula dengan fungsi VLOOKUP di dalamnya. Biasanya Anda akan menggunakan fungsi semacam ini dalam spreadsheet untuk dapat digunakan kembali, seperti template. Setiap kali seseorang memasuki kode valid dari barang, sistem akan mengambil semua informasi yang diperlukan tentang item yang sesuai.

Advertisements

Pada kenyataannya, lebih mungkin bahwa database produk akan berlokasi di buku kerja yang terpisah. Itu membuat sedikit perbedaan untuk fungsi VLOOKUP, yang tidak benar-benar peduli jika database terletak pada lembar yang sama, lembar yang berbeda, atau buku kerja yang sama sekali berbeda.

Apa itu Vlookup pada Microsoft Excel? | guniwan | 4.5