time 1 year yang lalu di topik #Android

Apa Yang Baru dari Android Lollipop?

Advertisements

Beberapa waktu yang lalu Google mengeluarkan Android Versi terbarunya, sebut saja Android Lollipop dengan versi 5.1. Android Lollipop ini merupakan Operasi Sistem penerus dari sang pendahulunya yaitu Android Kitkat. Berbagai pembaharuan pun turut dikeluarkan oleh mesin pencari terbesar sedunia ini. Perubahan itu meliputi dari UI Interface yang lebih elegan dari versi sebelumnya, peningkatan dalam penghemat daya baterai yang sudah teruji lebih hemat dari android pendahulunya, perubahan yang nampak lainnya juga terlihat dari bagian menu aplikasi, serta bagian notifikasi dan dihilangkannya tombol fisik (back, home, menu) namun masih ada produsen smartphone yang tetap memberikan tombol fisik ini.


Google semakin hari kian menyeriusi terhadap perkembangan operasi system terpintar masa kini. Dengan dikembangkannya Android jenis Lollipop ini banyak beberapa produsen Smartphone terkemuka di Indonesia yang mengadakan kerjasama dalam membangun smartphone Android One (Lollipop 5.0). Smartphone Android One ini nantinya akan menjadi Operasi Sistem yang akan selalu mendapatkan penyempurnaan langsung dari Google, berbeda dengan operasi sistem sebelumnya yang mendapatkan update perangkat lunak dari produsen masing-masing smartphone.

Kali ini penulis akan mengulas tentang perubahan apa saja yang terjadi pada Android Lollipop ini. Simak selengkapnya!

Android Lollipop UI Interface

android lollipop ui interface

Pada Android Lollipop ini perubahan yang sangat menonjol terlihat pada UI Interface yang diberikan oleh Google. Pada bagian bawah layar terdapat 3 tombol utama yaitu home, back, dan menu. Dengan adanya tombol utama ini maka pada perangkat yang sudah mengusung jenis Lollipop ini tidak akan ditemui tombol fisik lagi pada bagian bawah (namun ada beberapa vendor masih tetap menyediakan tombol fisik).

Baca Juga  Cara Upgrade Android Kitkat Samsung Galaxy J1 ke Lollipop
Advertisements

Notifikasi

fitur notifikasi android lollipop

Google ternyata juga mengadakan perubahan pada tampilan notifikasi, pada Android Lollipop ini tampilan notifikasi menyerupai notifikasi heads up.

Menu Aplikasi

menu aplikasi android lolipop

Pada tampilan menu aplikasi android, google memberikan sedikit perubahan dengan diberikannya background berwarna putih tipis.

Daya lebih Hemat

hemat daya baterai hp android

Pada dasarnya google memberikan penyempurnaan dalam hal memanage RAM sehingga effek yang diterima adalah baterai lebih hemat. Hal ini memang terbukti bahwa pada Android Lollipop baterai lebih tahan lama, namun semua juga tergantung pada penggunanya.

Penyempurnaan pada Fitur “OK Google”

penyempurnaan fitur ok google

Perubahan lainnya yang bisa dirasakan adalah pada fitur “okay google”. Pada dasarnya fitur ini merupakan asisten pribadi kita. Dengan hanya mengucapkan “Okay Google” maka smartphone kita akan otomatis mendengaran perintah kita. Kita bisa mengatur alarm dengan menggunakan suara seperti “ Okay Google, set alarm at 5 p.m” maka secara otomatis smartphone kita akan menyetel alarm pada waktu yang kita ucapkan tadi. Kita juga bisa melakukan pencarian hanya dengan mengatakan “Okay Google” dari aplikasi manapun, sungguh merupakan kemudahan yang hebat.

Advertisements

Demikian postingan gendruk kali ini tentang fitur terbaru dalam Android Lollipop, Have a Nice Day!

Apa Yang Baru dari Android Lollipop? | guniwan | 4.5