Aplikasi Edit Video di Android Keren dan Terbaik

Advertisements

Review Aplikasi Edit Video di Android oleh www.Gendruk.com – Android adalah sistem operasi sejuta umat, hampir 80% lebih gadget di dunia ini pakai OS android. Dan untuk platform dengan lebih dari satu juta aplikasi, pasti sulit untuk menemukan aplikasi edit video yang terbaik pada Android.

Anda dapat tanyakan pada penggemar Android dan rata2 mereka akan memberi tahu hal yang sama, yaitu area Video editing adalah area yang lemah di ekosistem aplikasi Android. Ada banyak utilitas untuk edit video di luar sana, tapi kebanyakan dari mereka jarang yang bagus.

Sebenarnya, Google sendiri tampaknya siap untuk mengisi kekosongan ini. Google merilis versi video Editor di android sendiri , Movie Studio, diluncurkan pada waktu peluncuran android Honeycomb tahun 2011. akan tetapi aplikasi edit video di android ini ternyata sepi penggemar dan segera ditinggalkan dan akhirnya tidak lagi  ada pada perangkat baru.

Sebenarnya aplikasi galeri android bawaan asli dari os android itu sudah punya beberapa fitur dasar untuk editing video, namun banyak orang yang mengharapkan lebih banyak fitur untuk edit video hasil rekaman mereka. Oleh sebab itulah Gendruk coba gali lebih dalam dan mencari dari jutaan aplikasi android keren di google play store untuk menemukan beberapa aplikasi android terbaik untuk editing video, inilah beberapa dari mereka.

5 Aplikasi Edit Video di Android Yang Layak Anda Coba

AndroVid

 

 

AndroVid adalah aplikasi edit video di gadget android pertama yang jadi pilihan gendruk. Aplikasi ini banyak fiturnya dan mudah untuk digunakan.

Setelah Anda membuka video di AndroVid, Anda melihat daftar pilihan di bagian atas layar.  Pilihan toolnya antara lain adalah memotong video sesuai pilihan anda dan menghapus sisanya. Atau anda mau memotong sebagian tertentu pada frame videonya lalu menggabungkan lagi sisanya.

Selain itu, AndroVid juga menyajikan pilihan untuk mengkonversi video menjadi MP3 serta menambahkan trek musik tunggal ke dalam klip video. Jika Anda perlu menambahkan teks ke video Anda, AndroVid ada pilihan untuk itu. Setelah Anda memilih toolnya, yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan teks lagu gunakan jari Anda untuk menentukan di mana teks akan muncul pada layar. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan warna teks.

AndroVid juga ada pilihan untuk memutar video dan mengkonversi mereka ke ukuran yang berbeda, bentuk atau kualitas.

Ada sedikit kekurangan pada aplikasi edit video AndroVid ini, yaitu tidak ada opsi pengeditan lanjutan; pilihan audio sangat terbatas; tidak ada alat untuk grafis layar penuh; versi pro yang bebsa iklannya lumayan mahal.

Jika Anda membutuhkan software video editing kelas menengah antara basic dan pro maka AndroVid ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk anda.

KineMaster Pro

Untuk para profesional yang membutuhkan solusi video editing dengan fitur lengkap, maka bisa melirik ke aplikasi android ini,KineMaster Pro.

KineMaster Pro punya kelebihan dengan mudahnya drag dan drop toolnya. Anda dapat mengimpor beberapa video, gambar dan klip audio, dan kemudian memindahkan mereka sesuai kebutuhan dengan jari Anda. Aplikasi ini memudahkan untuk menyesuaikan elemen lebih granular. Anda dapat memilih elemen atau frame video yang ingin anda ubah, lalu tekan ikon Gunting di atas timelinenya. Setelah itu anda dapat menyeret hasil guntingannya untuk memisahkan klip videonya dan ketuk saja “SPLIT”, voila, anda sudah dapat dua bagian klip video, yang bisa anda simpan untuk lakukan pengeditan lebih lanjut.

Baca Juga  Cara Download Video Youtube di Android Dengan TubeMate

KineMaster memiliki banyak pilihan untuk meningkatkan kualitas video Anda, mulai dari slider untuk menyesuaikan kecerahan, kontras dan saturasi warna klip untuk berbagai efek filter warna. Aplikasi ini juga memiliki satu menu untuk memutar pilihan video atau gambar dan juga pilihan transisi yang membuatnya jadi tampak lebih profesional dan juga lebih halus.

Dalam hal grafis, KineMaster memiliki berbagai macam menu menarik lainnya, misalnya saja tambahan gamabr animasi, bahkan anda bisa juga menambahkan credit title yang dapat scrolling.  Bahkan aplikasi edit video keren ini bisa membuat gambar diam jadi di zoom dan ada tambahan teks bergerak diatasnya.

KineMaster Pro mendukung beberapa track audio, sehingga Anda dapat bisa menambahkan musik dan juga efek suara sesuai keinginan anda. Aplikasi editing video ini memiliki perekam suara built-in yang memungkinkan Anda merekam narasi saat Anda sedang menonton video Anda. KineMaster Pro ini juga punya banyak koleksi music yang bisa anda gunakan sewaktu-waktu untuk background video anda jika anda tidak punya music sendiri atau sedang mau cepat-cepat mengedit video anda.

Satu-satunya kekurangan KineMaster Pro adalah dia membatasi perangkat yang bisa menggunakan aplikasi ini, nggak tahu alasannya apa, namun rata2 perangkat merek samsung dapat menggunakan aplikasi ini, sedangkan umumnya motorola tidak support aplikasi ini. Jika perangkat Anda tidak termasuk dalam daftar itu, Anda tidak akan dapat membeli dan menginstal aplikasi video editor ini dari Google Play Store.

Jadi menurut Gendruk.com, KineMaster Pro adalah aplikasi Editor video dengan fitur lengkap yang menarik dan mudah digunakan.

Video Maker Pro Gratis

Video Maker Pro Gratis sebenarnya didasarkan pada aplikasi lama google, Movie Studio. Editor Video ini menggunakan antarmuka yang persis sama dengan aplikasi lama google ini, bersih dan mudah digunakan.

Advertisements

Setelah Anda membuat proyek baru di Video Maker Pro Gratis, Anda akan disajikan sebuah layar editing berbasis timeline. Sebuah tombol plus di bagian atas layar memungkinkan Anda untuk mengimpor gambar dan video yang ada atau rekaman yang baru saja dibuat dan menempatkan mereka secara langsung pada timeline. Anda dapat drag dan drop item pada timeline untuk memindahkan mereka ke dalam urutan.

Tapping item, baik itu gambar atau video, memungkinkan Anda untuk membuat beberapa penyesuaian untuk itu, Anda dapat memangkas panjang item dengan menggeser jari Anda ke kiri atau ke kanan di awal atau akhir, Anda dapat menerapkan beberapa transisi polos untuk bergerak ke dalam atau ke keluar dari elemen, Anda dapat menerapkan beberapa filter yang sangat dasar dan Anda dapat menambahkan grafis judul sederhana.

Video Maker Pro Gratis menyediakan satu ruang terpisah untuk track audio tambahan, siapa tahu anda ingin menambahkan efek audio pada proyek video anda. Aplikasi android gratis ini tidak memiliki fungsi rekaman suara yang terintegrasi, sehingga Anda terbatas hanya dapat menambahkan suara dalam bentuk file saja. Setelah file audio ditambahkan anda dapat melakukan sedikit perubahan volume suaranya.

Video Maker Pro Gratis dasarnya adalah aplikasi video lama dari google yang ditambahkan beberapa fitur dasar lainnya dan slot iklan. Jadi klo anda hanya butuh edit video dasar saja, maka aplikasi ini saya rasa sudah cukup bagus.

Baca Juga  Cara Membuka File RAR di Android

VidTrim

VidTrim kurang lebih mirip dengan software editor lama bawaan google sebelumnya, cuma ada penambahan fitur-fitur dasar sedikit. Jadi dengan aplikasi ini anda hanya perlu memilih video yang ada di galeri anda dan nanti akan muncul beberapa fitur editor basic video. Anda dapat menyimpan file hasil editan anda dalam bentuk mp3. Aplikasi ini punya pilihan untuk dapat mengubah ukuran video dan juga kualitas video jadi lebih rendah jika anda ingin menyimpan filenya dalam ukuran yang lebih kecil.

Jika Anda sedang mencari software video editing yang canggih, maka VidTrim pasti bukan untuk Anda. Tetapi jika manipulasi video yang paling dasar yang Anda butuhkan, maka VidTrim sudah cukup baik untuk anda. Jadi untuk pengguna yang ingin melakukan hanya satu jenis yang paling dasar dalam manipulasi video, VidTrim adalah cara sederhana untuk melakukannya.

WeVideo

Tertarik lebih ke dalam sosial share daripada editing video yang serius? Maka WeVideo bisa jadi solusi all-in-one yang memudahkan Anda sedikit memanipulasi video dan kemudian mempublikasikannya ke akun social anda tanpa perlu keluar dari aplikasi edit video di android ini.

WeVideo sepenuhnya berbasis cloud, Anda harus terlebih dahulu meng-upload video ke server dan tunggu sampai proses uploadnya selesai sebelum Anda dapat melakukan apa-apa terhadap videonya. Anda juga harus membuat akun WeVideo untuk menggunakan software aplikasi video editing ini, yang kadang bagi sebagian orang akan terasa agak menjengkelkan juga.

Tapi Anda harus memikirkan bahwa sebenarnya WeVideo itu lebih ke arah sosial network daripada aplikasi video editor yang berdiri sendiri, jadi idenya adalah bahwa Anda dapat membuat kreasi pintar dan kemudian berbagi menggunakan jaringan aplikasi itu sendiri. Setelah Anda upload klip, aplikasi memberikan Anda sebuah link berbasis WeVideo bersama dengan pilihan untuk mempublikasikan proyek edit video anda ke YouTube, jadi jika anda suka yang berbau social share seperti ini, maka WeVideo ini adalah pilihan terbaik untuk aplikasi android edit video anda.

Alat editing WeVideo ini cukup terbatas, Anda dapat memotong video, menambahkan beberapa klip atau gambar ke dalam sebuah proyek, dan menambahkan musik. WeVideo menyediakan beberapa tema yang siap digunakan dan beberapa gaya visual untuk proyek Anda, meskipun Anda juga dapat memilih untuk menggunakan lagu-lagu Anda sendiri jika Anda inginkan.

Aplikasi ini memungkinkan untuk menambahkan judul di awal video yang otomatis ditata untuk Anda dalam tampilan yang sesuai dengan tema yang Anda pilih. Anda dapat menambahkan sedikit grafis, meskipun, seperti judul, Anda tidak dapat mengontrol bagaimana tampilannya atau ketika muncul.

Untuk anda pengguna android yang ga mau terlalu ribet dan yang ingin membuat klip tematik yang menarik untuk berbagi di akun sosial, WeVideo adalah pilihan terbaik untuk anda.

Kesimpulan

Advertisements

Itulah dia sobat gendruk semuanya, 5 Aplikasi edit Video di Android terbaik dan keren menurut gendruk.com. Baik dari segi bentuk dan fungsi, KineMaster Pro tidak diragukan lagi jadi pilihan terbaik secara keseluruhan dari ulasan diatas – tetapi untuk orang-orang dengan kebutuhan sederhana (atau bagi mereka yang memiliki perangkat yang tidak mendukung KineMaster), empat lainnya itu memberikan beberapa alternatif yang layak. Silakan anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan anda.

tags:

aplikasi edit video di android tanpa root, daftar editor teks tittle video terkeren
Aplikasi Edit Video di Android Keren dan Terbaik | guniwan | 4.5