time 2 years yang lalu di topik #Android,Aplikasi

Appaja, Aplikasi Android Terbaru Penakluk Kota Jakarta

Advertisements

Appaja, Aplikasi Android Terbaru Penakluk Kota Jakarta – Naik angkutan umum adalah keperluan bagi beberapa orang dalam melakukan segala aktivitasnya. Tetapi tak sedikit orang yang tidak mengetahui rute angkutan umum atau angkot di Jakarta, akibatnya membuat orang yang mau menaikinya bingung.


Muncullah sebuah aplikasi mobile terbaru bernama Appaja, yang merupakan singkatan dari Aplikasi Angkutan Jakarta, tampil sebagai solusi yang memberikan kemudahan terhadap pengguna angkutan umum. Aplikasi Appaja ini muncul memberikan beberapa fitur utama, yaitu panduan rute menaiki angkutan umum, notifikasi dan bertukar informasi layaknya jejaring sosial.

Pada fitur panduan, diberikan informasi secara detail kepada pengguna mengenai melakukan perjalanan di Jakarta memakai berbagai macam angkot mulai dari bus menengah, buskota, hingga angkutan kecil dan taksi. Pada menu ini, Appaja juga menyajikan kisaran ongkos yang dibutuhkan baik menggunakan bermacam-macam angkot maupun taksi.

appaja

Pada aplikasi android keren Appaja ini, tampilan yang diberikan cukup menarik. Designernya menyajikan tampilan visual berbeda untuk masing-masing moda. Bahkan, untuk yang tidak mengetahui bagaimana wujud angkutan umum yang dimaksud pada rute panduan, tidak usah khawatir karena pada aplikasi Appaja ini terdapat tampilan ilustrasi warna, bentuk, dan ukuran kendaraan yang dimaksud.

Advertisements

Pada tampilan panduan rute dalam aplikasi android ini, secara rinci dijelaskan ketika pengguna harus pindah angkutan, berjalan kaki, transit di stasiun maupun halte selanjutnya, lama waktu tunggu rata-rata tiap angkutan umum yang akan dinaiki, hingga posisi terupdate dari si pengguna. Soal waktu tunggu, pengguna aplikasi Appaja dapat cukup percaya sebab para pengembang aplikasi ini mengaku mengetest sendiri waktu tunggu yang perlu dikeluarkan pada setiap rute angkutan, wow.

Contohnya pengguna mau menuju Gandaria City dari Plaza Indonesia, maka Appaja akan menyajikan rute campuran antara jalan kaki, kemudian naik busway turun di halte yang paling dekat dan menyambungnya lagi dengan berjalan kaki. Terdapat juga informasi keadaan halte maupun stasiun jika lengang maka akan berwarna hijau, orange bila cukup ramai, dan merah apabila padat.

Fitur selanjutnya adalah notifikasi. Fitur ini memberitakan pengguna aplikasi Appaja jika telah mendekat lokasi tertentu, baik pindah halte dan moda ataupun saat sampai di tempat tujuan. Fitur notifikasi ini diharapkan mampu membuat para penggunanya tidak tersesat ataupun terlewat ketika harus pindah angkutan dengan pengingat berupa suara maupun getaran.

Fitur sosmed menjadi tambahan untuk para pengguna Appaja. Pengembangnya berharap para pengguna aplikasi ini dapat bertukar informasi dari kondisi jalan, kondisi stasiun dan halte, rute terbaru ataupun pembaruan informasi supaya para pengguna yang lain lebih gampang saat melewati jalur yang sama.

Pada aplikasi Appaja ini juga ada menu Tips yang akan menyaikan keterangan terhadap penggunanya tentang tata cara dalam hal keamanan, etika, dan kenyamanan ketika menggunakan kendaraan umum.

Terakhir, ada menu Vocabulary yang akan memberikan terjemahan perbincangan yang biasa dilakukan antara penumpang dengan supir ataupun kondektur. Tampilan peta pada aplikasi Appaja ini dibuat mirip menyerupai peta pada aplikasi Waze maupun Google Maps yang membuat para pengguna menjadi ekstra gampang untuk membacanya.

Aplikasi Appaja ini merupakan hasil asli ciptaan anak Jakarta dan sudah menyebar secara luas untuk para pengguna perangkat Android lewat Google Play Store. Tetapi untuk yang tidak menggunakan Android tak perlu cemas, karena Appaja juga ada dalam bentuk web yang dapat diakses lewat aplikasi browser di perangkat mobile ataupun komputer.

Advertisements

Itulah informasi tentang Appaja, Aplikasi Android Terbaru Penakluk Kota Jakarta. Semoga bermanfaat dan selamat berjalan-jalan di kota Jakarta.

Appaja, Aplikasi Android Terbaru Penakluk Kota Jakarta | guniwan | 4.5