Backup Aplikasi Android yang Sudah Terinstall

Advertisements

Sebelumnya gendruk.com infokan, backup data android dengan backup aplikasi android mempunyai arti yang berbeda. Jika backup data biasanya berupa foto, musik, dokumen dan lainya, akan tetapi jika backup aplikasi akan mengubah aplikasi yang sudah di install seperti mozilla, menjadi wechat, bbm dan lainya akan berbentuk apk. Mengubah aplikasi android yang telah terinstall menjadi APK sangat penting dilakukan, cara tersebut merupakan sebuah backup agar sewaktu-waktu pengguna melakukan reset android bisa dengan mudah menginstall lagi tanpa mendownload ulang.

Backup Aplikasi Android yang Terinstall

Secara umum penginstallan aplikasi android terdapat 2 cara, yang pertama langsung melalui google playstore dan yang kedua menggunakan pihak ketiga. Saat menggunakan dari pihak ketiga sebenarnya mempunyai keuntungan, sebab file masih berupa APK, namun kelemahanya adalah file apk tersebut belum tentu aman dan bersih dari virus atau malware. Hanya saja jika melalui android market maka file yang didownload dengan otomatis akan terinstall pada ponsel, jadi kita tidak mempunyai backup aplikasi android yang berupa file mentah APK.

Advertisements

Tapi keuntungan yang didapat dari aplikasi yang di download langsung dari playstore, file tersebut sangat aman dari virus dan dengan mudah menemukan tanpa harus mencari dari mesin search engine atau web lainya. Dan kelemahanya ya seperti tadi, kita tidak mempunyai backup aplikasi android yang masih berbentuk apk.

Baca Juga  Cara Merubah Android Menjadi Remote TV

Cara backup aplikasi android menggunakan APK Extractor

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya sangat mudah, karena ada aplikasi android gratis yang bernama APK Extractor, yang membantu anda untuk melakukan backup aplikasi android. Aplikasi tadi dapat Anda download secara gratis melalui google playstore. Nah, jika sudah terinstall sekarang lanjut dengan cara menggunakan APK Extractor.

1. Buka dan jalankan aplikasinya.
2. Pilih aplikasi yang akan anda backup atau dirubah menjadi file apk.
3. Jika akan membackup aplikasi lebih dari satu, tekan aplikasi dengan agak lama.
4. Selanjutnya pilih menu Extract, proses akan berjalan.
5. Setelah selesai langsung buka folder Extracted Apks, sebab file secara otomatis akan tersimpan di memori internal.
5. Jika sudah ketemu, silahkan dipindah ke memori eksternal atau disimpan dengan media lain.

Advertisements

Itulah sedikit tips tentang cara backup aplikasi android dengan mengubah aplikasi yang telah di install pada ponsel menjadi apk. Namun sayangnya APK Extractor tidak dapat merubah aplikasi berbayar menjadi apk karena ada protektor pada aplikasi premium atau berbayar. Selain itu baca juga cara mendonlod aplikasi android menggunakan PC, dan nantinya anda akan mengetahui sendiri manfaatnya.

tags:

back up aplikasi android, aplikasi backup aplikasi android
Backup Aplikasi Android yang Sudah Terinstall | marhenk | 4.5