Cara Backup dan Restore SMS di Android

Advertisements

Cara backup dan restore sms – Backup dan Restore, dalam bahasa mudahnya adalah menyimpan dan mengembalikan file atau data yang hilang. Untuk artikel kali ini akan membahas cara backup dan restore sms pada android. Walaupun kini banyak aplikasi chatting yang bermunculan, namun nyatanya sms masih menjadi sarana utama untuk berkomunikasi. Banyak yang masih suka ber smsan, karena disebabkan orang yang akan di kirimi pesan singkat tersebut tidak memiliki ponsel jenis smartphone. Jadinya, sms masih menjadi unggunlan sebab mereka tidak memiliki aplikasi chatting seperti Line, Whatsapp atau BBM.

Backup dan Restore SMS di Android

Untuk sebuah aplikasi chatting, pastinya data pesan tidak akan terhapus atau keformat, tapi lain cerita untuk fitur sms. Kadang kala sekumpulan sms yang terlihat penting tidak akan pernah dihapus oleh pengguna, namun itu semua bisa terjadi jika ponsel mengalami hard reset atau factory reset. Pastinya akan merasa sedih jika sms tersebut berisi data, sms kenang-kenangan dari sang mantan atau yang lainya.

Jika sudah demikian, sepertinya pesan sms tidak dapat dikembalikan lagi. Trus apa ada cara untuk mengembalikan sms yang terhapus atau terblockir dari hp kita?. Nah untuk menjawab pertanyaan itu, dengan cara backup sms atau menyimpan merupakan langkah awal untuk mengantisipasi jika terjadi demikian. Banyak cara dan aplikasi untuk menyimpan dan mengembalikan sms yang hilang, bisa dengan akun gmail dan aplikasi SMS Backup. Untuk cara menjalankan aplikasi backup sms, berikut caranya.

Baca Juga  Cara Download Video Youtube di Android Dengan TubeMate

Dengan menggunakan aplikasi SMS Backup

Aplikasi ini bekerja dengan cara backup sms ke akun gmail, untuk itu sebelumnya harus login dulu ke akun gmail menggunakan komputer. Kelemahan aplikasi ini, tidak dapat melakukan restore pada android kitkat, namun masih bisa untuk membackup nya.

1. Buka akun gmail dengan menggunakan PC, selanjutnya pilih pengaruran dan penerusan dan POP/IMAP. Pada bagian tersebut, centang Aktifkan IMAP, lalu simpan.

cara menggunakan aplikasi backup

Advertisements

2. Setelah itu langsung download aplikasi “SMS Backup” gratis dari Play Store. Install aplikasinya dan centang pada bagian konek ke gmail.

pilih untuk menyetujui

3. Pada bagian ini gunakan akun gmail yang tadi. Nantinya akan meminya persetujuan, langsung klik ok.

masukan akun gmail

4. Berhubung akan menyimpan sms, pilih backup. Dan jika akan mengembalikan pilih restore.

unruk mengembalikan pilih restore

Dengan menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore

Ini merupakan aplikasi android gratis yang dapat menyimpan dan mengembalikan sms pada semua android. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membackup contact telephone. Nantinya, backup tersebut akan tersimpan pada memori sd card. Cara menjalankanya, berikut dibawah ini.

1. Unduh dan install aplikasi SMS Backup & Restore. Selanjutnya tentukan tempat penyimpananya pada sd card.

menentukan lokasi backup

2. Disini terdapat beberapa pilihan, untuk mempercepat langsung pilih backup. Nantinya, backup akan tersimpan pada folder yang sebelumnya telah anda tentukan tadi, file backup berformat xml.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Android di PC

menentukan banyak pilihan

3. Untuk mengembalikan sms, tinggal pilih format. Namun jika sebelumnya ponsel telah di reset, install dulu aplikasi tadi.

untuk mengembalikan data pilih restore

Advertisements

Demikian tips cara mengembalikan sms yang terhapus dari hp anda, cara tersebut hanya dapat digunakan untuk sms yang sebelumnya telah dibackup. Pilih salah satu diantara kedua aplikasi yang menurut anda mudah untuk digunakan. Selain backup sms android, baca juga cara backup data android untuk berjaga-jaga jika ponsel mengalami eror secara tiba-tiba.

tags:

download aplikasi bacup data sms, mengembalikan chat sms yg telah dihapus di hp android, mengembalikan pesan yang terhapud diponsel androit, tempat draf utk hp samsung dmn
Cara Backup dan Restore SMS di Android | marhenk | 4.5