Bagaimana Cara Mengatasi Android Boot loop, Mati Total atau Tidak Mau Start?

Advertisements

Bagaimana Cara Mengatasi Android Boot loop, Mati Total atau Tidak Mau Start?gendrukdotcom,  Penggunaan smartphone Android yang berlebihan tentu dapat mengakibatkan efek yang serius pada smartphone kesayangan kita. Kebanyakan orang hanya tau cara memakainya saja tanpa mengetahui cara bagaimana cara merawatnya. Sehingga kebanyakan masalah yang ditemui oleh pengguna Android adalah Android sering restart terus menerus, dan parahnya lagi kalau smartphone mereka sampai terkena bootloop.

Proses masalah android bootloop tidak bisa dianggap remeh karena jika smartphone kita terkena bootloop dan tidak segera dibenarkan maka kita tidak akan bisa menggunakan smartphone kita tersebut. Android boot loop sendiri terdiri dari berbagai macam, ada android boot loop logo yang ketika kita mengaktifkan smartphone maka tampilan booting hanya sampai pada logo dan tidak bisa diteruskan hingga homescreen. Ada hard Bootloop yang ketika mengaktifkan smartphone hanya bergetar saja tetapi layar smartphone tidak menyala alias tetap hitam, bootloop mode ini merupakan yang paling berat.

Mengetahui masalah tentang android bootloop tentu akan membuat kita semakin berhati-hati dalam penggunaan smartphone, akan tetapi bagi Anda yang sudah terlanjur terkena bootloop ini penulis akan mencoba membantunya. Berikut penulis sajikan cara mengatasi android boot loop. Simak selengkapnya!

Cara-cara mengatasi masalah android boot loop

masalah android boot loop mati total tidak mau start

Ketahui jenis android boot loop Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan tindakan adalah dengan mengidentifikasi dulu jenis bootloop yang terjadi pada smartphone kalian, apakah termasuk kategori bootloop logo atau termasuk kategori hard bootloop. Setelah mengetahui jenisnya barulah ikuti tips berikut dengan cermat!

Cara mengatasi android Bootloop Logo

Hp Android Bootloop logo bisa saja terjadi karena Anda terlalu banyak menginstall aplikasi android, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, banyaknya aplikasi yang berjalan ketika start up, sehingga smartphone kalian tidak sanggup menjalanakan banyaknya tugas tersebut dan akhirnya mentok pada tampilan logo dan terus seperti itu tanpa masuk ke tampilan homescreen. Cara mengatasi bootloop pada android jenis ini sangatlah mudah yaitu dengan melakukan Factory Reset menggunakan Recorvery Mode. Berikut cara memasuki Recorvery Mode. Perhatian! Sebelum melakukan cara ini ada baiknya bila Anda melepas kartu memori supaya data penting tidak ikut terhapus!.

Advertisements
  • Pastikan Smartphone dalam kondisi mati
  • Jika Smartphone Anda Samsung, Tekan secara bersamaan tombol On/off + Home + Volume up (+).
  • Jika smartphone Anda merk Lokal Tekan secara bersamaan tombol On/off + Volume up (+)

recovery mode android bootloop

  • Ketika sudah memasuki recorvery mode secara otomatis layar sentuh kita off alias tidak bisa digunakan lagi. Dalam hal ini gunakan tombol volume down (-) untuk menggerakkan kursor kearah bawah, tombol volume up (+) untuk kearah atas, dan tombol power/home untuk ok.
  • Pilihlah opsi Wipe data/factory reset

factory reset android boot loop

  • Lalu pilih yes dan tunggulah hingga proses selesai

android boot loop system recovery

Cara Mengatasi Hard Bootloop Pada Android

hard bootloop android

Cara mengatasi android Hard Bootloop bisa terbilang gampang-gampang susah, karena hal ini sejatinya harus dilakukan oleh orang yang paham betul tentang system android. Kesalahan yang sering mengakibatkan hard bootloop adalah seperti mengganti room, mengubah kode imei, serta hal lainnya yang mengandung unsur pengeditan scripst sisytem. Untuk mengatasi hard bootloop adalah dengan Anda bergabung kedalam komunitas jenis Smartphone Anda lalu cobalah bertanya pada mastah yang ada. Tapi ingat, cara amannya adalah dengan membawanya ke service center yang telah disediakan. DWYOR!

Demikian postingan penulis mengenai cara mengatasi android boot loop yang sering terjadi pada smartphone Android. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

tags:

coolpad bootloop, trik atasi hp lenovo a319 hanya sampai logo, collpad e501 mengatasi mentok logo, collpad e501 sky mentok dilogo
Bagaimana Cara Mengatasi Android Boot loop, Mati Total atau Tidak Mau Start? | guniwan | 4.5