Bagaimana Kamera Ip Bekerja?

Advertisements

Kamera IP adalah sebuah kamera digital yang lebih unggul kinerjanya dibandingkan dengan kamera CCTV. Kamera IP ini memiliki alamat internet atau protocol dan beberapa fitur istimewa lainnya yang tidak dimiliki oleh kamera CCTV pada umumnya. Dengan adanya internet protocol yang ada di dalam kamera IP ini sehingga kamera ini sering juga disebut dengan nama wireless Network Ip Camera. Kamera IP ini memiliki fitur video analytic yang merupakan software internal didalamnya yang berfungsi untuk menganalisa hasil tangkapan kamera. Jadi jika anda menggunakan Kamera IP ini maka gambar yang telah ditangkap oleh kamera tersebut dapat langsung dikirimkan melalui internet protocol.

3 jaringan yang umum dipakai dalam kamera ip

 

Setelah mengetahui bagaimana spesifikasi kamera IP tadi. sekarang saatnya anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja Kamera IP ini. Yang pertama adalah kamera ini akan terhubung ke modem broadband atau router melalui kabel Ethernet bisa melalui RJ45, CAT5, atau bisa juga CAT6. Cara ini adalah cara tercepat dan cara yang paling aman untuk menghubungkan kamera IP ini, cara ini sangat aman dan sangat jauh dari kemungkinan adanya intersepsi dan gangguan sinyal. Sehingga ketiga jaringan inilah yang paling sering dipakai sebagai jaringan untuk menghubungkan Kamera IP.

Advertisements

Bertukar data melalui router wifi

Selanjutnya jaringan nirkabel akan menggunakan router WiFi untuk saling bertukar data antara kamera IP dan model kabel. Jaringan nirkabel ini mengirimkan data lebih lambat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Dan sangat rentan akan berbagai akses yang tidak sah, namun jangan khawatir karena hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan enkripsi. Dengan ini anda akan dapat mengatur jaringan nirkabel tersebut. Akses ketiga jaringan celular ini cenderung lebih lambat namun walaupun begitu jaringan ini tentu lebih aman dari pada jaringan WiFi.

Alamat ip untuk kamera ip

kamera ip

Hal berikutnya dalam sistematis kamera IP adalah anda tentu akan memerlukan sebuah alamat IP atau DDNS (Dynamic Domain Name Server). Untuk mengoperasikan alamat IP ini anda juga memerlukan sebuah komputer pribadi yang difungsikan untuk mengkonfigurasikan kamera IP anda dengan perangkat video yang nantinya akan disambungkan ke internet yang bertindak sebagai remote penunjuk. Namun jika anda berencana untuk merekam dan menyimpan data hasil rekaman kamera IP tentu anda akan memerlukan NVR khusus yang harus diinstal pada komputer anda,

Mengapa harus memakai alamat ip?

Advertisements

Penyedia layanan Internet akan menyediakan alamat IP untuk sebagian besar konsumennya. Alamat IP adalah sejenis nomor identitas yang tidak pernah berubah. Untuk mengakses alamat IP ini anda biasanya akan dikenakan biaya bulanan. Alamat IP ini berfungsi seperti halnya alamat kotak surat yang akang menjadi alamat tujuan disampaikannya data-data. Demikian ulasan gendruk mengenai cara kerja Kamera IP, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari tahu tentang seluk beluk kamera IP.

Bagaimana Kamera Ip Bekerja? | guniwan | 4.5