Biologi Mutasi

Advertisements
Biologi Mutasi – Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, perubahan urutan DNA set atau yang sering disebut dengan mutasi dalam proses perubahan tersebut tidaklah selalu berdampak negative. Dalam beberapa kasus efek yang diberikan pun tidak dapat terlihat dengan jelas, atau samar – samara yang disebut dengan mutasi diam.

Biologi Mutasi

Gejala mutasi dapat disebabkan oleh radiasi ataupun sesuatu zat yang dapat merusak urutan DNA. Salah satu contoh, ketika seseorang terkena radiasi nuklir dan terjadi mutasi pada bagian gen-nya, maka akan terjadi perubahan urutan asam amino dari zat protein di dalam gen tersebut. Sehingga anda akan mulai melihat perubahan warna kulit ataupun bentuk lainnya dari waktu ke waktu.

Advertisements

Protein merupakan zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan terdapat di dalam sel – sel. Zat tersebut haruslah mempunyai struktur yang jelas dan tepat sehingga fungsi mereka sesungguhnya dapat berjalan dengan baik. Namun ketika perubahan urutan asam amino yang mempunyai hubungan erat dengan protein, dapat menyebabkan protein tidak mampu bekerja dengan lebih baik.

Advertisements

Walaupun demikian, mutasi dapat terjadi di sepanjang urutan DNA dalam tubuh dan tidak hanya terletak pada sistem pengkode-an gen. Karena itulah ketika seseorang telah terkena mutasi dari beberapa zat – zat berbahaya, maka mereka akan segera untuk dilakukan karantina guna mendapatkan pengobatan yang maksimal.

Baca Juga  Apa Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan? (lihat Gambar)
Biologi Mutasi | | 4.5