Canonical Umumkan Ubuntu for Tablet

Advertisements

Canonical, sebuah perusahaan dari UK, mengumumkan sistem operasi Ubuntu untuk digunakan di tablet. Setelah ubuntu untuk smartphone yang sudah dirilis duluan bulan Januari kemarin, perusahaan dibalik platform open source Ubuntu kembali menunjukkan sistem operasi baru dengan fitur-fitur yang menarik.

Fitur utama dari Ubuntu Tablet ini adalah kemampuan multitaskingnya.  Sebuah panel unik yang menempatkan aplikasi telepon dan aplikasi lain dalam satu screen yang sama misalnya, dengan begitu kita bisa menerima telepon dari Skype sambil mengetik sebuah dokumen, atau mengeksekusi beberapa aplikasi secara bersamaan.

Advertisements

HUD yang dikontrol melalui suara membuat kita bisa bernavigasi dan melalukan tugas sulit dengan lebih mudah. Disamping voice control, ada juga fitur magic Edge yang membuat kita bisa berpindah antar aplikasi dan settingan menggunakan semua pojok layar.

Dengan fitur multi user yang aman, Ubuntu tablet juga mampu membuat banyak user dalam satu tablet dengan fitur full disk-encryption dan enkripsi tambahan untuk personal data. Fitur terakhir yaitu adalah Content Focus. Fitur ini akan membuat interface tablet menjadi lebih bersih dari icon-icon yang tidak berguna, sehingga akan lebih enak dan lega dipandang mata.

Advertisements

Ubuntu Tablet akan bisa digunakan pada semua ukuran layar, mulai dari 6 inci sampai 20 inci dengan resolusi dari 100 sampai 450 pixel per inch. Ubuntu tablet akan membuat debutnya kira kira di akhir tahun 2013 ini atau awal tahun 2014, sedangkan pre-order Ubuntu phone akan dibuka mulai bulan Oktober tahun ini.

Canonical Umumkan Ubuntu for Tablet | guniwan | 4.5