Cara Cepat Mengatasi Mimisan

Advertisements

Sebenarnya berbagai cara cepat mengatasi mimisan pada saat ini sudah akan dengan mudah kita dapatkan dari berbagai situs ataupun website di internet, dan tentunya berbagai cara tersebut wajib diketahui oleh setiap individual terlebih bagi para orang tua yang memiliki anak dengan umur kisaran 5 hingga 12 tahun. Karena mimisan akan rentan terjadi pada anak seumuran tersebut, dan tentunya mimisan tidak hanya pada anak-anak saja, akan tetapi pada orang dewasa pun dapat terjadi. Epistakis atau yang lebih dikenal dengan sebutan mimisan, merupakan sebuah kondisi dimana hidung mengalami pendarahan atau keluar darah yang di akibatkan oleh beberapa faktor.

Cara Cepat Mengatasi Mimisan

Diantaranya adalah pecahnya selaput membran yang sangat tipis yang menjadi pembatas pada lubang hidung atau yang disebut juga dengan nostril, hal tersebut dikarenakan hidung terkena benturan atau pukulan yang cukup keras. Selain itu, mengeluarkan cairan hidung serta mengorek hidung terlalu keras pun akan dapat mengakibatkan mimisan, kondisi suhu atau di sekitar yang terlalu panas ataupun terlalu lembab juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab mimisan. Tentunya kondisi tersebut harus segera di tangani dengan cepat, karena jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan pendarahan pada hidung tersebut tidak akan berhenti.

Advertisements

Di bawah ini adalah beberapa tips dan juga cara cepat mengatasi mimisan yang dapat kita perhatikan bersama
Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cara memijit bagian hidung dengan lembut dan perlahan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi di hidung, lakukan cara tersebut selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Kondisikan tubuh dalam posisi duduk dengan tubuh sedikit condong ke depan, berhati-hatilah ketika bernafas karena darah yang mengalir dapat mesuk kedalam rongga pernafasan yang memungkinan darah tertelan. Maka dari itu cobalah bernafas dengan menggunakan mulut untuk menghindari permasalahan tersebut, dan duduklah dengan tenang dan dengan posisi kepala lebih tinggi dari jantung.

Baca Juga  Resep Perawatan Kulit Tangan
Advertisements

Dan langkah terakhir dalam tips dan juga cara cepat mengatasi mimisan yaitu mengompres hidung dan bagian pipi dengan menggunakan es batu yang telah dibungkus dengan menggunakan handuk. Karena es batu tersebut dapat membekukan darah sehingga akan dengan cepat menghentikan pendarahan yang keluar dari hidung.

Cara Cepat Mengatasi Mimisan | infotipsbaru | 4.5