Cara Hapus Virus Flashdisk Secara Permanen

Advertisements

Solusi Cara Hapus Virus Flashdisk Secara Permanen oleh Gendruk.com – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tips cara hapus virus flashdisk secara permanen. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa flashdisk adalah sebuah perangkat keras dengan bermacam-macam bentuk. Fungsi umum dari perangkat ini sebagai tempat penyimpanan dan pemindahan data. Selain itu masih banyak fungsi dari flashdisk ini, diantaranya untuk menjalankan aplikasi portable, untuk membooting sistem operasi, dan beragam manfaat lainnya.

Penggunaan flashdisk saat ini sudah bersifat umum, tidak heran jika saat ini sudah banyak bermunculan flashdisk dengan beragam merek dan harga. Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan pun berbeda-beda, mulai dari yang berkapasitas 2GB hingga 64GB.

Karena penggunaannya yang sudah bersifat umum tersebut, mengakibatkan flashdisk sering terinfeksi dengan berbagai macam virus yang berasal dari perangkat tempat flashdisk tersebut dicolok. Oleh sebab itulah penting sekali untuk mengetahui cara menghapus virus di flashdisk yang tidak bisa dihapus secara permanen.

3 Cara Hapus Virus Flashdisk Secara Permanen

Ada 3 cara yang bisa anda gunakan untuk menghapus virus flashdisk secara permanen. Silahkan gunakan salah satu dari 3 cara tersebut dan flashdisk anda akan bebas dari virus. Tiga cara menghilangkan virus di flashdisk tersebut adalah :

1.Menggunakan anti virus

Anti virus berfungsi untuk mendeteksi, mengamankan, serta menghapus virus dari komputer atau flashdisk. Saat ini banyak sekali bermunculan anti virus gratis maupun berbayar yang bisa anda gunakan. Beberapa contoh anti virus seperti Norton, Kaspersky, Avira, Avast, AVG, PCMAV, Smadav, dan yang lainnya.

Salah satu anti virus terbaik buatan lokal yang bisa anda gunakan untuk mengamankan flasdisk anda dari serangan virus sekaligus untuk menghilangkan virus di flashdisk secara permanen adalah Smadav (Unduh Smadav disini) . Anti virus Smadav mampu membersihkan file yang terinfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus di dalam flashdisk.

Cara penggunaan Smadav untuk menghapus virus dari flashdisk cukup mudah :

  1. Hubungkan flashdisk ke komputer anda
  2. Cari nama drive flashdisk yang terbaca oleh komputer anda
  3. Kl1k kanan pada flashdisk dan kl1k kiri pada tulisan “Scan With Smadav” dan biarkan Smadav berjalan melakukan scan pada flashdisk. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini

gambar scan menggunakan anti virus smadav

2. Format flashdisk

Apabila cara pertama di atas belum sukses 100% menghapus virus, maka cara lainnya yang bisa anda coba untuk membersihkan virus flashdisk secara permanen adalah dengan melakukan format ulang terhadap flashdisk. Caranya sebagai berikut:

Advertisements
  1. Hubungkan flashdisk ke komputer anda
  2. Cari nama drive flashdisk yang terbaca oleh komputer anda
  3. Kl1k kanan pada flashdisk dan kl1k kiri pada tulisan “format”. Setelah itu akan muncul tampilan konfirmasi dan kl1k start. Tunggu saja proses format berjalan sampai selesai. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:

format flash disk

3. Hapus Virus Flash Disk dnegan perintah command prompt/cmd

Cara lain yang bisa anda pakai untuk menghapus virus flashdisk secara permanen adalah dengan menggunakan perintah command prompt/cmd. Caranya sebagai berikut:

  1. Hubungkan flashdisk ke komputer anda
  2. Cari nama drive flashdisk yang terbaca oleh komputer anda
  3. Setelah itu buka cms sebagai administrator. Caranya klik bendera windows yang berada di tampilan bawah sebelah kiri, kemudian pada kolom search masukkan perintah “cmd”, nanti akan muncul tampilan cmd administrator di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:

buka perintah cmd

Kl1k tampilan tersebut, nanti cmd administrator akan terbuka, seperti tampilan di bawah ini

tampilan command prompt

4. Untuk melakukan format terhadap flashdisk, ketikkan perintah berikut: format (masukkan nama drive flashdisk yang terbaca di komputer anda). Misalkan terbaca pada drive g, berarti perintah yang ada ketik adalah (tanpa tanda petik) “format g”

Cara mudah Hapus Virus Flashdisk Secara Permanen

5. Lalu tekan enter sebanyak dua kali, tunggu beberapa saat

6. Setelah itu command prompt akan bertanya nama flashdisk yang mau diformat, masukkan namanya lalu tekan enter

Cara Hapus Virus Flashdisk dengan cmd

7.  seharusnya cara ini dapat membersihkan virus di flashdisk dan Kini flashdisk anda sudah aman 100% dari virus.

Sampai sini dulu sahabat gendruk semua ulasan cara hapus virus flashdisk secara permanen dengan 3 cara mudah. Jika anda memiliki cara lain yang juga terbukti efektif dan mudah untuk dilakukan, silahkan anda menyampaikannya kepada kami dengan memberikan komentar di bawah ini.

 

tags:

antivirus menghapus virus z
Cara Hapus Virus Flashdisk Secara Permanen | guniwan | 4.5