Bagaimana Cara Instal Windows XP?

Advertisements

Bagaimana Cara Instal Windows XP? Kalau anda anda menanyakan hal itu ketika belum punya komputer, laptop atau notebook, saya nggak akan jawab ­čśÇ . ngapain tanya cara menginstal windows XP kalau nggak punya tempat untuk menginstalnya. hehe, hanya becanda kok, jangan diambil hati. Silahkan baca sampai tuntas untuk mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk menginstal sistem operasi windows XP baik tipe Home atau Professional Edition ke komputer anda.

Cara terbaik untuk menginstal windows xp baik edisi home maupun yang pro adalah pada komputer yang masih baru yang harddisknya masih kosong atau bersih. Jadi semua masih fresh jadi akan mudah dalam prosesnya.Sebelum memulai proses instalasi, pastikan bahwa komputer anda mendukung untuk sistem operasi windows XP ini, karena ada syarat2 minimal dari komputer anda untuk dapat menjalankan os tipe ini.

Ini dia beberapa syarat minimum yang harus dipenuhi oleh hardware komputer anda:

Prosesor 300 Mhz Intel atau AMD CPU
Sistem RAM sebesar 128 Megabyte  (bisa juga di RAM 64 MB, tapi sangat tidak disarankan, karena pasti akan lambat kinerja komputer anda nantinya
Tersedia minimal ruang sebesar 1,5 Gigabytes pada harddisk anda.
Super VGA 800×600 Display Adapter
CD atau DVD-ROM untuk proses instalasinya
Keyboard dan mouse, atau perangkat penunjuk lainnya
Network Interface Adapter diperlukan untuk koneksi Internet dan Jaringan Konektivitas

Nah kalau anda sudah mencek komputer anda dan memenuhi persyaratan diatas, anda bisa memulai proses instalasinya. Pastikan anda sudah memiliki cd/dvd software windows XP yang resmi dari microsoft dan ada kode lisensinya, karena ini diperlukan waktu proses instalasinya.

Semua versi CD Windows Xp adalah bootable. Agar bisa boot dari CD / DVD-ROM windows XP, Anda perlu mengatur urutan boot. Anda bisa mengubahnya pada setup BIOS (biasanya dengan menekan DEL pada keyboard anda waktu baru menyalakan komputer untuk masuk ke seting BIOS) Anda dan pastikan bahwa perangkat boot pertama diatur ke CD / DVD-ROM. Anda kemudian dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menginstal Windows XP:

Langkah-langkah untuk menginstal Windows XP

Masukkanlah CD instalasi Windows XP anda dan nyalakan komputer Anda. Ketika diminta untuk “Press any key to boot from CD” tekan saja tombol enter pada keyboard.
Program instalasi akan memeriksa hardware komputer anda, menginstal driver-driver standar yang diperlukan, dan mempersiapkan file-file yang diperlukan untuk proses instalasinya.Ketika tiba di layar “Welcome to Setup”, Tekan saja ENTER untuk memulai proses instal windows xp.
Akan Muncul layar Perjanjian Lisensi, dan tekan F8 yang menunjukkan Anda setuju dengan ketentuan-ketentuannya.
Pada layar berikutnya, Anda akan disajikan dengan ringkasan partisi yang tersedia pada hard drive komputer anda. seharusnya anda akan lihat hanya ada satu entri, “unpartitioned Space”. Ini akan disorot dalam warna abu-abu. Tekan C pada keyboard Anda untuk mulai membuat partisi untuk drive ini.
Masukkan ukuran dalam megabyte untuk partisi baru. Jika Anda berniat untuk menginstal hanya satu drive, masukkan jumlah maksimum yang ditampilkan. Jika
Anda ingin membuat beberapa partisi pada drive tunggal, ingat bahwa
Windows XP memerlukan sedikitnya 1,5 Gigabytes ruang, ditambah daerah untuk file sementara. Sebaiknya anda tidak lakukan install windows Xp nya pada partisi yg ukurannya dibawah 5GB. Saat menghitung, ingat bahwa ada 1.024 Megabytes per Gigabyte. Tekan ENTER setelah Anda telah memilih ukuran partisi yang Anda inginkan.
Sistem akan membuat partisi baru Anda, dan sekarang Anda akan berada pada layar ringkasan partisi lagi. Pilih partisi baru Anda, biasanya diberi label “C: Partition 1 [Raw]” dan tekan ENTER.
Pilih
antara “Format the Partition using the NTFS File System” OR “Format the Partition using the FAT File System,” dan tekan ENTER. NTFS
adalah metode yang disukai, karena mendukung jumlah yang lebih besar pada ruang
disk per partisi daripada tipe FAT, dan juga fitur keamanan yang lebih baik.Jika partisi Anda lebih besar dari 32 Gigabytes, Anda harus memilih NTFS. Namun, dengan partisi kurang dari 32 Gigabytes, Anda dapat memilih FAT, dan dapat dikonversi ke NTFS nantinya jika Anda inginkan. Ketahuilah bahwa NTFS tidak dapat diubah kembali ke FAT.

Baca Juga  Cara Merias Rambut Pendek Dengan Aksesoris Agar Tampak Cantik
Advertisements

Hal
ini sangat dianjurkan untuk menghindari Quick Format, karena hal ini akan
melompati proses penting untuk memeriksa hard drive jika ada bagian harddisk yang jelek. Waktu yang diperlukan memang lebih lama, namun anda akan tahu jika harddisk anda bagus atau jelek pada saat ini, daripada tahunya belakangan, lebih baik tahu dari awal.
Sistem sekarang akan memformat partisi. Lamanya
waktu proses yang dibutuhkan tergantung pada kecepatan dan ukuran
drive, dan jenis sistem file yang Anda pilih sebelumnya. Dalam kebanyakan kasus, semakin besar partisi, semakin lama proses format partisinya.
Windows sekarang akan mulai menyalin file dari CD instalasi dan meminta Anda untuk reboot komputer ketika proses selesai. Tekan saja tombol ENTER bila anda  diminta untuk reboot komputer atau laptop, kalau tidak anda bisa biarkan saja karena akan secara otomatis setelah 15 detik.

Ini adalah bagian yang paling banyak memakan waktu. Ketika
reboot komputer, jangan tekan enter untuk boot dari disk saat ini,
lebih memungkinkan komputer untuk boot dari hard drive untuk memulai proses instalasinya.
Sekarang
program setup akan menampilkan berbagai informasi tentang winows XP sambil dia menginstal dan mengkonfigurasi dirinya sendiri ke sistem anda. Perkiraan waktu tersisa ditampilkan di sudut kiri bawah.
Cepat atau lambat, sebuah jendela dialog akan muncul, meminta Anda memilih Regional Setting Anda. Pilih Pengaturan sesuai asli daerah Anda. Pilih tombol “Next” ketika itu selesai.
Masukkan kode Lisensi resmi windows xp anda pada layar ini. Anda tidak akan dapat menyelesaikan proses ini tanpa kunci yang valid. Pilih “Next” untuk melanjutkan.
Jika komputer Anda akan berada pada LAN (Local Area Network) di rumah, tulis saja nama sembarang
Pilih zona waktu Anda, dan pasti bahwkan bahwa tanggal / waktu sudah benar. lalu pilih “Next” untuk melanjutkan.
Pada layar berikutnya biarkan saja pilihan “Typical Settings” untuk Network Setup, kecuali Anda memiliki
perangkat akses khusus atau protokol yang diperlukan. Lihat dokumentasi untuk perangkat tersebut untuk prosedur instalasi.
Setup
akan melanjutkan untuk menginstal perangkat dan periferal yang
terhubung ke komputer Anda yang lain, memberikan informasi tentang
kemampuan, lalu reboot seperti sebelumnya.
Selamat! Anda telah berhasil menginstal windows XP pada komputer anda. Berikutnya ada beberapa langkah tambahan untuk memastikan semua sudah diseting dengan benar Ikuti saja, disini anda sudah berhasil dan bisa melepas CD instal windows XP dari komputer anda.

Baca Juga  Cara Mengobati Herpes Dengan Mudah dan Cepat

Berikut ini ada video yang bisa anda lihat untuk lebih memudahkan anda dalam proses untuk install windows XP ke komputer anda, lihat saja baik2 sebelum anda memulai untuk instalasi.

Advertisements

Proses instal windows xp ini biasanya memerlukan waktu 15 sampai 40 menit tergantung pada kecepatan sistem Anda. Hal terbaik yang perlu anda lakukan adalah untuk tetap didepan komputer/laptop anda sampai proses instalasi selesai. Semoga tips ini bermanfaat buat anda.Jangan lupa dishare, siapa tahu teman-teman anda memerlukan informasi ini juga.

Bagaimana Cara Instal Windows XP? | caraku | 4.5