time 1 year yang lalu di topik #Komputer

Cara Instal Ulang Windows XP Tanpa CD

Advertisements

Cara Instal Ulang Windows XP Tanpa CD – Gendruk.com,  Kalau sebelumnya kita sudah sempet bahas cara instal ulang windows 7 secara lengkap disini, kali ini kita akan bahas cara instal ulang windows xp bagi anda yang tidak punya CD windowsnya atau CD windowsnya hilang entah kemana.  Alasan untuk instalasi tanpa CD bisa apa saja namun yang paling umum itu ada dua yaitu: Anda tidak memiliki CD Windows atau CD drive tidak berfungsi.


Komputer Dibeli dengan Preloaded Genuine Windows XP

Dalam kasus di mana Anda membeli komputer dengan preloaded Windows XP, Anda juga mendapatkan CD Instalasi Windows selain CD lain untuk driver dan hal-hal ekstra. Namun, kebanyakan vendor tidak memasukkan CDnya untuk menghemat uang. Namun, mereka menawarkan penyediaan untuk menginstal ulang Windows XP jika Anda membutuhkannya. Mereka menyimpan semua file Instalasi Windows untuk salah satu drive di komputer. Folder yang sama juga akan berisi kunci serial produk.

instal ulang windows xp tanpa cd

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi folder yang berisi file instalasi Windows. Buka menu Start dan klik Search (Tekan Tombol Windows + F). Pada jendela pencarian:

instal ulang windows xp

1. Pilih “Semua File dan Folder”.

2. Ketik “i386” di textbox paling atas tanpa tanda kutip.

3. Pilih “More Advanced Options” dan centang di sebelah “Cari Hidden File dan Folder.”

4. Tekan tombol Cari untuk mencari folder di mana vendor telah membuat file Instalasi Windows.

Baca Juga  Bagaimana Cara Instal Windows XP?

Anda mungkin mendapatkan lebih dari satu folder dengan nama itu. Buka setiap folder, tekan tombol UP di jendela folder naik satu tingkat – ke folder yang berisi folder i386. Cari file winnt32.exe. Jika Anda dapat melihatnya, ini adalah folder yang berisi file instalasi Windows. Anda juga dapat menemukan kunci serial di folder yang sama. Biasanya, itu adalah file teks bernama “KEY” atau “SERIAL”

Advertisements

cara instal ulang windows xp tanpa cd

Jika Anda tidak dapat menemukan serial, segera hubungi vendor Anda untuk mendapatkan kunci serial windows Xp anda. Anda juga dapat memeriksa kit kemasan untuk melihat apakah serial dicetak pada kotak. Setelah Anda memiliki informasi tentang folder Instalasi Windows dan kunci serial, saya sarankan Anda salin ke lokasi yang dapat dengan mudah untuk anda mengingatnya.

Sekarang Anda tahu keberadaan file Instalasi Windows dan kunci serial, Anda siap untuk menginstal ulang Windows XP tanpa CD.

Sebelum anda menjalankan winnt32.exe untuk instal ulang windows xp anda, cek di folder system anda, biasanya folder C:, siapa tahu ada file-file penting yang ada disana, backup file2 tesebut ke external harddisk, atau ke folder selain C:, bisa D: atau lainnya. Setelah yakin semua sudah dicek, klik dua kali file winnt32.exe untuk memulai proses instal windows xp.

Menggunakan Komputer lain untuk menginstal ulang Windows XP Tanpa CD

Jika drive CD Anda tidak berfungsi dan Anda perlu untuk instal ulang Windows XP, ada alternatif sederhana, yaitu dengan menyalin isi dari CD ke perangkat portabel seperti hard drive atau USB drive eksternal menggunakan komputer lain di mana drive CD baik-baik saja. Setelah selesai, kembali ke komputer yang Anda perlu instal ulang Windows XP. Buat folder pada drive lain selain root drive dan transfer file dari perangkat portabel ke folder. Setelah selesai, Anda dapat memulai instalasi Windows dari salinan lokal dengan mudah.

Baca Juga  Bagaimana Cara Instal Windows XP?

Anda juga dapat membuat jaringan Windows XP dan terhubung ke komputer yang memiliki CD drive menggunakan koneksi Ethernet. Setelah Anda berbagi CD drive, Anda dapat menyalin isi CD Instalasi Windows untuk drive komputer Anda dan menggunakan salinan lokal untuk menginstal ulang Windows XP.

Catatan: Meskipun ada ketentuan pada Windows jaringan untuk instalasi jarak jauh, sayangnya tidak akan mendukung instalasi Windows XP jarak jauh/remote. Instalasi remote hanya mendukung Windows 2003 dan Windows NT saja.

Penting untuk anda ketahui: Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jika Anda mengunduh gratis Windows XP dari situs selain microsoft. Namun, saya sangat menyarankan Anda untuk menahan diri dari melakukannya; ini bukan versi lengkap, mungkin mengandung spyware, dan bisa2 anda diciduk polisis kalau ketahuan.

Advertisements

Oke sobat gendruk semua, itulah ulasan kami tentang cara instal ulang windows xp tanpa cd, semoga bermanfaat buat anda yang masih cinta sama os windows versi lama ini.

tags:

program ulang windows xp tanpa cd
Cara Instal Ulang Windows XP Tanpa CD | guniwan | 4.5