Cara Membuat Sambal

Advertisements

Banyak pilihan dalam cara membuat sambal yang tentunya terdapat beragam jenis sambal dan citarasa nya yang khas dari setiap daerah. Beragam jenis sambal yang berasal dari berbagai daerah merupakan salah satu kuliner khas dari Indonesia, dan sambal tersebut dapat disajikan dengan berbagai makanan dan masakan Indonesia lain nya terutama jika disajikan dengan lalapan mentah ataupun matang. Bagi anda yang menyukai pedas tentu sambal merupakan salah satu hidangan favourite yang akan selalu dicari beragam jenisnya, karena sambal dari setiap daerah tentu memiliki citarasa yang berbeda dan memiliki khas tersendiri.

Cara Membuat Sambal

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa jenis sambal yang dapat dibuat beserta resep dan cara membuat sambal
Resep Dan Cara Membuat Sambal Dabu-dabu
Bahan yang dibutuhkan :
10 buah cabai rawit pedas
1 tomat segar
5 buah bawang merah
1 buah jeruk nipis/limau
Garam, penyedap rasa, dan gula secukupnya

Cara pembuatan :
Pertama-tama iris tipis bawang merah, kemudian iris cabai rawit dan tomat sesuai dengan keinginan anda lalu campurkan pada sebuah wadah. Panaskan minyak goreng pada wajan secukupnya hingga panas, lalu siramkan minyak panas tersebut pada bahan sambal yang telah di iris-iris tadi. Kemudian beri perasan air jeruk sesaat sebelum dihidangkan.

Advertisements

Resep Dan Cara Membuat Sambal Taoco
Bahan yang dibutuhkan :
Cabai merah 3 buah
Cabai rawit 5 buah
100gr taoco
3sdm ebi yang telah disangrai
1sdm gula merah yang telah di iris tipis
400ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara pembuatan :
Haluskan cabai rawit, cabai merah, dan gula merah. Kemudian siapkan wajan yang telah berisikan minyak goreng dan panaskan, lalu tumis bahan yang telah dihaluskan tadi. Masukan taoco dan ebi, dan tumis kembali sampai matang. Lalu tuangkan air dan masak hingga mendidih, tiriskan dan sajikan.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Kamera Pentax K-01
Advertisements

Adapun sambal lain nya yang dapat dicoba seperti sambal terasi, sambal bajak, sambal tomat, samabal ijo, sambal kecap, sambal kacang, dll. Demikian di atas tadi adalah beberapa resep dan cara membuat sambal, semoga dapat bermanfaat dan membantu dalam menambah koleksi resep sambal bagi anda semuanya terutama bagi para pecinta sambal.

Cara Membuat Sambal | infotipsbaru | 4.5