Cara mempercepat Kinerja Smartphone Android

Advertisements

Cara mempercepat kinerja Android – Ponsel android kini sudah menjadi ponsel sejuta umat. Tampilan yang menarik dan dukungan ribuan aplikasi dan game menjadikan ponsel OS open source ini digemari banyak orang. Karena banyak sekali aplikasi dan game gratis yang ditawarkan, tak jarang pengguna ponsel Android “seenaknya saja” mendownload dan menginstall aplikasi ke dalam ponselnya. Meskipun tak semua aplikasi digunakan karena hanya mengikuti tren terbaru, maka al hasil aplikasi menumpuk dan menjadi mubazir. Keadaan seperti itu menjadi penyebab kinerja ponsel android menjadi lambat.

Cara mepercepat kinerja android

 

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengembalikan kinerja ponsel android seperti semula. Berikut cara mempercepat kinerja ponsel android
1. Hapus atau lakukan Uninstall pada game atau aplikasi yang jarang digunakan
Ribuan aplikasi gratis yang ditawarkan oleh Google Play memang sangat menggiurkan. Tetapi ada baiknya Anda selektif untuk memilih mana yang harus digunakan dengan prinsip fungsi. Lakukan uninstall atau hapus aplikasi yang sudah terlanjur diinstall namun jarang digunakan. Terlalu banyak aplikasi akan memenuhi memori dan membuat kinerja ponsel menjadi lemot.
2. Hapus cache aplikasi
Cache atau log riwayat aplikasi merupakan yang muncul ketika aplikasi digunakan. Jika cache tidak dihapus, maka lama lama akan memberatkan memori ponsel. Lakukan penghapusan cache melalui menu – pengaturan – opsi – hapus cache. namun cara manual seperti itu akan membutuhkan waktu yang ukup lama. Anda bisa menggunakan aplikasi Cache Cleaner untuk menghapus seluruh cache dengan cepat.

Baca Juga  Inilah 5 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik
Advertisements

3.Install aplikasi launcher
Aplikasi launcher bisa mempermudah dalam bernavigasi di ponsel android. Dengan menggunakan Aplikasi launcher, kita bisa mengontrol desktop, kunci layar, dan lainnya. Dengan begitu akan memeprcepat kinerja ponsel.

4. Hapus Shortcut dan widget ponsel yang jarang digunakan
Meskipun anda telah menggunakan Aplikasi launcher, tetap saja ponsel bisa kehilangan memori akibat terlalu banyaknya widget dan shortcut. Sebaiknya hapus shortcut dan widget yang jarang digunakan atau dirasa tidak perlu.

Itu lah beberapa langkah mudah dan cepat yang bisa Anda coba untuk mempercepat kinerja ponsel Android. cara di atas tentu tidak 100% menjamin, ponsel Anda secepat ketika baru Anda beli. spesifikasi dan kondisi pemakaian juga mempengaruhi kecepatan ponsel Android.

Advertisements

selamat mencoba.

tags:

trik mempercepat internet tablet evercoss at1d
Cara mempercepat Kinerja Smartphone Android | guniwan | 4.5