Cara Memperkuat Sinyal Saat Perjalanan Mudik

Advertisements

Cara Memperkuat Sinyal saat perjalanan Mudik - Mudik lebaran menjadi sebuah radisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, selalu ada saja kendala yang dihadapi oleh pemudik di perjalanan. entah itu kemacetan lalu lintas, atau yang lebih parah adalah kemacetan komunikasi akibat lemahnya sinyal operator. Yups, sinyal operator/ponsel memang tak selalu kuat seperti yang kta inginkan. Terlebih lebih di pelosok desa, di sepanjang perjalanan mudik. Tentu saja sinyal yang terganggu dan tidak meksimal tersebut akan mengakibatkan kesulitann untuk berkomunikasi baik itu SMS, maupun akses data menjadi lelet.

Cara memperkuat sinyal ponsel

Nah, untuk memperkuat sinyal hp saat melakukan perjalanan agar stabil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi ponsel dan perlakuanya. Berikut ini tiga cara praktis untuk memperkuat sinyal ponsel :
1. Lepas pelindung ponsel jika ada
Bagi Anda yang menggunakan karet pelingdung ponsel untuk mengurangi cacat benturan atau goresan, ada baiknya dilepas terlebih dahulu untuk mendapatkan sinyal yang optimal. sebab, penggunaan karet pelindung yang melekat pada ponsel bisa menghalangi/mempengaruhi sinyal ponsel.
2. Gunakan fungsi roaming
Fitur roaming merupakan fitur yang dimiliki oleh operator seluler untuk melakukan pencarian terhadap jaringan secara otomatis. Jika sinyal operator yang kita gunakan tidak tersedia, maka otomatis kita bisa memanfaatkan sinyal operator lain yang tersedia di kawasan atau wilayah yang kita lalui. Saat ini sebagian besar operator seluler Indonesia sudah menggunakan fitur roaming.

Advertisements

3.Gunakan penguat sinyal
Jika kedua cara di atas sudah dicoba namun belum juga bisa meningkatkan kekuatan sinyal ponsel, Anda bisa mencoba menggunakan sinyal booster atau penguat sinyal. Sinyal booster mampu menangkap sinyal dengan lebih baik. Contoh sinyal booster yang ada di pasaran adalah Femtocell. Perangkat tersebut berfungsi seperti BTS. Jangkauan alat ini cukup jauh, yaitu sekitar 750m. Jika Anda berada dalam radius tersebut, maka sinyal ponsel akan meningkat.

Advertisements

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan sinyal ponsel ketika melakukan perjalanan mudik. Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Selamat mencoba

Cara Memperkuat Sinyal Saat Perjalanan Mudik | guniwan | 4.5