Cara Menambah RAM Android

Advertisements

Menambah RAM Android – Pastinya sudah mengetahui fungsi dari RAM, baik Ponsel maupun Komputer juga menggunakan hardware tersebut. RAM sangat penting dalam mendukung kinerja suatu perangkat, sebab jika RAM kecil akan menjadikan perangkat tersebut menjadi lambat bahkan sering ngelag. Bagi pengguna Android kelas low pasti kerap mengalami kejadian tersebut, dan bahkan android tidak sanggup lagi untuk menginstall aplikasi karena kurang RAM.

Cara Menambah RAM

Dengan RAM berkapastitas kecil, akan membuat pengguna menjadi kesal karena tidak dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Jika sudah demikian, mereka akan menghapus aplikasi dan file yang tidak diperlukan, atau menghilangkan widget untuk mengurangi penggunaan RAM. Tapi langkah tersebut kadang tidak banyak membantu, karena selain RAM pastinya spec ponsel juga berpengaruh. Bagi yang mempunyai dana lebih, hal tersebut mungkin bukan suatu masalah karena mereka akan langsung membeli Android dengan spec tinggi.

Dan bagi yang mempunyai dana terbatas, pastinya mereka akan menyiasatinya agar kapasitas dan kemampuan RAM bertambah. Cara yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi menambah RAM Android, baik yang versi gratis atau yang berbayar.

Advertisements

Aplikasi gratis menambah RAM Android

Di google play store banyak aplikasi penambah RAM, namun untuk mendapatkanya harus mengeluarkan dana untuk membelinya. Masalah dana kerap menjadi masalah utama bagi sebagian orang, termasuk saya. Tapi anda jangan cemas, karena ada juga aplikasi gratis yang mempunyai fungsi sebagai penambah RAM, yaitu RAM Manager Free. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat di download secara gratis di play store. Untuk menginstall dan menjalankan aplikasi ini, Android harus sudah di root. Walaupun gratis, fitur yang terdapat di RAM Manager Free terbilang bagus. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi google play,dan cari ram manager free.

Baca Juga  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Perlu diperhatikan, menambah RAM android dengan aplikasi sebenarnya bukan sebuah solusi, karena itu hanya bersifat virtual bukan secara fisik. Yang artinya jika awalnya kapasitas RAM sebesar 256 MB, menggunakan aplikasi apapun entah yang gratis atau yang bayar, ukuran RAM masih tetap 256 MB. Jadi apakah percuma? Ini bukan percuma, sebab fungsinya adalah hanya mengalihkan dan membantu RAM utama. Maksudnya, jika resource ram penuh maka SD Card akan dijadikan sebagai virtual memory. Kadang ada yang menyebut, cara ini justru akan memperpendek usia SD Card.

Advertisements

Jika Anda mempunyai Ponsel Android dengan spec rendah, sebaiknya jangan terlalu memaksakan menggunakan aplikasi berat dan menginstall aplikasi yang tidak perlu. Demikianlah sedikit tips menambah ram android dan resiko menambah ram android yang perlu diketahui. Selain itu, baca juga cara membersihkan layar sentuh android, pastinya akan berguna bagi smartphone anda.

tags:

aplikasi android ram kecil, solusi android ram kecil
Cara Menambah RAM Android | marhenk | 4.5