time 2 years yang lalu di topik #Android

Cara Mencari Hp Android Hilang dengan Android Device Manager

Advertisements

Halao sobat gendruk semua, kalau beberapa waktu lalu sudah sempat kita bahas tentang beberapa aplikasi android yang dapat digunakan untuk melacak hp android yang hilang Disini, salah satunya adalah dengan menggunakan android device manager. nah pada artikel kali ini gendruk akan menjelaskan lebih detil tentang penggunaan tool android device manager tersebut.


Kehilangan smartphone Anda bisa menjadi masalah besar, terutama jika Anda memiliki data-data penting yang tersimpan dalam hp yang hilang itu, data-data penting itu misalnya saja seperti informasi bank, password, alamat pribadi, dan sebagainya. Untungnya, Google telah membuat tool yang berguna pada perangkat lunak dalam Android yang dapat memastikan pencuri tidak bisa mendapatkan akses informasi yang sensitif, android device manager.

Android Device Manager akan membantu anda untuk menemukan, menonaktifkan, dan bahkan menghapus hp android hilang anda dari jarak jauh dari komputer atau perangkat Android lain. Ada beberapa langkah yang mungkin anda perlu lakukan sebelum akhirnya menerima bahwa gadget android Anda hilang selamanya.

Lakukan Langkah-langkah yang tepat ketika mencari Hp Anda

Sangat penting bahwa Anda menggunakan sumber daya apapun yang anda punya untuk menemukan perangkat gadget Anda. Anda pasti tidak mau bukan handphone kesayangan anda yang sudah anda beli dengan susah payah, atau hpnya mempunyai nilai history karena hadiah dari seseorang yang anda cintai hilang begitu saja tanpa usaha dari anda untuk mencarinya bukan? Apalagi kalau ada data-data penting di dalamnya, sudah anda belikan aksesoris2 mahal untuk membuat hp anda semakin cantik, saya yakin anda dan semua orang tidak rela hp kesayangannya hilang begitu saja.

Jika Anda merasa kehilangan hp anda itu di rumah Anda, anda bisa mencoba untuk menelpon hp anda dengan hp yang lain, atau minta saudara, ibu atau ayah yang ada dirumah untuk menelepon hp andayang hilang dengan hp mereka. Minta bantuan mereka untuk mencari hp anda di semua sudut rumah anda. Anda dapat juga menelepon dari Android Device Manager selama ponsel android anda terhubung ke akun Google Anda, ponsel anda akan berdering selama 5 menit pada volume penuh. Ini fitur yang sangat bagus dari google, terutama jika Anda ingat kalau smartphone android anda itu anda setting suara bisu / silent, jadi nggak akan berdering kalau ditelepon tanpa melalui fitur android device manager ini.

Kehilangan perangkat android Anda bisa jadi terjadi saat anda sedang berada diluar rumah. Anda tidak pernah tahu jika Anda tidak sengaja meninggalkannya di meja restoran atau bioskop. Ada juga kemungkinan seseorang mencuri hp anda, apalagi kalau anda tinggal di kota2 besar metropolitan, jakarta misalnya. Jika Anda memiliki firasat bahwa perangkat Anda dicuri, dan setelah upaya berusaha untuk menemukan sendiri tidak berhasil, anda bisa segera melaporkan kehilangan ke polisi terdekat, walaupun sangat jarang hp hilang itu ditemukan setelah dicuri.

Jika tidak ada langkah-langkah ini berhasil untuk menemukan hp anda, mungkin sudah saatnya untuk menonaktifkan dan atau menghapus isi hp android anda yang hilang dengan bantuan Android Device Manager.

Menemukan perangkat Anda dengan Android Device Manager

mencari hp android hilang

Advertisements

Paling baik dan stabil mengakses Android Device Manager adalah dengan menggunakan komputer atau laptop saya sudah coba akses dengan handphone Axon Pro dan Moto X (2013), namun kurang berfungsi dengan baik. Tool ini berfungsi dengan baik ketika saya menggunakan komputer desktop ataupun notebook, jadi saya sarankan anda juga pakai gadget yang sama.

menemukan hp android hilang

Pada halaman Android Device Manager, jika perangkat Anda sedang online akan dapat ditemukan lokasinya dengan menggunakan Google Maps. Namun, jika Anda memiliki firasat perangkat handphone Anda dicuri dan bukannya ketinggalan disuatu tempat, maka kemungkinan kecil tool ini dapat dipakai karena biasanya pencuri langsung mematikan hp yang dicurinya, langkah terakhir ya terpaksa melaporkan ke polisi, atau kalau nggak mau repot ya akhirnya harus diikhlaskan saja hp anda hilang selamanya. Yang bisa anda lakukan adalah mengecek selama beberapa jam sekali dengan android device manager, siapa tahu gadget anda dihidupkan kembali, atau siapa tahu pencurinya itu gaptek, jadi tidak mematikan hp yang dicurinya itu.

Nah jika ternyata anda masih bisa akses hp anda secara remote dengan android device manager ini, anda bisa lakukan pilihan Tombol “Lock” untuk mengunci perangkat anda denga password yang baru. Anda dapat mengatur sandi baru untuk perangkat Android Anda,  hal ini akan menggantikan layar kunci Anda dengan kunci password. Pastikan bahwa password ini secara signifikan berbeda dari sandi akun Google Anda.

reset android device manager

Jika anda tidak mau data-data penting yang ada di gadget anda itu diketahui orang, dan anda mengikhlaskan gadget anda hilang, anda bisa memilih tombol “Reset“. Sebuah prompt akan muncul dengan disclaimer, menguraikan bahwa semua data akan dihapus. Jika Anda baik-baik saja dengan itu, cukup pilih tombol “Erase”. Jika perangkat Android Anda offline, Google akan menghapus semua data yang pernah tersimpan walau hp yang hilang itu kembali online.

Advertisements

Itulah cara Anda bisa lakukan untuk menemukan, mengunci, dan bahkan menghapus perangkat Anda. Semoga tips untuk mencari hp android hilang dengan tool google android device manager ini ada manfaatnya buat anda di masa depan.

Cara Mencari Hp Android Hilang dengan Android Device Manager | guniwan | 4.5