Cara Mendisiplinkan Anak yang Benar

Advertisements

Cara Mendisiplinkan Anak dengan Benar. Menerapkan kedisiplinan kepada anak sejak dini tidaklah mudah.Namun sebagai orang tua, adalah tugas kita untuk mendidik dan mengajari anak. Lagipula dengan menerapkan kedisiplinan pada anak sejak dini, akan membuat anak lebih terbiasa disiplin karena sudah dilatih dari kecil sehingga dapat menjadi sebuah kebiasaan. Dapat dikatakan, cukup banyak orang tua yang mengeluh tentang anaknya yang tidak disiplin. Bahkan terkadang hal itu membuat para orang tua stress. Namun sebenarnya anak bisa dibuat disiplin asalkan orang tua tau cara mendisiplinkan anak yang benar, berikut beberapa cara mendisiplinkan anak agar menjadi disiplin seperti yang diharapkan.

Mendisiplinkan Anak

Cara Mendisiplinkan Anak – Ketegasan

Jika anda berniat untuk melarang anak melakukan sesuatu, berilah dia alasan yang jelas dan masuk akal. Anak – anak saat ini cenderung lebih cepat mengerti, serba ingin tahu dan juga lebih kritis terhadap sesuatu. Jangan berikan alasan seperti “Hayo, jangan main malem – malem. Nanti ada Genderuwo loh!” Itu tidak akan membuat anak percaya. Berilah alasan yang logis bagi anak agar dia patuh. Tegas harus disertai alasan yang tepat, dan tentunya konsistensi dari orang tua untuk berlaku tegas kepada anak.

Cara Mendisiplinkan Anak- Jangan Menceramahi Si Kecil

Daripada memberinya ceramah panjang dan lebar yang hanya akan membuat dia bosan, ajaklah dia untuk mengobrol. Walaupun pernyataan ini seperti tidak keras namun akan memberikan efek dan kesan bagi si kecil. Ceramah tidak selalu dapat membuat anak menjadi disiplin, tetapi ketika terjadi komunikasi yang tepat antara anda sebagai orang tua dan dia sebagai anak maka anak pun akan mengerti tentang apa keinginan anda, dan anda juga sebagai orang tua dapat mengerti apa keinginan anak. Berkomunikasi / mengobrol dengan anak juga akan membawa dampak positif lainnya seperti hubungan yang semakin erat, anak pun akan semakin enggan untuk tidak menghormati anda.

Cara Mendisiplinkan Anak – Tetap Tenang

Baca Juga  Tips Merawat Kesehatan Bayi dan Balita (Bagian 1)
Advertisements

Berteriak, marah – marah, membentak hanya akan membuat anda melakukan kekerasan verbal terhadap anak anda. Hal ini juga akan berakibat buruk bagi anak, karena dia merasa tidak dihargai dan menjadi tidak pede untuk melakukan sesuatu. Jagalah selalu nada bicara anda ketika ingin menasehati anak. Anak adalah manusia juga, dia memiliki emosi sama seperti manusia lainnya. Sudah sepatutnya sebagai orang tua, anda lebih dewasa dalam bertindak. Berteriak, marah-marah, dan melakukan tindakan kasar lainnya hanya akan membuat anak mencontoh perilaku tersebut, akibatnya anak jadi melawan anda sebagai orang tua.

Cara Mendisiplinkan Anak – Jangan Menggunakan Hukuman Fisik

Menampar atau bahkan memukul anak dapat membuat si anak menjadi pemberontak. Jangan lakukan ini kepada anak, karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan mentalnya nanti. Ingatlah bahwa kekerasan tidak akan menyelesaikan persoalan. Justru hal ini dapat menambah runyam saja masalah, anak juga punya hak asasi, sebesar apapun kesalahannya yang diperbuatnya, dia adalah anak anda. Apa salahnya untuk diam sejenak menahan emosi lalu membicarakan masalah tersebut setelah pikiran mulai jernih.

Cara Mendisiplinkan Anak – Menjadi Teladan

Perilaku anak tidak akan jauh dari perilaku orang tuanya, sebagai keluarga sekaligus orang yang terdekat dengan anak, orang tua adalah pihak yang paling sering melakukan komunikasi dan interaksi dengan anak. Maka dari itu bersikaplah baik dan yang terpenting disiplin. Jika anda pemalas tidak mungkin anak anda menjadi seseorang yang rajin, ia melihat apa yang ada lalu ia mencontohnya. Buktikan bahwa anda juga disiplin, maka anak anda akan meniru perilaku anda dengan sendirinya.

Baca Juga  Cara Mendidik Anak Untuk Patuh

Cara Mendisiplinkan Anak – Beri Penghargaan

Jika anda bisa menghargai anak, anak juga dapat menghargai anda. Hal ini juga dapat diterapkan dalam hal mendisiplinkan anak, jika anak berlaku disiplin sesuai dengan keinginan anda, kenapa tidak anda memberinya penghargaan, lakukan ini tahap demi tahap dan buat penghargaan anda itu spesial bukan penghargaan yang biasa, berikan penghargaan setiap kali dia melakukan sesuatu yang berbeda dan membutuhkan perjuangan tentunya

Cara Mendisiplinkan Anak – Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Buat dia mandiri sebagai anak, terapkan nilai ini dari kecil. Jika sebenarnya anak anda dapat mengambil makan dan minum sendiri kenapa harus diambilkan ? Lama-lama anak anda tidak akan makan dan minum jika tidak diambilkan. Buat dia memenuhi kebutuhannya sendiri yang mungkin dia penuhi sendiri.

Advertisements

Itulah 7 cara mendisiplinkan anak, dengan cara mendisiplinkan anak yang benar diharapkan anak dapat menjadi pribadi yang patuh kepada anda sebagai orang tua. Memang tidak mudah, namun jika anda sebagai orang tua mendidiknya sejak dini, anda akan merasakan dampaknya nanti, dimana anak anda akan menjadi pribadi yang disiplin.

Cara Mendisiplinkan Anak yang Benar | admin123 | 4.5