time 5 years yang lalu di topik #Campuran

Cara Mengatasi Asam Urat dan Mencegahnya

Advertisements
Cara Mengatasi Asam Urat dan Mencegahnya – Pernah mengalami asam urat? Jika pernah pasti saat itu anda sangat menderita karena persendian menjadi kaku, nyeri, kemerahan bahkan sampai membengkak dan biasa terjadi pada saat malam atau pagi ketika anda bangun tidur. Memang penyakit ini biasa diderita oleh orang yang sudah dewasa sampai para lansia dan jarang sekali ditemukan pada remaja dan anak-anak.


Cara Mengatasi Asam Urat

Asam urat sendiri adalah penyakit akibat dari zat purin dalam tubuh terlalu berlebihan, purin tersebut diolah kembali oleh tubuh menjadi asam urat. Jika zat purin tersebut terlalu berlebihan maka ginjal tidak akan mampu untuk mengeluarkannya sehingga asam urat yang berlebihan tersebut meumpuk dalam persendian dan mengakibatkan penyakit asam urat.


Untuk zat purin tersebut, setiap makhluk hidup pasti menghasilkan atau memproduksi zat purin tersebut didalam tubuhnya. Untuk manusia, kebutuhan purin 85% dipasok oleh tubuh kita sendiri dan 15 % dari luar tubuh atau dari makanan yang kita makan. Untuk pria kadar norma asam urat adalah 3 sampai 7 sedangkan untuk wanita kadar normalnya adalah 2,4 sampai 6.

Karena semua mahkluk hidup menghasilkan zat tersebut, maka makanan yang kita konsumsi dan memiliki banyak zat purin akan mempengaruhi kadar zat purin yang terdapat dalam tubuh. Nah berikut cara mengobati asam urat menggunakan bahan alami, silahkan simak tipsnya:

Baca Juga  Cara Mengatasi Penyakit Maag

Bahan:

Wortel ukuran sedang, lalu potong-potong beberapa bagaian
Jahe 1 jempol ibu jari
Melon 200 gram dipotong-potong juga
Jeruk nipis cukup satu sendok makan
Air dingin 1 gelas

Cara pembuatan:
Kesemua bahan tersebut cukup di blender atau dijus sampai benar-benar halus. Nah, lalu jus bahan-bahan alami tersebut siap diminum. Dianjurkan untuk minum jus tersebut 2 kali sehari.

Ketika anda anda sedang dalam pengobatan asam urat, berikut pantangan-pantangan yang harus anda hindari dan wajib anda hindari:

Advertisements

Jeroan, bahan-bahan dalam tubuh hewan yang biasa kita konsumsi seperti hati, babat, dan lainnya wajib kita hindari karena banyak mengandung zat purin didalamnya.
Makanan laut, makanan laut seperti udang, tiram dan lainnya wajib anda hindari kecuali ikan segar.
Daging, yaitu kambing, sapi maupun daging kuda. Bebek, angsa dan kalkun juga harus anda hindari.
Makanan berprotein tinggi, seperti kacang-kacangan ataupun olahan dari kacang-kacangan.
Makanan yang berlemak, makanan berlemak memang harus anda hindari walaupun anda bukan penderita asam urat, apalagi bagi anda yang mengalami asam urat. Seperti makanan bersantan, gorengan dan lainnya.
Buah seperti durian, nanas, dan kelapa beserta air kelapa.
Sayuran seperti kol, bayam, buncis, daun singkong, daun pepaya, kangkung juga wajib anda hindari.

Tips Mencegah Asam Urat
Berikut tips-tips yang wajib anda baca untuk mencegah datangnya kembali penyakit asam urat anda:
Menghindari makanan yang dapat membuat kadar zat purin dalam tubuh anda meningkat seperti yang telah kita bahas diatas.

Baca Juga  Khasiat Buah Durian untuk Kesehatan

Minum air putih yang cukup, dengan meminum air putih, zat purin dalam tubuh akan mampu dibuang secara maksimal oleh tubuh. Minumlah sekitar 8 gelas air putih dan ini tidak termasuk minuman ringan
Berat badan ideal, orang yang terlalu gemuk dapat lebih mudah terkena asam urat karena memang dalam tubuhnya sudah bertumpuk lemak yang dapat memancing timbulnya asam urat lebih mudah
Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang dan pisang
Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk
Hindari konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, tapi konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang dan ketela
Hindari makanan dan minuman beralkohol
Jangan sampai terlalu lelah ketika bekerja karena dapat membuat asam urat anda kambuh.
Olahraga, ini anda perlukan agar persendian dapat lebih mudah dan nyaman bergerak setelah anda tekena asam urat

Advertisements

Demikian cara mengatasi dan mencegah asam urat, semoga anda bisa melakukan tips-tips diatas agar asam urat anda cepat sembuh dan tak datang lagi.

Cara Mengatasi Asam Urat dan Mencegahnya | | 4.5