Cara Mengatasi Android Bootloop

Advertisements

Mengatasi Android Bootloop – Bagi pengguna Android, pastinya pernah mendengar Bootloop, atau bahkan pernah dialami pada Android kamu. Dan cara memperbaiki Bootloop pada Android sebenarnya juga mudah, namun sebelumnya harus mencari beberapa informasi terlebih dahulu sebelum mengatasi Bootloop. Karena jika salah langkah, keselamatan Android akan terancam yang dapat mengakibatkan kerusakan makin parah.

cara mengatasi Bootloop

Bootloop sendiri merupakan sebuah masalah yang kerap terjadi pada Android dimana tidak bisa booting atau melakukan startup, sehingga tidak bisa masuk ke Munu. Dan dengan demikian, saat akan dihidupkan hanya sampai pada Logo ponsel dan terjadi secara berulang jika tidak segera diperbaiki.

Kadang kita akan merasa panik jika terjadi masalah Bootloop pada Android, sehingga kita akan terburu-buru untuk memperbaikinya. Namun, kita harus mengetahui yang menjadikan penyebab sehingga akan mudah dan aman saat mengatasi android bootloop. Sebab, yang jadi penyebab Bootloop bermacam-macam, sehingga cara mengatasinya pun juga berbeda.

Penyebab dan cara memperbaiki Bootloop di Android

1. Android Light Bootloop
Hal ini terjadi gangguan pada Android saat dinyalakan hanya sampai logo. Yang menjadi penyebab karena melakukan install aplikasi, bermain game, namun tiba-tiba Ponsel mengalami restart. Bootloop ini merupakan yang paling mudah untuk diperbaikinya.

Cara mengatasinya : Untuk jenis Android pada umumnya, bisa dilakukan dengan melepas baterai lalu dihidupkan kembali. Namun untuk smartphone yang jenis tablet, terasa sulit karena baterai yang digunakan telah disolder dengan perangkat, sehingga harus menghilangkan solderan lebih dulu.

Baca Juga  Cara Mengatasi HP Terkena Air
Advertisements

2. Android Medium Bootloop
Ini merupakan jenis kerusakan pada tingkat menegah, yang menjadi penyebab secara umum karena pengguna melakukan istall script yang tidak jelas atau melakukan oprek pada ponsel. Bootloop jenis ini masih bisa diselamatkan dengan recovery mode.

Cara mengatasinya : Sebelum mengatasi android bootloop, lakukan backup data Android jika terjadi masalah yang tidak diinginkan. Selanjutnya, lakukan restore baik original maupun yang CWM.

3. Android Hard Bootloop
Ini merupakan yang paling parah termasuk hardbrick, yang mana jika android dihidupkan hanya sampai logo Android. Ini sering terjadi jika pengguna melakukan modifikasi script, rooting dan menghapus aplikasi bawaan.

Cara mengatasinya : Silahkan Factory Reset pada Os Android, namun jika ragu silahkan bawa ke service center nya.

Nah itu merupakan yang menjadi penyebab Bootloop, untuk lebih jelas mengatasi android bootloop dapat mengkuti langkah berikut ini. Kita menggunakan Nandroid Backup, karena dapat mengatasi masalah pada Light Bootloop dan Medium Bootloop secara mudah. Namun sebelum itu, lakukan backup data lewat CWM.

Cara Mengatasi Android Bootloop

  • Pastikan data Android sudah di Backup
  • Buka CWM Recovery, dengan klik tombol Power dan Volume up/down secara bersamaan tanpa ada jeda waktu
  • Masuk Recovery Mode, dengan tombol up/down sebagai navigasi, dan power untuk klik. Pilih ‘Backup and Restore’, dan klik Restore data
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
Baca Juga  Cara Update dan Upgrade OS Android Terbaru
Advertisements

Demikian sedikit artikel tentang mengatasi android bootloop. Jika terjadi masalahan Android kamu, jangan terburu-buru untuk membawa ke service. Namun lebih baik jika mengatahui masalah dan penyebab yang menjadikan eror pada Android, bisa tanya ke teman atau mencari informasi di internet. Dan baca artikel selanjutnya, mengganti font android, terimakasih.

tags:

asiafone af9192 bootloop, asiafone af9909 berhenti di logo kenapa, Mengatasi bootloop di Android
Cara Mengatasi Android Bootloop | marhenk | 4.5