time 5 years yang lalu di topik #Campuran

Cara Mengatasi dan Menghindari Stres

Advertisements
Cara Mengatasi dan Menghindari Stres – Orang awam biasanya selalu mengidentikkan stres dengan sakit jiwa, padahal stres dan sakit jiwa sangat berbeda. Tapi jangan salah juga, stres berkepanjangan adalah salah satu faktor yang dapat membuat sakit jiwa. Bagi yang belum mengetahui stres itu apa, saya akan sedikit mendifinisikannya, stress adalah suatu keadaan dimana anda merasa tertekan oleh tuntutan fisik, sosial dan lingkungan yang membebani anda. Stress sendiri bisa diakibatkan oleh faktor internal dan ekternal, untuk faktor internal seperti trauma, rasa cemas berlebihan, dan harapan yang tak tercapai. Sedangkan untuk faktor eksternal seperti tuntutan pekerjaan, ekonomi, dan hal lainnya.


Mungkin anda pernah mengalami stres berlebihan atau bahkan sering mengalaminya, perlu anda ketahui bahwa terlalu lama dalam keadaan stres tidak baik untuk kesehatan fisik dan jiwa anda. Sebaiknya anda mengetahui penyebab dari rasa stres anda terlebih dahulu sebelum memulai untuk mengatasi rasa stres anda tersebut. Berikut saya juga akan membahas Cara Mengatasi dan Menghindari Stres, yang pasti sangat berguna bagi anda yang sedang mengalami stres.

Berpikir Positif

Advertisements

Mulailah dari merubah pola pikir anda, ini dapat berguna untuk membuat suggesti bagi tubuh dan jiwa anda tetap nyaman meskipun dalam keadaan tertekan. Misalkan tuntutan pekerjan, berpikirlah bahwa dengan apa yang anda kerjakan sekarang anda akan mendapatkan hasilnya suatu hari.

Baca Juga  Inilah Tips Cara Mengatasi Kaki Kapalan dan Pecah-pecah

Tidur Yang Cukup

Memang terdengar simpel, tapi ini sangat berguna untuk menyegarkan pikiran dan tubuh anda setelah seharian lelah. Sebaiknya tidurlah 8 jam sehari.

Berolahraga

Berolahraga ternyata tidak hanya menjaga bagi kebugaran fisik anda, berolahraga juga bermanfaat bagi pikiran anda. Hal ini dibuktikan oleh beberapa peneliti dari Jerman yang membuktikan bahwa setelah berolahraga kemampuan mengingat lebih baik dibandingkan sebelum berolahraga.

Curhat

Anda tak dapat memendam masalah sendirian karena dapat membuat anda lebih tertekan. Sebaiknya jika masalah pribadi, curhatlah dengan orang yang paling dekat dengan anda. Sedangkan untuk masalah umum, seperti pekerjaan, anda mencurhatkannya kepada orang yang ahli. Cara lain untuk curhat adalah melalui forum, seperti kaskus yang memiliki kategori Heart to Heart.

 Tertawa

Tertawalah, karena sangat berguna bagi anda  yang sedang tertekan. Anda dapat memulainya dari membaca buku humor atau menonton film komedi.

Dekatkan diri dengan Tuhan

Advertisements

Ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh, selain dapat meringankan beban pikiran anda, ini juga dapat menambah keimanan anda.

Demikian  Cara Mengatasi dan Menghindari Stres, semoga dapat membantu untuk menghilangkan stres yang menghinggapi anda selama ini.

Cara Mengatasi dan Menghindari Stres | | 4.5