Cara Mengatasi HP Terkena Air

Advertisements

Handphone baik dengan sistem operasi android, iOS, blackberry maupun hp OS windows merupakan barang elektronik, sehingga sangat rentan terhadap air. Musibah seperti hp terkena air, nyemplung di ember, dll ini sering terjadi, jika ponsel di taruh pada saku baju hingga tercebur, kehujanan, atau kena tumpahan air minum dan lainya. Nah jika sudah demikian, pastinya dapat menimbulkan kerusakan pada ponsel walaupun mesin hanya terkena dan tersiram sedikit air. Mungkin dari sekian banyak kasus hp terkena air masih bisa diselamatkan, namun juga ada beberapa yang mengalami mati total.

Pada dasarnya, air yang masuk ke handphone dapat mengakibatkan konsleting pada komponen. Jika hal tersebut tidak segera di atasi, pastinya mengakibatkan kerusakan pada komponen penting seperti lcd. Dengan membawa ke tukang servise adalah cara yang baik jika Anda memang tidak mau repot atau tidak mengatahui cara mangatasinya. Namun jika sedang bepergian, pasti nya akan membutuhkan waktu. Padahal jika dibiarkan hp android terkena air dalam waktu lama tanpa tindakan lebih lanjut, akan menjadi lebih parah kerusakan komponenya.

Mau gak mau, Anda sebisa mungkin harus memperbaikinya sendiri jika hp terkena air. Sebagai pertolongan pertama sangat mudah, Anda tidak harus memiliki keahlian layak nya tukang servise. Nah untuk itu, berikut adalah cara mudah mengatasi hp terkena air.

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Advertisements
Baca Juga  Cara Menambah RAM Android

Langkah awal memperbaiki HP terkena air

1. Jangan Menghidupkan Handphone
Biasanya saat handphone basah terkena air, yang dilakukan pengguna adalah menghidupkan handphone untuk mengecek apakah hp masih nyala atau sudah mati. Padahal langkah tersebut adalah yang harus dihindari sejak awal. Nah untuk itu, langsung matikan hp jika kerkena air agar tidak terjadi koslet pada komponen.

2. Melepaskan Baterai Dan Cassing
Setelah matikan hp, langkah selanjutnya dengan melepas baterai, casing, dan apa saja yang menempel pada mesin. Cara ini berguna karena kita akan membersihkan dan mengeringkan perangkat.

3. Mengelap Handphone
Setelah semua terlepas, bersihkan semua komponen menggunakan kapas atau kain halus. Selain itu, bisa menggunakan kipas angin atau pengering rambut. Usahakan saat mengeringkan agar sampai benar – benar kering, supaya ponsel bisa kembali normal. Setelah itu diamkan beberepa jam, selanjutnya pasang casing, baterai, dan lainya agar kembali seperti semula. Jika sudah, coba hidupkan dan cek semua.

4. Bawa ke Service
Jika cara diatas masih tidak dapat memperbaiki hp, dengan membawa ke service merupakan cara terakhir untuk memperbaiki hp yang terkena air. Namun perlu diketahui, biasanya untuk memperbaikinya membutuhkan dana yang agak terjangkau, misal mengganti komponen yang rusak. Nah, jika hp yang rusak kelas smartphone mungkin tidak masalah, namun jika hp model lama yang harganya sekitar 100 ribuan mengkin lebih baik di iklaskan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Play Store Android Error
Advertisements

Demikianlan tips mudah memperbaiki atau mengatasi handphone saat terkena air, lakukan cara tersebut dengan benar. Saat ini hampir musim hujan, untuk itu siapkan kantong plastik sebagai awal pencegahan agar hp terhindar dari air.

tags:

aplikasi mengecek android kena air, hp oppo yoyo kena air, hp tersiram air, Mengatasi Android mati kena Air, mengatasi hp oppo yoyo mati kena air
Cara Mengatasi HP Terkena Air | marhenk | 4.5