Cara Mengatasi Maag Dengan Pola Hidup Sehat

Advertisements

Sebenarnya cara mengatasi maag sangat mudah yaitu cukup dengan pola hidup sehat, namun kebanyakan orang cukup sulit untuk menjalankannya. Atau mungkin anda tidak tahu apakah anda menderita maag atau tidak. Maag atau dalam istilah lain disebut Gastritis adalah suatu keadaan dimana lambung kita mengalami gangguan seperti kembung, ulu hati perih, bahkan pada beberapa kasus dapat mengalami Mual hingga muntah. Hal ini disebabkan terdapat lukan pada dinding lambung dan menyebabkan asam lambung naik hingga pada luka tersebut dan akhirnya menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut dan ulu hati.

Cara Mengatasi Maag

Maag disebabkan karena si penderita tadinya tidak memperhatikan pola makannya, sering terlambat makan, atau dapat dikarenakan mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan juga banyak mengkonsumsi Alkohol. Maag juga dapat terjadi apabila anda telat kemudian pada saat makan anda makan dengan porsi yang berlebih, hal itu juga dapat memicu terjadi maag pada lambung anda. Sebenarnya tidak ada cara untuk mengobati penyakit maag hingga benar-benar sembuh, maag hanya dapat diatasi sementara dan ketika sang penderita telat makan lagi, maka besar kemungkinan maag dapat kembali kambuh. Tetapi anda dapat mengatasinya dengan cara mengatur pola makan anda yang teratur. Ada beberapa cara mengatasi maag agar tidak kambuh lagi.

Advertisements
Advertisements

Makan teratur dengan pola gizi yang baik.
Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu keras, lebih baik mengkonsumsi makanan yang lembut dan lunak.
Olahraga yang teratur dan juga istirahat yang cukup
Hindari stress
Bagi anda yang menderita maag sebaiknya mengghindari makanan-makanan yang mengandung :
terlalu banyak serat dan gas – sayuran yang mengandung banyak serat seperti sawi dan kol, untuk buah-buahan contohnya nangka dan pisang ambon, dan hindari minuman yang mengandung banyak mengandung gas seperti minuman bersoda.
merangsang pengeluaran asam lambung – seperti kopi, anggur putih, minuman beralkohol 5-20%, susu, sari buah sitrus.
Makanan yang sulit dicerna – seperti makanan yang berlemak, kue tart, keju, dan coklat. Makanan ini dapat menyebabkan peregangan di lambung lebih tinggi yang pada akhirnya membuat asam lambung lebih cepat naik.
Makanan yang dapat merusak dinding lambung secara langsung – cuka, merica, pedas dan bumbu merangsang lainnya.

Berikut beberapa cara mengatasi maag agar anda tidak mengalami sakit maag lagi. Dengan cara di atas kemungkinan anda tidak akan terserang lagi maag.

Cara Mengatasi Maag Dengan Pola Hidup Sehat | infotipsbaru | 4.5