time 11 months yang lalu di topik #Android,Tips dan Trik

Cara Mengatasi Masalah Perangkat tidak Kompatibel di Google Play Store

Advertisements

Cara Mengatasi Masalah Perangkat tidak Kompatibel di Google Play Store – Mungkin anda pernah mengalami mendapatkan pesan kesalahan error, berupa “Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini”, atau kalau dalam bahasa inggris “Your Device isn’t Compatible With This Version”, ketika anda akan menginstall suatu aplikasi android ke hp android anda, misalnya saja ketika anda mau instal aplikasi instagram, game coc, clash royale, bbm, smule, dll. Perlu anda ketahui bahwa pengembang aplikasi atau game Android itu dapat membatasi aplikasi mereka ke perangkat tertentu, negara tertentu, dan juga versi minimum Os Android. Namun, ada cara yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah perangkat tidak kompatibel ini di gadget android anda. kita akn coba mengulas beberapa alternatif caranya, dan semoga bisa sukses anda terapkan pada hp / tablet android anda.


Sebelum anda melakukan trik yang akan kita ulas disini, anda perlu ketahui bahwasanya trik2 di halaman ini tidak dianjurkan oleh google, karena ada trik yang dilakukan dengan cara mengakali sistem google, dan umumnya adalah membutuhkan root android anda. Beberapa trik ini mungkin tidak semuanya bisa bekerja dengan baik, karena memang Google tidak ingin kita melakukan hal-hal ini.

Beberapa Alasan Kenapa Aplikasi bisa Tidak Kompatibel dengan Perangkat Android anda

perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini

  • Beberapa aplikasi ditandai oleh developernya agar hanya kompatibel dengan ponsel atau tablet tertentu. Namun, banyak juga yang ternyata dapat berjalan dengan baik pada perangkat yang tidak didukung.
  • Aplikasi lain hanya diperbolehkan untuk dipasang di negara-negara tertentu. Misalnya, Anda tidak dapat menginstal aplikasi Hulu Plus di luar Amerika Serikat, dan beberapa aplikasi secara online-banking hanya tersedia di negara bank itu berada.
  • Hampir semua aplikasi memiliki versi minimum Android yang mereka butuhkan. Misalnya, browser Google Chrome membutuhkan Android 4.0 atau lebih tinggi.

Ingatlah bahwa hanya menginstal aplikasi yang tidak kompatibel belum tentu akan membuatnya bekerja dengan baik di perangkat anda. Beberapa aplikasi mungkin sebenarnya tidak sesuai dengan perangkat Anda, walaupun anda sukses menginstalnya dan tidak muncul pesan kesalahan “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini”,  sementara aplikasi lain (seperti Hulu) hanya akan bekerja ketika digunakan di AS (atau kalau anda maksa mau memakainya, anda harus mengkasesnya dengan ip address USA, misalnya dengan menggunakan VPN US atau layanan DNS seperti Tunlr.)

Advertisements

Perhatikan bahwa Anda tidak akan melihat aplikasi yang tidak kompatibel saat mencari melalui Google Play Store di smartphone Android atau tablet. Aplikasi2 yang tidak kompatibel dengan perangkat android anda otomatis akan tidak muncul dalam hasil pencarian anda. Anda akan melihat aplikasi yang tidak kompatibel ketika mencari di situs Google Play melalui browser seperti chrome, firefox, dll.

Menggunakan VPN untuk Download dan Install Aplikasi yang dibatasi sesuai Negara

Anda dapat menggunakan VPN untuk mengakali Google sehingga seolah2 perangkat android Anda berada di negara lain. Menggunakan VPN tidak memerlukan akses root. Jika Anda membutuhkan VPN Usa atau inggris gratis, anda bisa coba menginstal aplikasi TunnelBear. TunnelBear hanya memberikan sejumlah data gratis per bulan, tetapi harusnya sudah lebih dari cukup untuk menginstal beberapa aplikasi.

Restart perangkat Android Anda, hubungkan perangkat anda ke VPN negara yang sesuai, dan kemudian buka aplikasi Google Play. Perangkat Anda seharusnya sekarang tampaknya berada di negara lain, yang memungkinkan Anda untuk men-download aplikasi yang tersedia di negara sesuai ip address VPN.

Upgrade Sistem Operasi Android Anda

Jika Anda ingin download dan install sebuah aplikasi android yang memerlukan versi terbaru dari Android, Anda harus memperbarui perangkat Anda ke versi terbaru dari Android. Sebagian besar perangkat Android tidak menerima update, tapi Anda dapat melihat menginstal CustomROM seperti CyanogenMod untuk mendapatkan versi terbaru dari Android pada perangkat anda.

Misalnya, jika Anda memiliki ponsel yang masih menggunakan sistem operasi Android 2.3, Gingerbread, dan Anda ingin menginstal browser Chrome (yang hanya tersedia untuk Android 4.0, Ice Cream Sandwich, dan versi yang lebih baru dari Android), Anda mungkin bisa mencoba custom ROM android yang dikembangkan oleh CyanogenMod yang dapat memperbarui perangkat Anda ke versi yang lebih baru dari Android, yang memungkinkan Anda untuk menginstal dan menggunakan aplikasi android yang membutuhkan versi os android yang lebih tinggi.

Advertisements

Semoga trik dan cara mengatasi “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini” yang sudah kita ulas diatas dapat mengatasi masalah anda, dan bisa berhasil anda coba di perangkat android anda. Kalau anda punya cara lain yang lebih oke dan lebih simpel berdasarkan pengalaman anda sendiri, anda bisa share juga.

 

tags:

kompatibel, aplikas android di playstore tidak kompactibel di negara anda, COC tidak kompetabel, kenapa beberapa aplikasi tidak kompatibel dengan versi android tertentu
Cara Mengatasi Masalah Perangkat tidak Kompatibel di Google Play Store | guniwan | 4.5