time 2 years yang lalu di topik #Android,Aplikasi,Tips dan Trik

Cara Mengatasi Sayangnya BBM telah berhenti di Android

Advertisements

Solusi dan Cara Mengatasi Sayangnya BBM telah berhenti / unfortunately BBM Has Stopped di Android by Gendruk dot com – Apakah anda pernah menemui ketika sedang asik-asiknya main game online clash of clans di gadget android anda dan tiba-tiba muncul pesan kesalahan: “Sayangnya Clash Of Clans has Been Stopped”. Atau buat anda yang lagi asik-asiknya chatting dengan teman-teman anda atau sedang melayani pembeli untuk jualan anda melalui BBM (blackberry messenger) untuk android, eeeh tiba-tiba, muncul tuh pesan error lagi: “Sayangnya BBM telah Berhenti” atau kalau hp android anda masih menggunakan settingan bahasa defaultnya yaitu bahas Inggris, maka yang muncul bukan “Sayangnya…” lagi, tentu saja dalam bahasa inggris, yaitu: “Unfortunately BBm Has Stopped” di android anda. Pasti hal Ini sangat menjengkelkan buat Anda kan?


Jadi Pesan Kesalahana ini bisa terjadi pada aplikasi atau games android yang terinstall di handphone anda, jadi umumnya adalah seperti ini; “Sayangnya [Nama Aplikasi] telah Berhenti”, atau dalam bahasa inggris: “Unfortunately [App Name] Has Stopped” in android. Pesan-pesan kesalahan yang serupa pernah kita bahas sebelumnya yaitu:

Nah kalau sudah muncul pesan kesalahan seperti “Sayangnya BBM Telah Berhenti” ini, maka cuman ada 2 pilihan tombolnya, yaitu, melaporkan atau OK yang akan menghentikan aplikasi tersebut, dalam kasus ini akan menghentikan aplikasi BBM.

Kadang-kadang, pesan kesalahan yang membuat aplikasi berhenti tiba-tiba ini adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada hardware ponsel Anda. Kita tidak bisa memperbaiki ini dan Anda harus membawa ponsel Android Anda ke pusat layanan resmi sesuai merek smartphone anda.

Namun, biasanya pesan kesalahan seperti “Sayangnya bla bla bla telah Berhenti” ini sebagian besar hanya masalah perangkat lunak dan beberapa langkah sederhana dapat mengatasinya tanpa perlu mengunjungi pusat layanan resminya. Kita mungkin tidak pernah tahu mengapa aplikasi android baik adobe air, bbm, dll itu tiba-tiba berhenti, tapi untungnya kita tidak perlu tahu. Dalam panduan ini saya akan sharing beberapa trik yang hampir selalu dapat mengatasi masalah sayangnya telah berhenti ini. Tahun lalu, saya menemui kesalahan bodoh ini pada dua aplikasi tapi waktu itu saya memilih untuk mengabaikannya; Namun, setelah aplikasi ketiga muncul error ini dan akhirnya hape saya jadi hang atau crash, maka saya coba cari cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini utuk dapat mengatasi masalah aplikasi BBM yang tiba-tiba berhenti ini.

Cara Mengatasi Sayangnya BBM Telah Berhenti di Android

mengatasi sayangnya bbm telah berhenti

1. Coba lakukan reboot android

Kadang-kadang, semua telepon Anda perlu untuk jadi segar kembali kinerjanya dengan jalan melakukan reboot android. Periksa apakah hal ini dapat mengatasi masalah ini. Jika tidak, matikan telepon Anda, keluarkan baterai dan tunggu selama beberapa menit sebelum menyalakannya lagi.

2. Bersihkan Cache dan Hapus Data Aplikasi BBM

sayangnya bbm telah berhenti

Clear Data dan Clear Cache

Ini adalah trik yang umum dilakukan pada aplikasi yang muncul pesan kesalahan ini dan biasanya akan dapat mengatasi masalah bbm telah berhenti ini. Caranya adalah dengan meghapus “Cache” dan hapus data BBM anda. Karena Kontak BBM ini disimpan di server BBM, maka anda jangan khawatir akan kehilangan kontak BBM anda, karena ketika akses aplikasi ini lagi dan login, maka kontak BBM anda akan kembali muncul, yang hilang adalah data-data history Chat. Silakan anda Pergi ke Aplikasi Manager, trus cari dan buka aplikasi BBM dan tekan saja tombol “Clear Cache” dan “Delete Data”.

Advertisements

3. Install Ulang Aplikasi BBM

Mungkin ada masalah pada Aplikasi BBM anda sehingga menimbulkan masalah …”Sayangnya atau Unfortunately bla bla bla” … ini. Coba uninstall dulu aplikasi lama anda dengan jalan menekan lama aplikasi BBM sampai muncul tanda “Hapus” atau “Delete”, setelah itu pergi ke  google play store, cari aplikasi BBM for Android, dan Install lagi. Coba Perhatikan apakah setekah install ulang ini apakah masalahnya teratasi atau muncul lagi.

Kalau ternyata muncul lagi, coba uninstall lagi BBM for android nya, dan coba install aplikasi BBM versi sebelumnya yang anda ingat tidak pernah muncul masalah. Siapa tahu aplikasi blackberry messenger anda terupdate otomatis dan ternyata versi yang terbaru ini malah tidak cocok dengan handphone android anda.

4. Coba Hapus Aplikasi Yang Baru Saja di pasang

Anda mungkin telah menginstal sebuah aplikasi yang entah bagaimana mengganggu pengoperasian aplikasi android lainnya. Coba hapus aplikasi tersebut dan perhatikan apakah dapat mengatasi masalah pesan “Sayangnya BBM tekah Berhenti” ini.

5. Factory Reset

Jika ternyata semua trik diatas tidak menyelesaikan masalah ini dan pesan kesalahan “Unfortunately BBM has Stopped” ini tetap saja muncul, langkah berikutnya adalah langkah yang paling tidak disukai kedua, yaitu Factory Reset / Reset ke Setingan pabrik. sebelum melakukan reset android ini sebaiknya anda membackup data dari telepon Anda – mulai dari gambar, musik, video, pesan dan kontak baru kemudian anda lakuka reset. Kenapa harus di backup? Ya karena dengan anda melakukan  factory reset / hard reset android, maka proses ini akan menghapus semua data yang ada di handphone anda, kecuali data dan aplikasi yang sudah anda pindahkan ke sd card. Setelah proses ini, ponsel Anda akan seperti baru ketika anda beli di segi perangkat lunaknya yah, bukan tampilan luarnya, kalau sudah gores-gores, ya tetep saja gores-gores hehehe. Coba install aplikasi bbm untuk android sekarang dan lihat apakah masalah ‘Sayangnya BBm Telah Berhenti’ sudah teratasi atau masih muncul juga.

Error “unfortunately BBM has Stopped” Karena Kesalahan Hardware

unfortunately bbm has stopped working

Jika semua hal di atas tidak mampu mengatasi “Unfortunately BBM Has Stopped“,  maka kemungkinan besar ada kesalahan pada hardware / perangkat keras ponsel android Anda. Anda tidak dapat memperbaikinya dengan tangan Anda sendiri. Anda sebaiknya tidak coba-coba untuk membongkar hp android anda untuk memperbaiki hardware smartphone Anda jika Anda bukan seorang teknisi hp android yang terlatih, hal ini terlalu rumit buat anda, bisa bisa anda hanya bisa bongkar saja dan nggak bisa pasang lagi, akhirnya kena sindrom “LEM BIRU”, lempar beli yang baru, wkwkwk.

Advertisements

Sekarang saatnya untuk membawa ponsel android  Anda ke pusat layanan resminya. Ini adalah hal yang paling tidak disukai oleh para pengguna gadget, karena belum tentu di kotanya ada service centernya, kadang harus kirim ke pusatnya yang biasanya ada di jakarta, dan prosesnya pasti sangat lama dan butuh biaya besar, apalagi kalau teryata memang ada masalah hardware yang cukup fatal, yang ternyata harus diganti, dan kadang-kadang biaya penggantiannya itu hampir seharga beli Hp android ayng baru, walah, kalau begitu mending beli yang baru saja yah?? yah itu semua keputusan anda, kalau anda menemui masalah “Sayangnya BBM telah Berhenti” ini dan ternyata masalahnya di hardware anda harus pikir masak2 kalau tenryata service centernya tidak ada di kota anda. Itu dia Sobat gendruk semua, semoga ulasan ini bermanfaat yah, bantu share ke facebook, twitter atau Google plus anda yah, siapa tahu ada dari teman anda yang kena masalah ini dan butuh cara untuk mengatasinya.

tags:

sayangnya bbm telah berhenti, bbm terhenti, penyebab bbm terhenti, bbm terhenti di samsung
Cara Mengatasi Sayangnya BBM telah berhenti di Android | guniwan | 4.5