Cara Mengcompile dan Eksekusi Program Java di CMD Windows 7

Advertisements

gendruk.com – Java adalah bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi baik itu aplikasi berbasis PC maupun aplikasi berbasis mobile.

Kebanyakan orang mungkin berpikir, untuk membuat aplikasi berbasis Java kita harus menggunakan aplikasi berupa Netbeans yang memang dikenal sebagai aplikasi khusus pemrograman Java. Namun untuk yang baru belajar, haruskah langsung menggunakan Netbeans?

Jawabannya adalah tidak, di Windows 7 misalnya. Ada cara yang lebih sederhana untuk mengcompile dan mengeksekusi program java. Dalam hal ini, kita akan menggunakan command prompt Windows 7. Caranya, langsung silakan ikuti tutorial dibawah ini:

Aplikasi Yang Dibutuhkan :

1. Java Development Kit, download disini
2. Notepad ++ untuk editor, download disini. Editor tidak harus menggunakan Notepad ++, jika anda sudah merasa nyaman dengan Notepad tidak ada salahnya anda menggunakannya.

Langkah 1 – Install JDK dan Setting Path

1. Download dan install terlebih dahulu JDK (Java Development Kit) di komputer atau laptop anda.

2. Setelah JDK masuk ke Windows Explorer. Kemudian masuk ke folder bin dalam JDK di filesystem windows. Di laptop admin seperti ini : C:Program FilesJavajdk1.7.0_07bin . jdk1.7.0_07 disini bisa saja berbeda, tergantung dari versi JDK yang diinstall. Copy alamat foldernya seperti diatas untuk digunakan nanti.


3. Kemudian klik kanan pada Computer >> pilih Properties, kemudian pilih Advanced System Settings. Anda akan dihadapkan pada window System Properties pada tab Advanced seperti dibawah ini.

4. Pilih Environtment Variables.

Advertisements

5. Pada System Variables, cari yang bervariable Path dan kemudian pilih Edit. Kemudian pastekan alamat folder bin pada bagian belakang (hapus titik (.), kemudian paste setelah simbol titik koma (;).

6. Klik OK pada semua tab yang tadi terbuka.

7.Setelah semuanya tersetting dengan benar, silahkan masuk ke command prompt dan ketikkan : javac . Jika anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Jika belum, silahkan ulangi sampai hasilnya sesuai.

Langkah 2 – Mengcompile dan Eksekusi Program Java di Command Prompt Windows 7

1. Buat dulu program berekstensi .java dengan Notepad ++, jika program anda belum siap. Anda bisa menggunakan program java dibawah ini:

Disini, admin menggunakan nama file nama.java. Program ini adalah program sederhana untuk input nama lengkap .

2. Simpan program nama.java di folder yang anda inginkan. Dalam hal ini admin menggunakan folder D:Java

3. Buka command prompt windows (tombol Windows + R >> Enter), kemudian masuk ke direktori tempat anda menyimpan file java milik anda tadi (via cmd).

3. Compile program java nama.java tadi dengan cara mengetikkan command berikut di CMD : javac nama.java, jika ada error maka akan diberikan notifikasi. Dan jika lancar, maka takkan ada apa-apa.

4. Jika compile berjalan lancar, eksekusi program dengan cara mengetikkan command : java nama

5. Hasilnya akan seperti ini:

Saat Input :

Saat Output

Advertisements

Mohon teliti karena caranya memang agak rumit, tunggu artikel selanjutnya seputar Java Programming.

Cara Mengcompile dan Eksekusi Program Java di CMD Windows 7 | guniwan | 4.5