Cara Menghambat dan Mencegah Penuaan Dini

Advertisements
Cara Menghambat dan Mencegah Penuaan Dini – Pada zaman ini atau tepatnya zaman yang serba modern ini orang mulai waspada dengan salah satu hal yang membuat anda kelihatan tak menarik, mudah lupa, berkeriput yaitu penuaan dini. Penuaan dini sendiri penuaan yang terjadi pada seseorang pada waktu sebelum ia seharusnya tua. Biasanya orang hanya menganggap penuaan dini hanya dapatt dilihat dari luar saja, tapi ternyata dari dalam juga dapat terjadi penuaan dini seperti mulai berkurangnya kualitas otak. 
Penuaan Dini
Gejalanya bisa seperti kulit keriput, mulai pikun dan hal lainnya yang biasa dialami oleh para orang lanjut usia. Penuaan dini sendiri bisa diakibatkan karena polusi, gaya hidup tak sehat, radikal bebas ataupun karena stres berkepanjangan. Nah, jika anda ingin menghindari, menghambat dan mencegah penuaan dini, berikut tips-tips yang dapat anda baca:
Gunakan Otak
Yang dimaksud disini adalah anda harus sering menggunakan otak anda dalam setiap kegiatan atau melakukan kegiatan yang mengasah otak anda. Karena menurut penelitian, orang yang melakukan kegiatan yang melibatkan otaknya tak akan mudah pikun dibandingkan dengan orang yang melakukan kegiatan tanpa melibatkan otak. Jadi, hal ini berguna untuk mencegah kepikunan.
Jangan Bermalasan
Ketika anda sering bermalasan, otot-otot dalam tubuh anda akan mudah lemah karena tidak seringnya mendapat stimulus. Ini akan menyebabkan anda menjadi semakin tak bertenaga ketika melakukan suatu kegiatan.
Hindari Polusi
Polusi memang sangat berbahaya untuk kesehatan anda, seperti polusi air, tanah terutama udara. Jika anda sering berhadapan dengan namanya “Polusi” terutama polusi udara, polusi tersebut akan menjadi radikal bebas yang dapat membuat kulit anda kehilangan keelastisannya dan dapat menyebabkan berbagai macam kanker.
Hindari Rokok dan Alkohol
Ini adalah salah satu hal yang paling sering terjadi di kota metropolitan, orang dengan mudahnya dapat mengakses rokok dan alkohol. Seperti yang sudah kita ketahui, rokok dan alkohol sangatlah tidak bagus untuk kesehatan seperti mengakibatkan kanker, radang paru-paru dan juga penuaan dini.
Olahraga
Olahraga sangat penting untuk menyeimbangkan aktivitas yang menguras tenaga dan otak anda seharia. Dengan berolahraga tubuh anda akan semakin bugar dan otak anda akan menjadi segar.
Hindari Stres
Ini patut anda lakukan karena stres dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya, salah satunya kepikunan. Untuk menghindarinya, cobalah baca artikel tentang cara menghindari stres yang telah kita bahas disini.
Jalani Gaya Hidup Sehat
Nah, ini adalah inti dari semua poin diatas. Gaya hidup sehata seperti makan teratur, makan sehat, olahraga dan hal lainnya dapat membuat anda tercegah dari penuaan dini.
Demikian cara menghambat dan mencegah penuaan dini. Yang harus anda ingat dan yang terpenting adalah anda harus menjaga kesehatan anda, karena kesehatan sangatlah berharga sehingga anda tak akan mengalami berbagai macam keluhan kesehatan, sala satunya adalah penuaan dini.
Cara Menghambat dan Mencegah Penuaan Dini | | 4.5