Cara Menghapus Data Rahasia di Memory Card, Flashdisk, dan Harddisk

Advertisements

Cara menghapus data/file rahasia agar tidak bisa terecovery – Perangkat memori menjadi sebuah peranti penting bagi komputer, atau ponsel untuk menyimpan segala file dan data pribadi. Karena kepraktisannya, kita sebagai pengguna jarang sekali memish misahkan mana memori card yang berisi data rahasia dan mana memori untuk data biasa. Biasanya kita hanya memisahkan kategori rahasia dan biasa dalam folder berbeda namun tetap dalam satu ruang memori. Hal tersebut, bisa saja menjadi boomerang bagi kita jika memory card atau flashdisk hilang. Pasalnya, meskipun data dan file rahasia sudah terhapus, dimungkinkan untuk direcovery (dibaca dan dikembalikan kembali). Modus semacam itu yang sering terjadi pada kasus pencemaran nama baik melalui penerbitan foto atau video pribadi. nah, untuk mencegah hal semacam itu tidak sampai menimpa Anda, sebaiknya bersihkan memori dengan sebuah software.

Ada banyak software wipe memori yang ditawarkan di internet, tapi kita bisa menggunakan salah satu saja yang gratis. Salah sattu software yang bisa Anda coba adalah CCleaner. software ini dapat menghapus file dan data rahasia secara permanen, sehingga tidak bisa dilakukan recovery lagi. selain itu, CCleaner juga berfungsi untuk membersihkan registry sehinga membuat kinerja komputer menjadi semakin ringan.

Advertisements
Cara Menghapus file/data di flashdisk agar tidak bisa direcovery

Untuk membersihkan dan menghapus data/file agar tidak bisa direcovery, berikut langkahnya :

  1. Download software CCleaner (bisa didownload secara gratis via Filehippo) kemudian lakukan langkah penginstalan.
  2. setelah terinstall segera jalankan CCleaner
  3. Pilih opsi Tools – Drive wiper, lalu akan muncul pilihan seperti di bawah ini :
  4. Wipe: Free Space Only (hanya membersihkan space yang kosong) atau Entire Drive (selauruh drive dan semua data/file akan dihapus).
  5. Security: terdapat beberapa pilihan muali dari 1x wipe sampai 35x. Semakin banyak wipe yang dipilih, maka akan berbanding lurus dengan lama waktu proses pembersihannya.
  6. Drive:  drive mana yang akan dibersihkan.
  7. Lalu klik tombol wipe, maka dalam sekejap CCleaner akan segera menghapus secara permanen dengan mekanisme menimpali file berkali-kali lalu dihapus lagi. Dengan begitu file atau data tidak akan bisa direcovery.
Advertisements

Itu lah, cara mudah menghapus data agar tidak bisa direcovery lagi. Meskipun demikian, bukan berarti 100% hilang, bisa saja file walau kemungkinannya sangat kecil. selamat mencoba

Cara Menghapus Data Rahasia di Memory Card, Flashdisk, dan Harddisk | guniwan | 4.5