time 1 year yang lalu di topik #Android,Tips dan Trik

Cara Menghapus Virus dan Malware di Android

Advertisements

Jika anda percaya smartphone Android atau tablet anda memiliki virus, maka berita bagusnya adalah, virus di Android sangatlah mudah untuk dihapus. Plus, kami akan memberikan tutorial cara menghapus virus di Android, kali ini gendruk akan bahas salah satu virus android yaitu virus Gunpoder dan juga malware Android lainnya.


Virus Android diinstall lewat aplikasi-aplikasi third-party; untuk menghapus virus Android, masuk ke safe mode dari smartphone anda, jika diperlukan, hapus status administratornya lalu uninstall aplikasi yang terpengaruh virus tersebut. Jika semua itu gagal, biasanya factory reset akan  dapat menghapus infeksinya. Pada artikel ini, kami coba menawarkan langkah langkah dan cara menghapus virus dan malware di Android anda.

Cara Menghapus Virus Dan Malware Virus di Android

Hal pertama, sangatlah penting untuk menunjukkan pada anda bahwa kecil kemungkinannya ponsel atau tablet Android anda terinfeksi virus. Yang lebih mungkin adalah, anda mengakses dan melihat sebuah iklan yang ingin meyakinkan anda, bahwa gadget Android anda terkena virus dan anda perlu mengunduh aplikasi tersebut, atau iklan pop-up, yang ternyata sebenarnya itulah yang membawa virus. Namun, virus di Android memang ada. Jika anda yakin smartphone atau tablet Android anda terkena virus, baca terus untuk tahu cara menghapus virus di Android anda.

Semua virus Android dikirimkan lewat aplikasi yang terinstall pada handset anda, sehingga jika smartphone atau tablet anda belum memiliki virus, cara terbaik adalah untuk menghindarinya dengan cara jangan pernah menginstall software selain dari Google Play Store.

Baca Juga  Cara Menghapus Virus Trojan di Android dengan Aplikasi Stubborn Trojan Killer
Advertisements

Hal yang sama berlaku pada Gunpoder virus, yang beberapa waktu lalu menjadi headline setelah Palo Alto Networks menemukan mereka dapat menyelinap ke smartphone atau tablet Android lewat emulator game Nintendo yang terinstall bukan dari Google Play. Beruntung, virus Gunpoder belum banyak beredar di Indonesia, namun sangat penting untuk melindungi smartphone anda dari virus Gunpoder dan virus-virus Android lainnya.

Untuk memastikan anda secara tidak sengaja menginstall malware lewat instalasi aplikasi di luar Google Play, buka menu Settings handset anda, dan cari Security option, lalu pastikan anda telah mematikan pilihan Unknown Sources (yang membolehkan instalasi aplikasi dari sumber tidak dikenal).

Jika anda benar-benar ingin menginstall aplikasi dari luar Google Play, lakukan riset terlebih dahulu. Periksa permissions yang dibutuhkan aplikasi tersebut (contohnya, apa benar pemutar video perlu melihat kontak anda?), cari review online-nya dan cermati situs developernya untuk melihat apa lagi yang ditawarkan. Dalam hal Gunpoder, anda mungkin perlu mencurigai aplikasi-aplikasi emulator game Nintendo.

Anda juga dapat menginstall aplikasi antivirus, dan ada banyak aplikasi antivirus gratis di android yang tersedia dapat mendeteksi dan menghapus aplikasi mencurigakan, contohnya 360 Mobile Security, Lookout dan Avast. Ini akan memasukkan pemindai aplikasi yang akan memperingatkan anda apabila ada aplikasi yang mencurigakan, namun aplikasi ini juga dapat memicu false-positives – melaporkan aplikasi yang telah anda gunakan lama sebagai aplikasi malware saat anda tahu aplikasi tersebut baik-baik saja. Dalam kebanyakan kasus, anda dapat mengacuhkan peringatan tersebut.

Baca Juga  Tips Bagiamana Mencegah Agar Maleware Tidak Menginfeksi Komputer
Advertisements

Dan langkah terakhir dari cara menghapus virus di Android jika memang anda memiliki virus di smartphone atau tablet Android anda – dan setelah anda mencoba menghilangkannya dengan berbagai cara termasuk dengan antivirus ternyata masih juga ada, maka solusi dengan jalan factory reset umumnya akan menghapusnya, Namun dengan melakukan hal itu, berarti anda akan kehilangan semua yang ada di ponsel anda.

tags:

aplikasi gta sa androud ada virus iklan
Cara Menghapus Virus dan Malware di Android | guniwan | 4.5