time 5 years yang lalu di topik #Campuran

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Advertisements
Cara Menghitung Berat Badan Ideal – Bentuk tubuh ideal memang menjadi dambaan bagi setiap orang, selain bagus untuk dilihat, memiliki tubuh ideal juga bagus untuk kesehatan karena sudah sesuai dengan yang dianjurkan oleh medik. Dengan mengetahui berat badan ideal anda juga dapat menentukan langkah selanjutnya apa yang harus anda lakukan untuk mencapai berat badan ideal, seperti diet bagi yang kelebihan berat badan dan cara menaikkan berat badan bagi yang memiliki tubuh terlalu kurus.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Nah, jika anda merasa berat tubuh anda kurang ideal, anda harus memastikan apakah berat tubuh anda sudah sesuai dengan ukuran tubuh yang anda miliki. Untuk menilai tubuh ideal, anda jangan berpatokan seperti model iklan ditelevisi, lantaran menurut studi yang dilakukan oleh sekelompok dokter dari Israel menyebutkan bahwa tubuh yang dimiliki model sangat tidak ideal dan tidak patut untuk dicontoh. Untuk itu, kali ini kita akan membahas Cara Menghitung Berat Badan Ideal, berikut caranya:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 1
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) X 90%

Misalkan anda mempunyai tinggi badan 165 cm, untuk mengetahui berat badan ideal anda sebagai berikut:
(165 – 100) x 90% = 58,5 kg. Jadi, berat badan ideal anda 58,5 kg

Advertisements

Untuk cara ini, apabila berat badan lebih besar 10%-20% dari berat badan ideal anda berarti anda memiliki kelebihan berat badan, jika lebih dari 20% dari berat badan ideal anda berarti anda mengalami kegemukan/obesitas, jika berat badan anda kurang 10% dari berat badan ideal anda berarti anda termasuk dalam kategori kurus.

Baca Juga  Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 2
Untuk cara yang ke-2 namanya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT), caranya yaitu:

Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)

Misalkan anda mempunyai berat badan 65 kg dengan tinggi 1,65 m, maka berat badan ideal anda adalah, 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8. Selanjutnya, perhatikan angka dibawah ini:

<17 =  Anda kekurangan BB tingkat berat
17 =  Anda kekurangan BB tingkat ringan
18,4 – 21 =  Normal
21,1 – 27 =  Anda kelebihan BB tingkat ringan
27,1 – 30 = Anda kelebihan BB tingkat sedang
>30 =  Anda kelebihan BB tingkat berat.

Jadi, anda tergolong dalam kategori gemuk karena Indeks Massa Tubuh anda menunjukkan 23,8

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 3
Ini adalah cara paling mudah yang dapat anda lakukan, caranya ukur lingkar pinggang anda menggunakan jengkal. Satu jengkal biasanya sekitar 20 cm, untuk lingkar pinggang wanita tidak boleh 4 jengkal (80 cm), dan untuk pria tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm).

Advertisements

Demikianlah Cara Menghitung Berat Badan Ideal, selanjutnya anda bisa membaca cara Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Cepat dan Aman dan Tips Diet Sehat, Alami dan Cepat bagi anda yang menginginkan lebih ramping, bagi anda yang kekurusan, tak terlalu menjadi masalah tapi jangan sampai terlalu kurus. Bagi anda yang sudah mendapatkan berat badan ideal, tetaplah konsisten menjaga bentuk tubuh anda.

Baca Juga  Cara Mengatasi Rasa Cemburu

tags:

berat badan/tinggi badan dikuadratkan kali 100%, gambar wanita dengan tinggi 160 cm dan berat 65 kilogram
Cara Menghitung Berat Badan Ideal | | 4.5