Cara Mengobati Diare Secara Alami

Advertisements
Cara Mengobati Diare Secara Alami – Diare atau yang disebut juga mencret merupakan penyakit yang lazim terjadi hampir pada setiap orang. Yang paling menyebalkan adalah mengalami diare ketika sedang ada suatu urusan atau pekerjaan, pasti anda akan sangat terganggu dengan hal itu.

Diare

Penyebab diare bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti bakteri dan virus yang menggangu pencernaan, luka dalam sistem perncernaan, alergi, makan makanan pedas ataupun masam, bahkan diare pun bisa diakibatkan oleh kelebihan vitamin C. Untuk gejala diare selain feses yang lembek dan berair, biasanya juga diikuti dengan rasa mual dan muntah. Hal itu terjadi karena sistem pencernaan sedang mengalami gangguan dan tidak berfungsi secara normal.

Untuk ketegorinya, diare dapat terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Diare Biasa, yaitu diera yang terjadi tiba-tiba pada seseorang yang biasanya karena makanan pemicu diare, diare ini berlangsung hanya dalam hitungan hari.
Diare Kronik, yaitu diare yang terus berlangsung lebih dari 2 minggu, hal ini sangat berbahaya karena dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi berkepanjangan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian

Nah, jika anda atau keluarga anda sedang mengalami diare, kali ini admin akan memberika tips untuk mengobati diare dengan menggunakan bahan alami, berikut tipsnya:

Advertisements

Menggunakan Daun Jambu Biji
Ini merupakan resep paling mujarab dan sangat terkenal sejak zaman nenek moyang kita, bahkan ada juga produk obat diare yang menggunakan daun jambu biji. Untuk anda, caranya cukup kunyah 3 pucuk daun jambu biji, lalu telan air kunyahan tersebut. Kunyah hingga daun delima tersebut menjadi ampas yang sudah kering. Sebaiknya konsumsi daun jambu biji 2 kali sehari sampai diarenya benar-benar sembuh.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Jambu Biji Merah
Selain daunnya, buah jambu biji juga berkhasiat untuk mengatasi diare,. rasa dari jambu biji pun juga tak membuat anda mengalami rasa mual. Caranya yaitu dengan membuat jus jambu biji merah, gunakan 2 jambu biji, lalu ambil isi daging buahnya serta buang bijinya, kemudian buatlah jus dengan daging buah jambu biji tersebut.

Banyak Minum Air Putih
Saat mengalami diare, rata-rata penderitanya juga akan mengalami dehidrasi atau kekurang cairan sehingga badan akan terasa sangat lemas. Nah, untuk mengganti cairan yang terbuang sia-sia maka usahakan untuk minum banyak air putih, lebih baik lagi minum air putih hangat agar nyaman di dalam pencernaaan.

Minum Oralit
Selain minum air putih, oralit juga sangat ampuh untuk menghilangkan dehidrasi, cara membuatnya yaitu, 500 mL air putih campurkan dengan ½  sendok teh garam dan 4 sendok teh gula lalu aduk hingga garam dan gula larut. Oralit tersebut siap diminum.

Hindari Makanan Padat
Ketika sedang mengalami diare, hindari makan makanan yang padat karena untuk membantu sistem pencernaan lebih efisien dalam bekerja. Untuk menggantikan makanan padat tersebut, makanlah makanan lunak seperti bubur.

Advertisements

Demikian cara mengobati diare, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

tags:

campuran oralit gula garam
Cara Mengobati Diare Secara Alami | | 4.5