Cara Mengobati Kulit Kapalan Pada Tangan dan Kaki

Advertisements

Cara Mengobati Kulit Kapalan Pada Tangan dan Kaki – Gendruk.com, Apakah anda pernah mengalami bagian kulit tertentu yang menebal dan mengeras? Biasanya sering terjadi pada area telapak tangan, telapak kaki, serta mata kaki. Maka jika jawaban anda adalah “iya”, anda tentu tak asing lagi dengan istilah kapalan. Kapalan sendiri adalah proses menebal dan mengerasnya bagian kulit tertentu karena berbagai alasan. Seperti sering malakukan kerja kasar atau berat, pemakaian sepatu yang terlalu sempit, serta beberapa alasan lain. Kapalan memang bukan termasuk penyakit yang mematikan, tapi sangat tidak nyaman karena dapat mengganggu penampilan. Maka pada artikel blog gendruk kali ini, saya akan mencoba berbagi tentang cara mengobati kulit kapalan pada tangan dan kaki.

Kapalan sendiri memang tidak terasa sakit, bagi penderita tidak merasakan gangguan sakit apapun karena kapalan. Tapi yang lebih terganggu biasanya adalah tingkat kepercayaan diri mereka. Karena kaki kapalan dan juga tangan kapalan akan sangat mengganggu pada segi penampilan. Kapalan biasanya adalah keadaan dimana bagian kulit tertentu seperti mata kaki, telapak tangan, atau telapak kaki mengalami pengerasan dan penebalan. Banyak faktor yang menyebabkan masalah kulit kapalan ini. Misalnya bagi anda yang sering malakukan pekerjaan kasar, atau sering mengendarai motor tanpa mengenakan sarung tangan. Maka biasanya anda akan mengalami kapalan yang bertempat pada area telapak tangan.

Baca Juga  Inilah Tips Cara Mengatasi Kaki Kapalan dan Pecah-pecah

Kegiatan yang mengharuskan anda sering tanpa alas kaki atau berada di kawasan berair juga dapat memicu terjadinya kapalan pada kaki. Atau terjadinya gesekan antara kaki dan sepatu yang terlalu sering juga dapat menjadi salah satu factor terjadinya kapalan. Karena kapalan sendiri terjadi karena stimulasi yang terus menerus, seperti gesekan antara telapak tangan ketika mengendarai motor tanpa sarung tangan, atau gesekan yang terjadi antara sepatu yang anda kenakan dengan telapak kaki anda. Maka dengan mengetahui alasan timbulnya kapalan ini, anda dapat melakukan upaya pencegahan agar tidak mengalami kapalan.

cara mengatasi kaki kapalan

Advertisements

Misalnya jika pekerjaan anda menuntut anda untuk terus berkendara di atas motor, maka usahakan selalu mengenakan sarung tangan. Dan jika pekerjaan anda biasa di perairan, maka usahakan menggunakan sepatu bot atau jangan melakukan kegiatan dengan tanpa alas kaki. Beberapa cara di atas dapat anda coba untuk mengurangi resiko terjadinya kaki kapalan. Lalu, bagaimana cara mengobati kulit kapalan pada tangan dan kaki jika sudah terjadi? Maka untuk mengatasi kapalan pada tangan dan kaki, anda dapat menggunakan salep atau krim yang mengandung asam salisilat dengan dosis tinggi. Oleskan pada area yang terkena kapalan, baik tangan ataupun kaki. Anda dapat melakukan cara ini hingga kulit telapak tangan kapalan dan kapalan pada kaki anda hilang atau hingga waktu 2-4 minggu dengan pemakaian sehari sekali.

Baca Juga  Inilah Tips Cara Mengatasi Kaki Kapalan dan Pecah-pecah

mengatasi tangan kapalan

Dengan cara di atas, maka akan membantu kulit yang mengalami kapalan dapat menipis kembali secara perlahan. Dan dalam beberapa waktu, kulit yang kapalan akan hilang dan kembali normal. Agar hasil yang anda dapat bisa maksimal, maka anda juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat, termasuk dalam memilih menu makanan sehat yang anda konsumsi. Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran yang memiliki fungsi untuk membantu penyembuhan, contohnya seperti sayur kangkung. Maka dengan penggunaan obat yang tepat dan diimbangi dengan menu diet sehat, proses penyembuhan kapalan juga akan semakin cepat. Mungkin hanya info ini saja yang dapat saya sampaikan kali ini. semoga informasi tentang cara mengobati kulit kapalan kaki dan tangan ini, bermanfa’at bagi anda yang memiliki masalah kapalan dan membutuhkan solusi untuk mengatasinya.

Cara Mengobati Kulit Kapalan Pada Tangan dan Kaki | guniwan | 4.5