Cara Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi

Advertisements

Sebelumnya gendruk.com sudah pernah memberikan artikel serupa. Perbedaannya hanya pada terhubung dan tidaknya kabel android via USB. Jika cara pertama, Cara Menjadikan Android Sebagai Modem via USB Tethering mutlak membutuhkan kabel. Maka di cara kedua kita akan menggunakan wireless.

Android sebagai hotspot wifi, sama dengan wifi kebanyakan. Namun disini hp android andalah yang jadi sumber wifinya. Untuk biaya akes, dibebankan pada pulsa yang anda gunakan di hp android anda. Jadi, persiapkan dulu pulsa paket internet anda agar pengeluaran pulsa anda tidak jebol. Rekomendasi, baca : Cara Menghemat Pulsa HP Android Dengan 3G Watchdog.

gambar : myhowto.info

Untuk panduannya, langsung ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk ke menu Settings >> Wireless and Networks >> Tethering and Portable Hotspot.

2. Pilih Configure Wi-Fi Hotspot, anda akan menemukan jendela setting Wi-Fi anda. Previewnya bisa anda lihat pada gambar diatas

Advertisements
  • Network SSID isi dengan nama tampilan Wifi yang akan terdeteksi nanti.
  • Security ada 3 pilihan, WPA PSK dan WPA2 PSK untuk keamanan menggunakan password. Jadi jika anda menggunakan salah satunya, wifi anda hanya akan bisa diakses oleh orang yang mengetahui passwordnya. Untuk None berarti Wifi anda akan menjadi open wifi dan bisa digunakan siapa saja.

Tips : Gunakan WPA2 PSK, selain lebih bagus dalam segi keamanan. Pulsa anda akan lebih awet karena anda gunakan sendiri.

  • Form password : password yang akan digunakan untuk masuk k wifi anda (jika anda mengkatifkan WPA PSK atau WPA2 PSK

3. Setelah konfigurasi selesai, tekan OK.

4. Beri tanda centang pada Portable WiFi Hotspot. Jangan lupa nyalakan internet anda

5. Test di laptop anda, search jaringan Wifi yang tersedia. Jika langkah anda benar maka anda akan menemukan Wifi andoid anda disana.

6. Koneksikan dan anda siap berselancar di dunia maya.

Saat android menjadi modem wifi, android akan lebih cepat panas dan kinerja baterai akan lebih berat. Jadi pastikan anda menutup semua multitasking yang berjalan agar kinerjanya lebih enteng.

Advertisements

Selain itu, jangan lupa perhatikan baterainya. Jangan asal anda jadikan Wifi lalu anda menggunakannya terus sampai baterai habis, perhatikan kesehatan android anda.

Cara Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi | guniwan | 4.5