Cara Mentransfer Data dari PC ke Android tanpa Kabel Data

Advertisements

Cara Mentransfer Data dari PC ke Perangkat Android tanpa Menggunakan Kabel Data by Gendruk dotcom – Saat ini banyak orang telah beralih dari ponsel konvensional ke smartphone. Bisa dibilang 8 dari 10 orang saat ini telah menggunakan smartphone dan 6 dari 10 orang menggunakan smartphone yang bersistem operasi Android. Karena smartphone yang bersistem operasi Android harganya cukup terjangkau daripada smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows Phone dan iOS. Tetapi sayangnya banyak perangkat Android tersebut yang tidak dilengkapi dengan kabel data atau mungkin para pengguna smartphone tersebut tidak sengaja menghilangkannya. Padahal kabel data merupakan alat yang sangat berguna untuk backup data, memindahkan atau mentransfer data-data dari PC ke smartphone Android begitupun sebaliknya.

Memang anda masih bisa memindahkan atau mentransfer data-data tersebut lewat koneksi bluetooth tetapi perlu diingat jika anda mentransfer data lewat koneksi bluetooth membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dibawah ini ada beberapa aplikasi android yang bisa anda gunakan untuk mentransfer data dari PC ke gadget Android ataupun sebaliknya dengan cukup cepat tanpa menggunakan kabel data.

 

transfer data dari pc ke android tanpa kabel data

Software Data Cable

Ini adalah aplikasi gratis yang bisa anda gunakan untuk mentransfer data menggunakan Wi-Fi. Aplikasi ini sangat berguna jika anda ingin mentransfer data dalam jumlah yang besar tanpa harus menggunakan kabel data.

Dropbox

Dengan Dropbox anda dapat membuat data yang tersedia dibanyak perangkat. Disaat data-data yang ada pada Dropbox anda tersedia di perangkat anda maka ada fitur khusus yang dapat mendesain data tersebut sebagai file favorit yang akan menyimpan data tersebut secara lokal dan tersedia offline. Yang perlu anda lakukan adalah install aplikasi Dropbox untuk desktop dan masuk dengan login yang sama.

Advertisements

ES File Explorer

Ini adalah file manager yang bagus untuk perangkat Android anda. File manager ini terdiri dari fungsi pencarian, image viewer dan yang terpenting adalah LAN Browser sehingga anda dapat mentransfer data-data anda dari perangkat Android ke komputer menggunakan Wi-Fi.

Fast File Transfer

Aplikasi ini menggunakan Wi-Fi Tethering untuk membentuk koneksi diantara dua perangkat yang tidak membutuhkan koneksi internet untuk mentransfer data. Aplikasi yang berguna untuk anda jika ingin mentransfer data dalam jumlah besar dengan cepat.

iShare

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengupload, mendownload dan berbagi data di internet. Anda dapat dengan bebas mengirim dan menerima data dari android ke komputer anda.

File Expert

Ini adalah cara yang cukup efektif dan mudah digunakan. File expert adalah powerful Wi-Fi yang memungkinkan anda untuk memindahkan data dengan mudah dari PC ke tablet lewat web interface. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa desktop dan tablet anda ada pada jaringan yang sama. Kemudian fire up File Expert. File Expert menawarkan berbagai fitur layaknya Cloud Storage. Tersedia juga basic file operation seperti copy, paste, rename, move, create dll.

Software Data Cable (Pro)

Untuk menjalankan aplikasi ini tentu saja anda harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu. Anda dapat mendownload aplikasi ini di Google Play Store. Kemudian hubungkan pada jaringan Wi-Fi yang sama pada komputer anda. Setelah itu buka aplikasi ini dan klik “start service”. Copy IP adress yang muncul dan paste ke Widows Explorer. Setelah anda memasukkan IP adress tekan enter untuk melihat folder yang ada pada perangkat android di PC anda. Lalu copy data atau folder yang ingin anda pindahkan dari PC ke perangkat Android anda dan paste ke mobile explorer anda. Namun, sebelumnya pastikan koneksi Wi-Fi anda telah aktif.

Advertisements

Itulah beberapa cara alternatif yang dapat anda lakukan bila ingin Mentransfer Data dari PC ke Android tanpa Kabel Data secara praktis tanpa menggunakan kabel data. Meskipun ada beberapa aplikasi yang cara penggunaanya lumayan rumit, namun dengan cara-cara seperti di atas maka anda dapat mentransfer data yang berukuran besar dengan lebih cepat bila dibandingkan mentransfernya dengan menggunakan bluetooth. Jadi, anda tak perlu khawatir dan bingung lagi bila kabel data yang anda miliki hilang, sebab ada cukup banyak cara alternatif yang dapat anda lakukan untuk dapat mentransfer data.

Cara Mentransfer Data dari PC ke Android tanpa Kabel Data | guniwan | 4.5