Cara Upgrade Ubuntu 12.04 LTS ke Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal

Advertisements

gendruk.com – Bulan Oktober ini, Ubuntu 12.10 dengan kode nama Quantal Quaetzal telah mencapai versi final dan sudah dirilis secara resmi. Bagi yang ingin upgrade, Teknologi Terbaru akan menyediakan tutorialnya secara mendetail.

Ubuntu yang kami jadikan percontohan disini adalah ubuntu 12.04 precise pangolin, namun cara ini berlaku untuk ubuntu semua versi dibelakang Precise Pangolin juga. Cara yang kami sediakan ada 2, yaitu upgrade ubuntu 12.10 melalui GUI dan upgrade ubuntu 12.10 melalui terminal.

Anda bisa memilih sesuka hati anda, jika ingin lebih mudah silahkan pakai yang GUI dan jika ingin membiasakan memakai mode konsol silahkan pakai cara versi terminal. Ohya, pastikan juga anda terhubung dengan koneksi internet yang kuat dan stabil. Hal ini dikarenakan dalam proses upgrade kita akan mendownload file berukuran hampir 700 MB (sesuai dengan ukuran .iso installer ubuntu).

1. Cara Upgrade Ubuntu 12.04 ke 12.10 Melalui GUI
Upgrade melalui GUI berarti menggunakan antarmuka pengguna secara langsung. Cara ini dirasa mudah dan direkomendasikan untuk pengguna awal.

1. Buka aplikasi update manager, jika kesulitan cari saja Update Manager via Dash. Setelah ditemukan, buka Update Manager.

2. Klik Settings pada bagian bawah Update Manager, maka jendela konfigurasi update manager akan terbuka.

3. Buka Tab Updates, lihat pada setting yang terletak pada bagian paling bawah : Notify me of a new ubuntu version >> pilih For any new version. Setelah itu, klik tombol close

4.Saat kembali ke halaman muka Update Manager, anda akan menemukan button untuk upgrade ke ubuntu 12.10 Quantal Quetzal. Selanjutnya, anda tinggal menunggu proses upgrade sampai selesai.

Advertisements

 

2. Cara Upgrade Ubuntu 12.04 LTS ke 12.10 Melalui Terminal

Jika posisi anda berada pada Ubuntu LTS (Long Term Support), versi berapapun itu. Secara default anda takkan bisa upgrade ke versi terbaru secara langsung. Untuk itu, anda butuh untuk mengedit file release upgrades yang berupa file text.

Ikuti panduannya dibawah ini:

1.Buka terminal, kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstall update-manager-core versi terbaru. Namun jika anda sudah berada pada update-manager-core versi terbaru, anda bisa langsung melangkah ke langkah kedua.

sudo apt-get install update-manager-core

2. Eksekusi perintah dibawah ini:

sudo gedit/etc/update-manager/release-upgrades

Nanti akan muncul file txt dengan nama release-upgrades. Cari “Prompt=lts” kemudian ganti dengan “Prompt=normal” (tanpa tanda petik).

3. Eksekusi command dibawah ini:

sudo apt-get update
sudo do-release-upgrade -d

Fungsi dari perintah sudo do-release-upgrade -d adalah untuk mengecek ubuntu versi terbaru yang tersedia via terminal (dalam proses ini adalah Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal).

4. Terakhir, eksekusi perintah berikut untuk melakukkan upgrade :

sudo apt-get dist upgrade -d

5. Tunggu sampai proses upgrade selesai, dan anda setelah selesai anda siap menggunakan Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal.

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal telah sampai pada rilis final dan telah muncul lagi versi terbaru Ubuntu yang saat ini baru dalam peluncuran nama dan versi alpha 1 nya yaitu Ubuntu 13.04 Raring Ringtail. Info selengkapnya mohon tunggu di artikel berikutnya.

Advertisements

via noobslab

Cara Upgrade Ubuntu 12.04 LTS ke Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal | guniwan | 4.5