Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan

Advertisements

Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan.Bagi orang awam mungkin tidak begitu paham tentang istilah hamil diluar kandungan. Hamil diluar kandungan atau disebut juga kehamilan ektopik merupakan kondisi kehamilan yang tidak terjadi di rahim. Umumnya kehamilan ini terjadi di ovarium (tempat produksi sel telur), saluran tuba atau serviks (leher rahim). Janin diluar kandungan ini biasanya hanya mampu bertahan pada trimester pertama. Bagaimana ciri-ciri hamil diluar kandungan dan apa penyebabnya?

ciri ciri hamil diluar kandungan

 

Pendarahan
Pada kasus hamil diluar kandungan, pembuahan yang merupakan hasil pertemuan antara sperma dan sel telur, tidak mampu mencapai rongga rahim dan akhirnya menetap di saluran telur. Tidak ada tanda-tanda khusus ketika seseorang mengalami hamil diluar kandungan. Pada awalnya semua berjalan normal seperti kehamilan biasa yang ditandai dengan terlambat menstruasi, morning sickness dan mual-mual. Namun pada fase berikutnya hamil diluar kandungan bisa dideteksi dengan tanda-tanda rasa nyeri yang hebat pada perut bagian bawah. Hal tersebut biasanya diikuti dengan pendarahan pada mis-vi. Pendarahan ini terjadi akibat pecahnya saluran telur.

Advertisements

Saat embrio berada di saluran telur, ia akan berkembang sehingga saluran telur megalami pembesaran. Semakin lama kondisi saluran telur melemah dan pecah ditandai dengan pendarahan. Janin yang berada diluar kandungan umumnya hanya bisa bertahan 5-10 minggu, sebelum akhirnya tidak bisa diselamatkan. Kondisi tersebut biasanya sering disebut keguguran.

Baca Juga  Tips Bibir Sehat Alami

Penyebab Hamil Diluar Kandungan

ciri-ciri hamil di luar kandungan

Hamil diluar kandungan umumnya disebabkan adanya infeksi di daerah panggul, atau bisa juga karena rusaknya sistem di saluran telur sehingga embrio tidak mampu mencapai rongga rahim. Pada beberapa kasus, hamil diluar kandungan disebabkan adanya kelainan hormon pada saluran telur sehingga proses perjalanan embrio tidak lancar.

Pengobatan
Untuk pengobatan hamil diluar kandungan harus dengan cara operasi. Biasanya dilakukan pengangkatan saluran telur yang pecah kemudian dibersihkan sampai tak ada lagi jaringan yang tertinggal.

Pengangkatan ini harus melihat kondisi saluran telur itu sendiri. Dengan kata lain, wanita masih memiliki kemungkinan untuk hamil lagi secara normal jika hanya salah satu saluran telur saja yang diangkat.

Advertisements

Namun jika hamil diluar kandungan ini mengakibatkan saluran telur diangkat keduanya, maka dipastikan wanita tersebut menjadi infertile atau sudah tidak mungkin bisa hamil lagi. Semoga artikel ciri ciri hamil di luar kandungan ini dapat menjawab pertanyaan anda.

Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan | caraku | 4.5