time 5 years yang lalu di topik #Berita IT

Google Rayakan Ulang Tahun Ke-14 dengan Doodle Kue Coklat 14 Lilin

Advertisements

Google Ulang tahun Hari ini  (27/9), Raksasa mesin pencari Google berulang tahun, kali ini mbah Google, sebutan lain dari Google, mengeluarkan Doodle khusus untuk ulang tahunnya.


Doodle yang bergambarkan kue coklat dengan 14 lilin warna-warni di atasnya. Kue itu kemudian terselimuti warna-warna yang membentuk tulisan Google. Sedangkan 14 lilin yang di atasnya bergerak turun dan membentuk hitungan angka 14.

Tapi, apa iya Google lahir tanggal 27 September? Ternyata Google tidak lahir pada 27 September tetapi pada 4 September tahun 1998. Pertanyaannya kenapa Google mengambil tanggal tersebut sebagai ulang tahun mereka?

Sedikit kembali ke masa lalu, Google pertama kali didirikan oleh dua orang mahasiswa Stanford Univercity yang bernama Larry Page dan Sergey Brin, pada tanggal 4 September 1998. Kemudian pada tanggal 7 September 1998 Google resmi menjadi korporasi, dan mulai melakukan penjualan saham publik pada tanggal 19 Agustus 2004.

Advertisements

Dikutip dari detikinet, Google mulai menetapkan tanggal 27 September sebagai ulang tahun mereka sejak tahun 2005, tanggal ini diambil untuk mengenang rekor jumlah halaman web yang berhasil diindeks oleh mesin pencari mereka.

Memulai debut sebagai mencari pencari, dan berhasil ternyata Google tidak puas, mereka mencoba untuk menghadirkan layanan lain, dan sukses menghadirkan layanan surat elektronik Gmail dan situs video sharing Youtube.

Baca Juga  Google Merilis Aplikasi Field Trip untuk iOS

Kesuksesan tersebut tidak cukup membuat Google puas, sayap pun mulai dikembangkan lebih jauh lagi, Google mencoba untuk terjun ke dunia perangkat bergerak dan sukses pun berpihak ke mereka, ditandai dengan sistem operasi Android merajai pasar smartphone.

Untuk menguatkan akar di pasar smartphone, Google mengakuisisi vendor ponsel, Motorola Mobility. Dari pembelian tersebut banyak yang menduga Google tidak berniat untuk membuat smartphone tetapi hanya ingin menguasai hak paten dari Motorola.

Advertisements

14 Tahun sudah Google berkarya, akankah Google akan terus menjadi perusahaan raksasa dunia ataukah roda waktu yang akan menghentikannya, seperti rival-rival mereka, kita lihat saja bersama. Selamat ulang tahun, Google!

tags:

doodle Kue, doodle ulang tahun, lilin ulang tahun angka 14, dudel ulang tahun
Google Rayakan Ulang Tahun Ke-14 dengan Doodle Kue Coklat 14 Lilin | guniwan | 4.5