Harga Hp Sony Xperia E4 Dual – Hp Android Berkualitas yang Layak Anda Miliki

Advertisements

Spesifikasi dan Harga Hp Sony Xperia E4 Dual Copyright to Gendruk.com – Pasar Hp Android pada kisaran harga 2 jutaan rupiah di Indonesia saat ini memang sangat ketat. Khususnya vendor kecil yang berani menghadirkan spesifikasi tinggi pada ponselnya seperti halnya Xiaomi, Asus, Lenovo, serta beberapa merk lokal lainnya. Oleh karena itu, tidak lah heran jika hal tersebut menjadi ancaman besar bagi ponsel keluaran vendor besar seperti halnya Smartphone Sony Xperia E4 Dual.

Sony Xperia E4 Dual punya Desain Standar

Hp Xperia E4 dari Sony ini menghadirkan garis desain yang tidak seperti ponsel jagoan Sony lainnya seperti seri Xperia Z. Pada Xperia Z dan juga penerusnya mempunyai garis desain yang kaku, sementara Xperia E4 tampak lebih luwes dengan sudut melengkung pada tepi bodinya. Bingkai atas dan bawah layar juga cukup sempit, sehingga layarnya memiliki kesan yang lebih besar. Ciri khas Sony terletak pada tombol daya yang dimilikinya. Tombol daya tersebut menganut desain ‘Omni-Balance’. Tombol volume ditempatkan pada bawah tombol daya sehingga keduanya akan terasa empuk saat ditekan.

Finishing Hp Sony Xperia E4 Dual secara keseluruhan cukup presisi. Namun, impresi pada saat mememegang ponsel ini agak terasa kurang memuaskan. Pemicunya adalah penggunaan material plastik dengan finishing matte di tutup belakang Sony Xperia E4 Dual. Bahannya yang berasal dari plastik membuat handphone Sony Xperia E4 Dual terkesan ringkih. Permukaan layarnya juga dirasa kurang nyaman saat digunakan. Hal tersebut tentunya wajib menjadi perhatian Sony. Karena pada tingkatan harga yang serupa, banyak ponsel lainnya justru mempunyai kualitas material lebih baik.

Penutup belakang serta bingkai pada bagian sampingnya menjadi satu, dan dapat dilepas apabila Anda ingin memasukkan dua kartu SIM dan juga micro SD. Penutupnya pun dapat dibuka dengan mudah. Namun, baterai Sony Xperia E4 Dual tidak dapat diganti karena telah tertanam di balik bingkai belakangnya.

Layar qHD 5 inci: Kurang Tajam

Meski Sony Xperia E4 Dual menghadirkan layar yang tergolong besar, 5 inci, namun resolusi layarnya hanya qHD saja atau 960 x 540 piksel. Sehingga tidak lah heran jika layarnya terasa kurang tajam, karena kepadatannya yang hanya 220 piksel per inci (ppi) saja. Sebagai perbandingan, resolusi HD 1280 x 720 piksel pada bidang layar 5 inci pada beberapa pesaing Xperia E4 di kisaran harga serupa justru menghasilkan kepadatan layar yang cukup jauh yaitu 294 ppi..

Teknologi IPS yang ditawarkan Sony Xperia E4 Dual membuat layarnya tergolong bagus. Layarnya masih terlihat dengan jelas tanpa adanya pengurangan tingkat kontras meski dilihat dari sudut pandang yang sempit. Warna yang ditampilkan juga nyaman dipandang. Warna yang dihasilkannya lebih menyala dengan disertai tingkat kontras dan saturasi yang pas.

Antarmuka Xperia rasa KitKat

Sony Xperia E4 Dual menggunakan Android 4.4.4 KitKat yang membuat antarmukanya tidak mempunyai perbedaan yang berarti dengan ponsel tipe serupa. Lock screen mempunyai akses cepat untuk menjalankan aplikasi kamera. Homescreen menghadirkan panel yang terdiri dari 4 x 4 ikon aplikasi serta 4 buah ikon tetap pada sisi bawahnya. Anda juga dapat menambahkan widget pada Homescreen. Menu utamanya terdiri dari 4 x 5 ikon aplikasi yang dapat disusun sesuai alfabetik, paling sering digunakan, atau terbaru dipasang. Anda juga dapat melakukan uninstall sebuah aplikasi secara langsung pada halaman pengaturan menu utama.

Tirai notifikasi mempunyai dua jendela, yaitu untuk notifikasi dan Quick Settings yang memiliki beragam pengaturan cepat seperti halnya Settings, Bluetooth, Wi-fi, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih urutannya maupun mematikan Quick Setting tertentu. Jika Anda merasa bosan dengan antarmuka biru bawaan Sony, maka Anda dapat mengganti Themes ke warna yang diinginkan. Dengan demikian, wallpaper akan berganti secara otomatis dan aksen warnanya juga berubah.

Meski tergolong ponsel kelas menengah, Sony Xperia E4 Dual memiliki fitur Small Apps, yang merupakan aplikasi dengan ukuran kecil untuk kalkulator, browser, dan lain sebagainya. Small Apps juga dapat digunakan bersama dengan aplikasi yang lainnya. Anda hanya perlu menekan tombol Recent Apps pada layar. Setelah itu, opsi untuk Small Apps akan ditampilkan. Anda dapat memindahkan letaknya maupun mengganti ukuran dari setiap Small Apps ini. Fitur ini cukup banyak membantu, karena dapat memaksimalkan layar besar pada Sony Xperia E4 Dual.

Sony Xperia E4 Dual

Performa

Advertisements

Pendahulunya yaitu Xperia E3 menggunakan prosesor Snapdragon 400 empat inti 1,2GHz, sementara Sony Xperia E4 Dual memanfaatkan prosesor empat inti dengan clock yang lebih tinggi yaitu 1,3GHz. Namun, prosesor yang digunakan Sony Xperia E4 Dual adalah MediaTek MT6582. Prosesor tersebut dikombinasikan dengan pengolah grafik Mali 400MP2 serta memori RAM sebesar 1GB. Memang sedikit berbeda dengan E3, namun Sony Xperia E4 Dual tetap menjanjikan performa yang lebih bagus.

Performa Sony Xperia E4 Dual termasuk handal pada penggunaan normal. Sony Xperia E4 Dual dapat menjalankan game Temple Run 2 dengan cukup lancar. Lain halnya saat menggunakan Sony Xperia E4 Dual untuk menjalankan aplikasi yang terlalu banyak. Sony Xperia E4 Dual akan mengalami lag, mengingat RAM yang dibawanya hanya sebesar 1GB. Namun, semua hal tersebut masih dalam batas normal.

Berdasarkan hasil pengujian benchmark Antutu, Sony Xperia E4 Dual memperoleh angka 18622 poin. Sedangkan dari Quadrant Standard mendapatkan angka 8702 poin. Benchmark pengolahan grafik NenaMark 2 memberi Sony Xperia E4 Dual dengan angka yang cukup tinggi yaitu 58.0 frame per detik. Sementara untuk multitouch, Sony Xperia E4 Dual dapat menerima hingga 5 sentuhan sekaligus. Sehingga secara keseluruhan, performa Sony Xperia E4 Dual termasuk cukup baik.

Kamera 5 Megapiksel

Dengan kelas harga serupa, Anda tentunya akan mengharapkan smartphone dengan kamera sebesar 8 megapiksel. Namun Sony Xperia E4 Dual hanya menghadirkan kamera utama sebesar 5 megapiksel saja. Meski demikian, fitur kamera pada Sony Xperia E4 Dual termasuk lengkap untuk sebuah ponsel kelas menengah.

Sony Xperia E4 Dual pun menyediakan fitur lucu – lucuan seperti halnya AR Effect untuk menambahkan efek obyek lainnya pada hasil kamera, misalnya saja dinosaurus, ikan, dan lain sebagainya serta Creative Effect juga ada. Tidak hanya itu, Sony Xperia E4 Dual juga menawarkan fitur yang berguna yaitu TimeShift Burst. Fitur ini dapat mengambil gambar dari sebelum dan setelah melakukan pemotretan. Selain itu, ada fitur Sosial Live dan juga Live on Youtube yang dapat memungkinkan Anda untuk membuat siaran langsung di Youtube.

Berbagai fitur standar seperti halnya pengaturan kontras, mode HDR, Smile Shutter, saturasi, pemilihan tingkat ISO, dan resolusi foto juga tersedia. Antarmuka kamera Sony Xperia E4 Dual seperti pada bawaan Xperia Z series yang mudah untuk digunakan. Untuk menyelaksi scene yang ada, Anda hanya perlu memilihnya saja. Pilihan yang tersedian juga cukup lengkap seperti mode Pet atau Fireworks.

Sony Xperia E4 Dual menghasil foto yang cenderung tidak tajam atau soft, dengan reproduksi warna agak memudar. Hasil foto ISO rendah di luar ruangan sekalipun terlihat seperti mempunyai efek lukisan cat air. Hal tersebut menandakan bahwa noise reduction yang dilakukannya tergolong cukup agresif. Terlebih pada kondisi dalam ruangan. Namun, performanya yang lambat membuat Sony Xperia E4 Dual cukup sering mengalami shutter lag yang cukup mengganggu.

Kekuatan Baterai

Sayangnya Sony telah memangkas baterai 2320 mAh di Xperia E3-nya menjadi 2300 mAh pada Sony Xperia E4 Dual. Pengurangannya memang sangat kecil, namun dengan layar dengan yang lebih besar, daya yang dibutuhkannya otomatis lebih banyak. Dengan demikian, Sony Xperia E4 Dual hanya dapat bertahan 1 hari pada kondisi pemakaian normal seperti chatting, browsing, menggunakan kamera, atau bermain game sederhana. Saat berada pada kondisi kritis, Anda masih dapat menggunakan mode Stamina yang memungkinkan untuk melakukan penghematan daya yang terbuang pada saat layar mati atau terkunci.

Kesimpulan

Saat pesaingnya menggunakan momen kepopuleran Android dengan menghadirkan perangkat terjangkau dan spesifikasi lebih baik jika dibandingkan pendahulunya, Sony Xperia E4 Dual justru masih hadir dengan spesifikasi yang sangat mirip dengan Xperia E3. Bagi Anda yang sedang mencari hp Android berkualitas bermerek terkenal, maka Sony Xperia E4 Dual dapat menjadi pertimbangan.

Kelebihan Sony Xperia E4 Dual

  1. Slot Dual SIM.
  2. Kualitas tampilan layar baik.
  3. Performa lumayan.

Kekurangan Sony Xperia E4 Dual

  1. Material bodi terasa murah.
  2. Layar kurang tajam.
  3. Baterai standar.
  4. Harga kurang kompetitif.

Spesifikasi Sony Xperia E4 Dual

Harga Sony Xperia E4 Dual

Kamera    : Belakang 5 megapiksel dengan autofokus dan LED flash, depan 2MP

GPU        : Mali 400MP2

Layar       : 5 inci qHD (960 x 540 pixel)

RAM        : 1GB

Prosesor  : Mediatek MT6582 empat inti 1,3 GHz

Memori    : Internal 8 Gyga Byte, slot micro SD

Koneksi    : GSM, HSPA, Wi-Fi, Bluetooth 4.0

Advertisements

Baterai     : 2300 mAh

Harga Hp Sony Xperia E4 Dual – Hp Android Berkualitas yang Layak Anda Miliki | guniwan | 4.5