Hp Nokia Lumia 930, Harga, Spesifikasi dan Fitur-fiturnya

Advertisements

Hp Nokia Lumia 930, Harga, Spesifikasi dan Fitur-fiturnya – Gendruk.com, Meski namanya akan hilang dari pasaran vendor smartphone, namun Nokia tetap meluncurkan smartphone, bahkan untuk kelas atas, seperti halnya Lumia 930 yang dibanderol dengan harga resminya yaitu Rp. 7 juta-an. Dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1, penerus Lumia 920 ini telah dibekali dengan spesifikasi yang sangat kompetitif bahkan jika dibandingkan dengan smartphone Android kelas atas lainnya. Nokia membekali Lumia 930 dengan layar berukuran 5 inci Full HD 1920 x 1080 piksel, prosesor empat inti yang menggunakan clock 2,2GHz, RAM 2GB, storage internal 32GB, serta kamera 20 megapiksel yang mengusung nama besar PureView.

Desain dan Kualitas Layar Nokia Lumia 930

Saat pertama melihat Lumia 930, ponsel ini memberikan kesan yang begitu elegan. Jika dilihat dari segi desain, Lumia 930 memang masih bertahan dengan ciri khas desain ponsel kelas atas seperti halnya Lumia 920 dan Lumia 1020. Misalnya saja, penampang layar yang tidak rata dan cenderung cembung pada bagian sisi terluarnya. Kesamaan yang lainnya terletak pada desain monoblok sederhana yang minimalis, seperti halnya sebatang coklat hitam yang mahal. Material bingkainya terbuat dari logam yang dapat memberikan rasa mewah bagi pemiliknya.

Tutup bagian belakangnya terbuat dari bahan plastik polikarbonat. Bahan tersebut membuat Lumia 930 kesat dan tidak licin saat digenggam. Meski terasa agak kaku, namun Lumia 930 tetap nyaman dalam genggaman karena tutup belakangnya yang mampu mengikuti lengkungan genggaman tangan manusia. Lumia 930 mempunyai ukuran yang termasuk cukup besar untuk smartphone dengan layar 5 inci. Namun, efisiensi rasio ukuran layar terhadap bodinya sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Lumia 1020. Meski layar Lumia 930 (5 inci) jauh lebih besar dari 1020 (4,5 inci), namun dimensinya tidak begitu berbeda.

Nokia menyematkan layar OLED 5 inci resolusi 1920 x 1080 piksel yang dibekali dengan teknologi ClearBlack. Karakteristik layar OLED adalah warna hitam yang sangat bersih. Setiap piksel yang memiliki warna hitam akan dimatikan sehingga dayanya dapat lebih irit dan mempunyai tingkat rasio kontras tanpa batas. Sementara kekurangan layar OLED yaitu kurang natural dengan tingkat saturasi yang berlebihan. Hal tersebut tentunya menjadi penting apabila Anda memilih Lumia 930 karena fitur kameranya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena profil warna dapat diubah di menu Settings < Display < Color Profile. Terdapat tiga variabel yang dapat diatur, yaitu temperatur warna, tint, dan juga saturasi warna.

Sama halnya dengan Lumia kelas atas yang sebelumnya, layar Lumia 930 juga sangat responsif. Bahan penampang pada layar Lumia 930 terasa sangat smooth dan juga halus, serta mempunyai lapisan oleofobik yang dapat bekerja dengan baik, sehingga layarnya tidak mudah kotor saat terkena keringat pada jari Anda.

Fitur dan Antar Muka Hp Nokia Lumia 930

Nokia Lumia 930

Semua ponsel Windows Phone mempunyai antar muka yang cenderung sama. Lumia 930 telah menggunakan versi WP 8.1 sehingga Live Tile-nya dapat menggunakan ukuran kecil yang membuat layarnya mampu menampilkan lebih banyak Tile. Belum lagi layar Full HD 1080p dengan ukuran 5 inci (441 piksel per inci) yang dimilikinya membuat tampilan Lumia 930 menjadi tampak penuh namun tetap menarik. Secara keseluruhan Lumia 930 mudah untuk digunakan, namun bagi pengguna lama platform Android atau iOS mungkin perlu beradaptasi terlebih dulu. Khususnya dengan urutan menu pada Setting yang tidak urut alfabet dan cenderung tidak sambung menyambung.

Dengan mengadopsi fitur yang terdapat pada platform Android, Notification Center saat ini telah menghadirkan beragam pengaturan cepat (Quick Action) untuk mengaktifkan Bluetooth, Wi-Fi, Airplane Mode, serta Project (memproyeksikan layar ke TV Anda). Empat fungsi tersebut dapat diubah dengan fungsi lainnya yang lebih dibutuhkan meski hanya terbatas dalam jumlah 4 buah saja. Tidak hanya notifikasi dan Quick Action, Notification Center juga menghadirkan indikator kapasitas baterai yang masih tersisa. Fitur lainnya yang dimiliki Lumia 930 juga terbilang cukup lengkap dan tidak kalah dengan ponsel Android lain di kelasnya. Tidak hanya aplikasi fotografi yang mumpuni, Lumia 930 juga menyediakan aplikasi Health and Fitness, Office, Mix Radio, One Drive, One Note, hingga aplikasi Data Sense yang digunakan untuk mengawasi kegiatan Internet sehingga tidak melebihi kuota. Fitur yang paling khas dari Windows Phone adalah Here Maps. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh peta Indonesia sehingga kegiatan navigasi pada peta bisa dilakukan tanpa adanya koneksi Internet atau offline.

Salah satu hal yang unik dari Windows Phone 8.1 terdapat pada kemungkinan vendor dalam membuat ponsel tanpa adanya tombol fisik atau kapasitif yang biasa berada pada bawah layar. Namun, Lumia 930 masih menghadirkan tombol Back, Menu/Home berbentuk logo Windows, serta Search. Lumia 930 juga cukup bersahabat dan akurat saat digunakan untuk pengetikan. Ukuran layarnya yang cukup besar membuat kegiatan mengetik menggunakan satu tangan menjadi tantangan tersendiri bagi penggunanya.

Performa Hp Nokia Lumia 930

Windows Phone memang terkenal atas performanya yang mulus, bahkan pada perangkat kelas bawah sekalipun. Sebagai ponsel kelas atas, Lumia 930 tentunya dituntut akan performa yang tinggi. Jika dilihat dari sisi spesifikasi, Lumia 930 saat ini termasuk ke dalam kategori Windows Phone dengan spek yang peling tinggi. Lumia 930 telah dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon 800 berkecepatan 2,2GHz serta RAM 2GB. Saat diuji, seluruh aplikasi mampu dijalankan Lumia 930 dengan mulus. Salah satu dampak yang paling jelas terlihat adalah saat digunakan untuk memotret. Performa serta kecepatan Lumia 930 dalam memotret memang jauh lebih baik dari Lumia 1020, meski berkas foto yang dihasilkannya tidak sebesar pada Lumia 1020 yang dapat mencapai hingga 41 megapiksel.

Advertisements

Berdasarkan pengujian hasil benchmark Antutu, Lumia 930 memperoleh skor sebesar 25924 poin. Bagi Anda yang hobi bermain game, maka Lumia 930 dapat menjalankan game kelas berat seperti halnya Asphalt 8 dengan sangat mulus dan lancar. Batere Lumia 930 yang berkapasitas 2420mAh termasuk kecil untuk ponsel dengan spesifikasi seperti tersebut. Oleh karena itu, tidak lah heran jika Lumia 930 tidak mampu bertahan hingga seharian, meski dalam penggunaan yang wajar.

Hasil Foto

Fitur utama pada Lumia 930 adalah kamera yang dimilikinya. Kamera Lumia 930 sangat menjanjikan karena embel – embel PureView yang digunakannya dengan mengandalkan lensa Zeiss serta resolusi sebesar 20 megapiksel. Sensornya mempunyai fisik 1/2.5 inci (0,4 inci) yang termasuk cukup besar jika dibandingkan dengan smartphone kelas atas lainnya yang hanya mempunyai sensor dengan ukuran 1/3 inci [0,33 inci]. Akan tetapi, masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Lumia 1020 yang memiliki sensor fisik sebesar 1 / 1.5 inci (0,66 inci). Bukaan lensanya juga tidak terlalu besar yaitu f/2.4 saja. Hal yang paling penting pada Lumia 930 adalah kehadiran Optical Image Stabilization yang dapat membuat hasil fotonya tetap tajam meski tangan mengalami sedikit goyangan pada saat memotret.

Lumia 930 menghadirkan dua aplikasi kamera bawaan yaitu Camera yang merupakan bawaan dari Windows Phone dan Nokia Camera (bawaan Nokia). Hal yang menjadi perbedaan adalah Camera lebih sederhana dan cocok bagi pengguna pemula. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat menjumpai beragam pilihan Scenes (night, closeup, sport, backlight), mode pemotretan berkesinambungan (burst mode), White Balance, ISO, serta aspek rasio. Sedangkan aplikasi Nokia Camera lebih diperuntukan bagi pengguna yang memiliki pengetahuan fotografi dengan lebih baik. Kelebihan Nokia Camera terdapat pada pilihan konfigurasi yang cukup ekstensif, mulai dari Manual Focus, White Balance, Shutter Speed, ISO, dan juga tingkat EV (Exposure Value).

Kamera Lumia 930 mampu menghasilkan foto yang tergolong bagus, meski tidak sebagus Lumia 1020 yang juga mengusung nama PureView. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa hasil foto Lumia 930 masih lebih baik jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone lainnya. Terlebih telah adanya mode manual yang biasanya ditemukan pada kamera mirrorless ataupun DSLR. Dengan menggunakan pengaturan manual, Anda dapat menuangkan kreativitas yang lebih banyak. Misalnya saja, membuat foto cahaya bergerak dengan menggunakan waktu eksposure yang panjang hingga 4 detik maupun mengambil foto menggunakan kecepatan 1/4000 detik dan lain sebagainya. Belum lagi kemampuannya dalam menyimpan format RAW (file yang dihasilkan memiliki ekstensi .DNG). Lumia 930 akan memberikan hasil foto dengan fleksibilitas yang lebih saat Anda mengolahnya melalui komputer. Format RAW dapat memungkinkan Anda untuk mengatur parameter ketajaman, white balance, dynamic range, kecerahan, serta kontras yang lebih luas jika dibandingkan dengan format .JPG yang telah terkompresi.

Performa kamera Lumia 930 juga jauh mengungguli Lumia 1020. Keunggulannya terletak pada jeda saat menyimpan file yang membuat Anda dapat mengambil foto ketika terjadi jeda. Dengan Lumia 930, Anda dapat memotret secara terus menerus dengan menahan tombol shutter meski tidak secepat pada ponsel Android kelas atas lainnya. Secara default, aplikasi Nokia Camera memiliki fitur Living Images yang dapat membuat kamera melakukan perekaman sesaat sebelum tombol shutter ditekan. Dengan demikian, Anda dapat membuat galeri foto menjadi galeri foto bergerak.

Kesimpulan

Bagi pecinta Hp Nokia maupun Windows Phone, Lumia 930 tentunya akan menjadi ponsel yang sangat menarik bagi Anda. Pengguna platform lainnya yang ingin berganti smartphone, Anda tentu saja akan tertarik untukn mencicipi Lumia 930. Ekosistem WP sendiri saat ini telah semakin baik, meski kualitas beberapa aplikasi populer seperti halnya Facebook, Path, BBM, dan Instagram belum sebaik pada Android ataupun iOS. Namun, hal tersebut tentunya akan segera diperbaiki untuk ke depannya.

Bagi pecinta fotografi ponsel, embel – embel PureView di Lumia 930 tentunya membuat Anda semakin penasaran. Meski secara Image Quality (IQ) masih berada di bawah Lumia 1020, namun lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone Android dan iOS kebanyakan. Terlebih tersedia mode manual dan penyimpanan format RAW yang membuat kreativitas Anda semakin meningkat. Harga resminya yang dibanderol Rp. 7,2 juta membuat Nokia Lumia 930 sangat disarankan bagi Anda yang memerlukan smartphone kelas atas dengan desain keren, performa baik, serta kamera canggih.

Kelebihan Smartphone Nokia Lumia 930

  1. Kamera PureView 20 megapiksel dengan OIS.
  2. Pengaturan manual pada kamera dan penyimpanan format RAW.
  3. Hardware sangat mumpuni.
  4. Layar OLED berkualitas tinggi.
  5. Build Quality dan Finishing berkelas.
  6. Storage internal 32GB.

Kekurangan Nokia Lumia 930

  1. Tidak punya slot penyimpanan eksternal.
  2. Belum bisa rekam video 4K (meski hardware sudah memungkinkan).
  3. Kualitas aplikasi WP belum sebagus Android atau iOS.

Spesifikasi Nokia Lumia 930

spesifikasi hp Nokia Lumia 930

Layar       : 5 inci HD (1920 x 1080 pixel)

Prosesor  : Qualcomm Snapdragon 800 2,2 GHz

GPU        : Adreno 330

Memori    : Internal 32 Gyga Byte

RAM        : 2 GB

Kamera    : Belakang 20 megapixel, Depan 1,3 megapixel

Koneksi    : HSDPA , Bluetooth 4.0, HSUPA, Wi-Fi,

Baterai     : 2420 mAh

Dimensi   : 137 x 71 x 9.8 mm

Bobot       : 167 gram

Hp Nokia Lumia 930, Harga, Spesifikasi dan Fitur-fiturnya | guniwan | 4.5