Inilah 5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang

Advertisements

Inilah 5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang  - Sebagai sebuah OS yang menggunakan bahasa pemrograman Linux, Android juga tidak terlepas dari ancaman malware dan virus. Semakin berkembangnya OS Android virus yang menyerang operasi system yang di buatan Google, sekarang ini juga semakin banyak variasinya. Sebuah perusahaan antivirus mengeluarkan aplikasi antivirus untuk platform Android, Sophos, dengan sebuah penemuan tentang  virus dan malware Android.

Sophos telah mengumpulkan semua data yang telah mereka peroleh dari aplikasi produk antivirus mereka yang terpasang pada perangkat Android di 118 negara di dunia. Dari hasil penggumpulan data yang masuk tersebut Sophos mengungkapkan 5 jenis malware berbahaya yang paling banyak menyerang perangkat Android di 118 negara tersebut. Apa saja kelima macam virus/malware itu? Berikut Inilah 5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang :

1. Andr/PJApps-C.

Virus pertama yang berbahaya adalah Andr/PJApps-C, virus ini termasuk kedalam golongan Trojan. Cara penanganannya ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi yang terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di crack atau di periksa menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya.

2. Andr/BBridge-A.

Virus selanjutnya adalah Andr/BBridge-A, virus ini termasuk kedalam golongan Trojan. Bisa Juga dikenal dengan BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk masuk kedalam sistem dan setelah itu menginstall aplikasi berbahaya masuk kedalam perangkat Android. Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan setelah itu mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya. Bahayanya lagi saat malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan menb ersihkan SMS yang masuk dan menghilangkan informasi bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.

Baca Juga  Nexus 5 Muncul Di Internet dengan Tanggal Rilis
Advertisements

3. Andr/BatteryD-A.

Malware ini juga termasuk Trojan yang mempunyai nama lain Trojan. AndroidOS.FakeDoc.b. Malware ini akan membuat aplikasi “Battery Doctor” yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat pemakaian baterai pada perangkat Android yang diserangnya. Sebaiknya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan akan mengirimnya ke server pusat memakai HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat Anda membuka aplikasinya.

4. Andr/Generic-S.

Malware ini termasuk dalam golongan Malicious behavior. Malware ini juga mempunyai kemampuan untuk mengirimkan SMS premium tanpa pengetahuan pemiliknya di perangkat Android yang diserangnnya.

5. Andr/DrSheep-A.

Malware ini juga termasuk dalam golongan Trojan. Malware ini mempunyai kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Facebook, Twitter dan LinkedIn yang aktif pada perangkat Android yang diserangnya. Malware ini juga mempunyai nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep A

Sebagai pengguna Android Anda harus lebih waspada terhadap file-file yang mencurigakan atau Anda tidak mengerti yang muncul secara tiba-tiba di dalam memori perangkat Android Anda. Sebagai tindak pencegahan alangkah baiknya Anda memiliki aplikasi antivirus untuk mencegah serangan dari malware-malware yang bisa datang dari mana saja dan tiba-tiba. Untuk melindungi perangkat Android Anda harus memiliki aplikasi Antivirus yang cukup ampuh, Anda dapat melihat di website “Download Antivirus Android Free”.

Advertisements
Baca Juga  Cara mudah melakukan rooting tablet android

Demikian ulasan dari kami yang berjudul Inilah 5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

 

tags:

virus android paling berbahaya, macam macam malware android, macam macam virus android, nama nama virus android, virus paling berbahaya android, virus virus anroid, virus yang menyerang android
Inilah 5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang | guniwan | 4.5