Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Advertisements

Kelebihan root android – Bagi pengguna Smartphone berbasis Android, pasti sering mendengar istilah Root. Dengan ngeroot Android, pengguna dapat menginstall berbagai macam aplikasi, menghapus aplikasi bawaan dan dapat memodifikasi sesuai keinginan pengguna. Dan selain itu, user dapat mempercantik tampilan jika dibanding dengan tampilan standar. Jika dianalogikan, root android seperti hak administrator pada windows dan super user pada OS linux.

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Banyak mitos yang mengatakan, rooting dapat mengingkatkan performa Ponsel Android, namun juga dapat melemahkan dari segi keamanan. Walaupun rooting Android sangat penting, dengan alasan seperti itu pengembang Android tidak memberikan akses root sejak dari pabrikan. Karena hal ini untuk menghindari jika pengguna baru dengan sengaja atau tidak menghilangkan sistem penting.

Rooting Android juga mempunyai kelebihan, namun sebelum melakukan root Android sebaiknya simak terlebih dulu Kelebihan root android dan kelemahan root android padan ponsel kesayangan.

Kelebihan Root Android :

1. Dapat Menginstall Aplikasi
Dengan mudah akses penuh untuk menginstall berbagai alikasi, sehingga pengguna dapat melakukan custom ROM, kostumisasi pada perangkat Android. Dari jenis aplikasi tersebut seperti :

  • App2Card dan Link2SD : Aplikasi ini berguna untuk memindahkan semua file dan data ke SD Card.
  • Titanium Backup : Berguna untuk membackup semua aplikasi yang terlah terinstal dan memback up data pengaturan /settingan.
  • Aplikasi ScreenShot : Aplikasi yang berfungsi untuk mengambil screen shot atau foto dari layar ponsel.
  • Wi-Fi tether : Dapat menjadikan ponsel Android untuk membagi koneksi internet melalui jaringan WiFi.
  • AdFree : Berguna untuk menghilangkan iklan yang ada pada aplikasi gratisan.
  • Battery Calibrator : Membantu dalam penghematan daya baterai jika dirasa terlalu boros, dengan syarat pemakaian normal.
  • Font Changer : Bermanfaat untuk mengganti font bawaan atau standar pabrikan.
Baca Juga  Aplikasi Menghemat Baterai Android

2. Memaksimalkan Kinerja Ponsel
kelebihan root android selanjutnya, pengguna dapat melakukan overclock processor. Dengan ini, Ponsel dapat di maksimalkan kinerjanya, namun jika berlebihan dapat berdampak buruk pada prosesor karena mudah panas, baterai boros, sehingga memperpendek umur perangkat.

Advertisements

3. Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik
Banyak aplikasi bawaan pabrik yang dianggap tidak berguna dan memenuhi kapasitas memori, dengan melakukan Root pengguna dengan bebas dapat menghapus aplikasi tersebut. Namun saat akan menghapusnya, sebaiknya hati-hati dan jangan main hapus.

Dari sekian banyak kelebihan root android, tentunya terdapat kelemahan. Nah, untuk itu simak ulasan berikut ini.

Kelemahan Root Android

1. Masalah keamanan
Rooting ibarat membuka pintu, jadi siapa pun bisa memasukinya dengan mudah. Jika pengguna sering menginstall aplikasi yang bukan dari Google Play, maka keamanan Ponsel sangat rawan terhadap serangan virus dan malware. Walaupun dapat diantisipasi dengan Anti virus, tapi kenyataanya Virus lebih maju 10 langkah dibanding Anti virus.

2. Menghilangkan Garansi
Setelah melakukan otak-atik pada jeroan, dipastikan jaminan garansi Ponsel akan hilang. Dan dengan demikian, usahakan jika ingin melakukan root, saat masa garansi yang diberikan hampir habis. Secara umum, garansi yang diberikan sekitar 1 tahun. Saat ini telah tersedia aplikasi untuk melakukan unroot agar dapat kembali seperti semula, namun keampuhan aplikasi ini juga bukan jaminan.

Baca Juga  Backup Aplikasi Android yang Sudah Terinstall
Advertisements

Dari uraian diatas tentang kelebihan root android, dan kelemahan root android dapat disimpulkan bahwa root android diperlukan jika menang dibutuhkan. Bagi pemula, sebaiknya berfikir lebih dulu, jangan asal ikut-ikutan karena resiko yang ditimbulkan terbilang bahaya. Jika pengguna sudah merasa puas atas fitur default yang sudah diberikan, sepertinya proses root tidak diperlukan. Namun itu semua terserah Anda sebagai pengguna.

tags:

manfaat android root, manfaat root
Kelebihan dan Kekurangan Root Android | marhenk | 4.5