time 2 years yang lalu di topik #Kesehatan

Lima Cara Aman Hilangkan Varises

Advertisements

Memiliki tubuh yang terlihat mulus tentu akan menambah kepercayaan diri bagi yang bersangkutan, terutama untuk para wanita. Tapi adakalanya beberapa orang memiliki masalah dengan pembuluh darah yang terlihat menonjol, sehingga membuat penampilan menjadi terganggu. Pembuluh darah yang menonjol atau biasa di sebut juga dengan Varises ini memang kerap menjadi permasalahan yang mengganggu. Sebenarnya, varises sendiri bisa di cegah, tergantung dari penyebab varises tersebut. Karena untuk varises, bisa timbul karena kebiasaan sehari-hari,. Atau bisa juga karena faktor keturunan. Maka pada artikel kali ini, gendruk akan sedikit berbagi tentang lima cara aman hilangkan varises yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah varises yang mungkin anda alami.


Sebelum kita melangkah lebih jauh ke tips tentang cara menghilangkan varises, ada baiknya kita ketahui dahulu apa saja penyebab timbulnya varises ini. Maka dengan mengetahui faktor penyebab varises ini, mungkin anda nantinya bisa mengambil langkah dini untuk mencegah timbulnya varises. Varises sendiri dapat terjadi karena empat sebab, dan empat sebab timbulnya varises adalah sebagai berikut.

Ini dia 5 Cara Menghilangkan Varises anda

cara hilangkan varises

Faktor Kebiasaan – Varises bisa timbul karena kebiasaan. Untuk kaum lelaki, biasanya di sebabkan karena kegiatan sehari-hari. Seperti sering mengangkat beban yang cukup berat adalah salah satu alasanya. Sedngkan pada kaum wanita, varises juga bisa timbul jika terbiasa berdiri statis dalam waktu yang lama, apa lagi jika anda terbiasa menggunakan sepatu high heels. Maka untuk mencegah timbulnya varises jika anda di tuntut untuk berdiri dalam waktu yang lama, maka usahakan selalu melakukan gerakan. Karena orang yang berdiri sambil menggerak-gerakan kaki, memiliki resiko lebih kecil terkena varises.

Faktor Keturunan – Penyebab timbulnya varises yang kedua adalah factor keturunan. Jika anda memiliki riwayat keturunan yang memiliki masalah varises, maka resiko anda untuk terkena varises juga lebih besar. Hal tersebut bisa di lihat jika ada orang yang terkena varises pada usia muda, bisa jadi itu karena factor keturunan.

Faktor Kehamilan – Masa kehamilan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya varises. Karena ketika masa kehamilan, meningkatnya hormon progesteron dan bertambahnya berat badan, akan membuat kaki anda menopang beban yang cukup berat. Sehingga membuat aliran darah di kaki, pangkal paha, tungkai, serta perut menjadi terganggu. Maka hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya varises.

Advertisements

Faktor Hormonal – Faktor hormonal juga termasuk salah satu penyebab timbulnya varises. Factor ini biasanya terjadi pada orang yang menggunakan obat-obat kontrasepsi hormonal yang biasanya dapat mempengaruhi dinding pembuluh darah.

Lima Cara Aman Mengobati Varises

Semua yang saya sebutkan di atas adalah berbagai factor yang menjadi penyebab timbulnya varises. Sedangkan cara aman mengobati varises, dapat anda lakukan dengan empat cara berikut ini.

Medical Stocking – Teknik medical stocking umumnya di gunakan sebagai langkah pencegahan timbulnya varises. Tapi manfa’at lain dari medical stocking adalah, memperlancar peredaran darah di daerah kaki sehingga dapat mengatasi timbulnya varises. Tapi biasanya sebelum melakukan medical stocking, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Biasanya dokter akan melihat apakah ada pembuluh darah yang bagus di kaki anda. Karena jika seseorang tidak memiliki pembuluih nadi yang bagus, penggunaan medical stocking malah dapat mematikan pembuluh darah di kaki.

Operasi Phlebectomy – Cara selanjutnya untuk menghilangkan varises bisa menggunakan operasi phlebectomy. Yaitu dengan cara melakukan irisan kecil pada bagian varises yang membesar untuk mengambil varises pada bagian tersebut.

Suntik Sclerotherapy – Teknik suntik Sclerotherapy biasanya di lakukan dengan cara menyuntikan obat pada bagian-bagian tertentu yang di tumbuhi varises. Obat tersebut berfungsi untuk membuat varises tersebut menjadi menyusut. Jika bagian yang terkena varises sedikit, biasanya hanya cukup di lakukan satu kali. Tapi jika bagian yang terkena varises cukup banyak dan meluas, biasanya akan di ulang seminggu setelah proses pertama.

Vein Stripping – Teknik ini di lakukan dengan cara membuang semua varises yang ada pada bagian kaki. Caranya dengan memasukan sebuah alat pada bagian kaki yang terkena varises, kemudian pembuluh darah yang rusak akan dibuang. Nantinya, darah hanya akan mengalir melalui pembuluh darah yang bagus, karena pembuluh darah balik yang terdapat di kaki sebenarnya jumlahnya cukup banyak.

Teknik Laser – Teknik menghilangkan varises dengan skin laser biasanya dapat di gunakan pada pembuluh darah varises yang kecil, yang biasanya menyerupai sarang laba-laba. Maka jika varises yang timbul cukup besar, anda tak bisa menggunakan cara ini.

Advertisements

Yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan cara-cara di atas, anda harus melalui proses ultrasonografi (USG) terlebih dahulu. Karena hasil dari USH akan menentukan cara mana yang sebaiknya anda pilih untuk menghilangkan masalah varises. Oleh karenanya, sebaiknya dokter yang menangani anda juga harus bisa melakukan USG agar lebih aman. Semoga artikel singkat tentang lima cara aman hilangkan varises ini bermanfa’at bagi anda.

Lima Cara Aman Hilangkan Varises | guniwan | 4.5