Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Advertisements

Membersihkan file sampah windows, merupakan salah satu tips merawat komputer yang paling mudah. Jika komputer ibarat tubuh manusia, dengan adanya sampah yang menumpuk pastinya membuat tubuh akan mudah sakit. Walaupun komputer dan laptop merupakan barang elektronik, jika terdapat file sampah menyebabkan kinerja dan performa terhambat. Dan ini merupakan prioritas utama bagi pengguna.

Cara Membersihkan File Sampah di Windows

Penyebab file sampah di windows sendiri sebenarnya dapat dihindari, asalkan pengguna jangan terlalu sering menginstall aplikasi yang tidak dibutuhkan. Namun kenyataanya, hal itu sulit dihindari jika pengguna mempunyai rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu. Sebagai contoh, jika ada aplikasi atau game baru yang cukup menarik, biasanya mereka akan langsung mencoba untuk mengobati rasa penasaran. Akan tetapi karena pengguna tidak suka dengan aplikasi atau game yang sudah terinstall, mereka akan langsung menghapusnya.

Kebanyakan orang saat menghapus / uninstall aplikasi melalui menu “uninstall” pada aplikasi tersebut, justru file yang telah di hapus tidak lah hilang dari sistem komputer, melainkan menjadi file sampah yang berupa registry. Jika sudah demikian dan pengguna tidak membersihkan file sampah windows dipastikan file sampah akan makin menumpuk dan mengganggu aktivitas pengguna. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya windows telah tersedia aplikasi untuk membersihkan sampah. Akan tetapi, aplikasi yang dimilikinya tidak seampuh dari aplikasi pihak lain.

Advertisements
Baca Juga  Cara Merawat Komputer dan Laptop

Banyak aplikasi beredar yang dapat membersihkan file sampah windows, diantara beberapa aplikasi tersebut yang paling handal adalah Ccleaner. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dibutuhkan untuk merawat dan menjaga performa windows, dan tentu saja bisa didownload secara gratis karena bersifat freeware. Untuk lebih lengkap tentang fitur dan penggunaan ccleaner, berikut ini ulasanya.

Membersihkan file sampah windows dengan ccleaner

1. Fitur Pembersih
Ini merupakan fitur yang sering digunakan, karena dapat membersihkan histori, cache, cookie yang terdapat pada browser, aplikasi lain dan OS windows.

2. Fitur Registry
Dengan memanfaatkan fitur ini, windows akan terbebas dari segala file sampah. Fitur ini sangat berguna bagi seseorang yang sering menginstall dan menghapus sesuatu. Untuk lebih lengkapya, mungkin bisa dicoba sendiri.

3. Fitur peralatan
Dalam fitur ini sangat penting peranya, karena adanya pengaturan star-up, menghapus aplikasi, mengembalikan data terhapus dan lainya. Nah, bagi yang akan menghapus file, sebaiknya gunakan fitur tersebut agar file sampah langsung hilang.

Advertisements

Demikianlah cara mudah membersihkan file sampah windows. Sebisa mungkin, bersihkan secara teratur dan jangan menginstall dan menghapus aplikasi sesuka hati, agar performa komputer tetap terjaga. Selain itu, defrag hardisk secara berkala untuk meningkatkan performa komputer. Dan baca juga cara merawat komputer dan Laptop.

Cara Membersihkan File Sampah di Windows | marhenk | 4.5