Cara Mudah Membersihkan Layar Sentuh Android

Advertisements

Membersihkan layar sentuh Android – Hampir semua smartphone saat ini telah menggunakan layar sentuh atau touch screen sebagai pengganti tombol navigasi atau keypad. Hal tersebut tentu memudahkan pengguna, namun kadang kala dapat menimbulkan masalah jika saat menggunakanya kurang hati-hati ataupun sembarangan. Touch screen tidaklah tahan banting alias mudah rusak, karena saat menggunakan dengan jari, kondisi jari dalam keadaan kotor. Walaupun tidak merusak, namun dapat membuat touch screen android mengalami sedikit eror. Sehingga jika sudah demikian, mau tak mau harus meluangkan waktu untuk membersihkan layar touchscreen android yang kotor tersebut.

Membersihkan Layar Sentuh Smartphone

Membersihkan layar sentuh atau touchscreen pada hape android seperti hal nya membersihkan layar / monitor di PC, sama-sama sulit. Namun untuk ponsel memang mudah karena layar ponsel berukuran kecil, sekitar 5 inchi. Walaupun begitu, pengguna harus hati-hati agar tidak menimbulkan bekas dan goresan pada layar sentuh. Sebab layar sentuh sangat sensiti terhadap benda kasar.

Nah untuk itu, berikut adalah cara membersihkan layar sentuh yang banar, agar tidak menimbulkan reiko kerusakan.

Cara mudah membersihkan layar sentuh / touchscreen android dari kotoran

Silakanikuti saja step-stepnya berikut ini:

1. Matikan layar
Matikan layar smartphone, kalau perlu matikan juga ponselnya, agar kotoran yang menempel pada layar sentuh terlihat jelas dan menghindari konsleting.

Advertisements

2. Gunakan kain microfiber
Sebisa mungkin gunakan kain jenis microfiber saat membersihkan layar sentuh, kain ini sering digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Kain tersebut mempunyai serat yang halus jadi sangat aman untuk layar sentuh. Namun jika tidak punya, membersihkan dengan kapas, tisu dan kain juga tidak masalah asal bahan tersebut bersih dan halus.

Baca Juga  Harga Android Murah Berkualitas

3. Gunakanlah cairan pembersih
Jika layar dalam kondisi kering, saat membersihkan touchscreen akan terasa susah. Maka itu gunakan cairan permbersih yang di teteskan pada kain. Jangan langsung diteteskan pada layar, karena cukup beresiko. Untuk cairan perbersih, anda dapat menggunakan minyak kayu putih.

4. Gosok secara melingkar
Kebanyakan orang saat membersihkan touchscreen dengan cara mengusapnya secara horisontal dan verikal, justru cara tersebut sedikit salah karena nantinya kotoran jadi melebar. Untuk cara yang terbaik, dengan mengusak secara melingkar.

Cara membersihkan layar sentuh dari goresan

  • Siapkan pasta gigi, namun jangan yang mengandung butir micro atau butir pemutih.
  • Lalu oleskan pasta gigi pada layar, cukup yang terdapat goresan.
  • Ratakan pasta gigi keseluruh permukaan layar, bisa menggunakan jari atau sikat gigi. Saat di bagian layar yang tergores, ratakan dengan sedikit menekan namun jangan terlalu keras, nantinya malah pecah.
  • Diamkan selama beberapa menit, agar sedikit mengering. Selanjutnya bersihkan dengan kapas, tisu atau kain halus.
  • Lihat dan rasakan hasilnya, sumber kaskus http://goo.gl/9pAJ4z
Advertisements

Demikianlah cara mudah membersihkan layar sentuh dan menghilangkan goresan di touchscreen. Selain itu, merawat layar sentuh hp android juga sangat penting, agar dapat lebih awet. Untuk ponsel yang harganya sedikit mahal mungkin tidak masalah sebab sudah terdapat Gorilla Glass. Dan untuk ponsel dengan harga dibawah 1 jutaan, mungkin tidak terdapat Gorilla Glass sehingga dengan memasang pelingdung merupakan solusi yang terbaik.

tags:

aplikasi pembersih layar, bersih kaca hp, kain pembersih layar hp, layar sentuh android, membersihkan layar kaca zenfone 4 yang kotor dibagian dalam, menghaluskan layar android, pembersih kaca hp
Baca Juga  Cara Backup Data Android Tanpa Aplikasi
Cara Mudah Membersihkan Layar Sentuh Android | marhenk | 4.5