Cara Membuat Partisi SD Card Android

Advertisements

Partisi sdcard android – Melakukan partisi merupakan suatu kewajiban yang kerap di lakukan oleh pengguna PC, hal ini bertujuan agar memudahkan pengguna untuk menyimpan data dan tempat file sistem. Tidak hanya pada pc, partisi juga kerap dilakukan pengguna Android khususnya user Samsung Galaxy Young. Samsung GY memiliki kapasitas memori internal yang sangat kecil, sehingga jika tidak melakukan pastisi nantinya Ponsel tidak kuat untuk menampung dan menginstall aplikasi baru.

Cara Membuat Partisi SD Card Android

Dengan partisi sdcard android, nantinya daya tampung memori internal menjadi longgar karena saat menginstall aplikasi akan tersimpan pada SD Card. Untuk melakukan cara tersebut, Ponsel android harus sudah di root dan telah terinstall Link2sd yang berguna untuk memindahlan tempat penyimpanan.

Umumnya, cara yang dapat dilakukan untuk partisi sdcard android ada dua, langsung menggunakan ponsel dan menggunakan PC. Untuk kali ini akan memberitahuan caranya dengan menggunakan PC, karena selain tampilan nya yang lebih lebar, sangat mudah dalam pengoperasian aplikasinya. Aplikasi yang digunakan untuk partisi Mini Tool Partition Wizard, ini aplikasi gratis yang dapat di download langsung pada situsnya. Jika aplikasi sudah terinstall di PC, langkah selanjutnya adalah memlakukan proses partisi, adapun cara nya seperti berikut ini.

Cara mudah partisi sdcard android untuk Link2sd

1. Siapkan alat – alatnya :

Advertisements
  • Android dalam keadaan sudah Root
  • Siapkan Card reader dan Memory SD Card yang akan di partisi
  • Sebuah PC / Laptop dan software Mini Tool Partition Wizard
Baca Juga  Mengatasi Android Restart Saat Membuka Aplikasi

2. Masukan memori sd card kedalam card reader, lalu hubungkan dengan PC. Tunggu sebentar sampai memori terdeteksi oleh PC. Setelah itu, backup data android yang tersimpan di sd card dan bisa disimpan pada PC yang digunakan.

3. Sebelum memulainya, pahami dulu fungsi aplikasi ini, terutama fitur Move/Resize yang berguna untuk menentukan besar memori yang akan dibuat.

4. Sebagai catatan, jenis partisi ada 2 yaitu biasanya berupa Primary (System) dan Logical (data). Partisi sistem digunakan untuk menyimpan file sistem, sedangkan Logical nantinya untuk menyimpan data yang berupa foto, video, musik dan lainya.

5. Setelah paham tentang partisi, selanjutnya melakukan partisi secara langsung. Disini saya asumsikan menggunakan SD card sebesar 2 GB, dan nantinya akan di bagi menjadi 2. Baik berupa FAT32 dan ext3. Untuk memudahkan, sebaiknya diformat lebih dulu. Namun tentunya data harus sudah dibackup.

6. Setelah di format buat 2 partisi dengan “Create New Partition”. Sebagai contoh, partisi 1 sebesar 750 MB dengan format FAT32 dan sisanya jangan FAT32, tapi ext3. Setelah itu klik “apply” pada aplikasinya.

Bagi yang belum pernah melakukan partisi di HDD pc dan sd card, cara ini mungkin sedikit membingungkan. Untuk itu coba lihat video yang terdapat di Youtube ini. https://www.youtube.com/watch?v=GFWiuj08Xfw

Advertisements

Demikianlah cara mudah membuat partisi sdcard android untuk Link2sd, yang berguna agar ruang penyimpanan menjadi longgar, sehingga dapat meningkatkan performa android walaupun spec rendah.

tags:

campuran blog menambah internal galaxy y
Baca Juga  Mempercepat Koneksi Internet di Android
Cara Membuat Partisi SD Card Android | marhenk | 4.5