Cara Membuka File RAR di Android

Advertisements

Membuka file rar dan zip di android sangat mudah, banyak aplikasi yang telah tersedia. Aplikasi android gratis tersebut dapat membuka dan membuat file rar dan zip secara mudah dan cepat. File rar dan zip memang asli diperuntukan buat windows, namun android merupakan OS yang bersifat opensource layaknya linux, sehingga para pengembang menciptakan aplikasi untuk memudahkan pengguna agar semua aplikasi windows menjadi kompatibel dengan android.

Cara Membuka File RAR di Android

Selain digunakan untuk berkomunikasi, android dapat digunakan sebagai pendukung pekerjaan sebagai pengganti PC, sehingga pengguna tidak harus membuka PC saat akan membuka email, mengirim file atau membuka dokumen. Ada kalanya suatu file dibuat dalam bentuk rar, zip, tar dan lainya, maka itu dalam perangkat android juga harus tersedia aplikasi untuk membuka file – file tersebut. Tujuan di bungkus rar biasanya agar lebih aman dan memudahkan saat mengupload.

Untuk membuka file rar di android tidak membutuhkan waktu lama, namun itu tergantung besar file dan spec android yang digunakan. Banyak aplikasi untuk membuka file zip android yang tersedia di google playstore, seperti AndroZip File Manager, ZArchiver, Easy Unrar Unzip & Zip. Dari ketiga aplikasi tersebut mempunyai fungsi dam kemampuan yang sama baik dalam membuka rar. Namun kali ini akan membahas cara membuka file rar di android menggunakan AndroZip File Manager.

Baca Juga  Inilah 5 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik
Advertisements

Cara mudah membuat dan membuka file rar di android

Aplikasi Andro Zip diyakini sebagai aplikasi pertama yang diluncurkan untuk mengekstrak, membuat file RAR dan Zip pada android. Selain zip dan rar, aplikasi tersebut mendukung ekstensi yaitu TAR, TAR.GZ. Dengan adanya fitur share pada aplikasi ini memudahkan pengguna untuk membagikan dan mengirim melalui email atau melalui media lain.

1. Buka google play, lalu cari AndroZip. Setelah itu download dan install aplikasi nya.

2. Buka dan jalankan aplikasi nya, kemudian pilih file RAR yang ingin di ekstrak

Membuat file rar di andro

3. Setelah ketemu, nantinya terdapat 4 pilihan yang disediakan. Berhubung akan mengekstrak, langsung pilih opsi Extract Here

Membuat file zip di andro

4. Sampai sini file telah terekstrak, silahkan cari hasil nya di tempat anda meyimpan.

file rar telah terbuka

Advertisements

Dengan adanya aplikasi AndroZip, anda tidak perlu lagi membuka laptop atau komputer jika hanya ingin mengektrak file rar dan zip, sebab android lebih dari cukup sebagai pengganti PC. Demikianlah ulasan tentang membuka file zip di android dengan bantuan aplikasi AndroZip. Untuk cara membuat file zip dan rar, akan dibahas dilain waktu. Dan baca juga artikel lain, yaitu membuat autotext di android.

tags:

aplikasi rar, rar for android, aplikasi rar android
Cara Membuka File RAR di Android | marhenk | 4.5