Memperbaiki Micro SD Rusak Tidak Terbaca

Advertisements

Micro SD merupakan kartu memori yang biasa digunakan pada ponsel, dan fungsinya sangat penting. Kebutuhan micro sd pada ponsel sangat diperlukan jika pengguna ponsel tersebut suka menyimpan data, musik atau apapun yang berukuran bersar, sebab memori posel sendiri terbilang kecil. Walaupun seorang telah menjaga dan merawatnya, pastinya perangkat elektronik seperti micro sd pun pastinya tak luput dari kerusakan.

Memperbaiki Micro SD Rusak

Kerusakan micro sd sering terjadi, seperti tidak terbaca, microsd yang minta format, microsd bad disk, microsd write protected. Penyebab kerusakan pun juga bermacam, seperti kena virus, rusak karena berumur atau pengaruh pada perangkat ponsel. Namun untuk mengatsi kerusakan secara fisik, hal tersebut sangat sulit untuk diperbaiki, kecuali mengganti micro sd dengan yang baru. Nah jika demikian, pastinya data dan file yang tersimpan akan hilang. Maka itu, dengan cara backup data micro sd sangat perlu untuk dilakukan.

Untuk memperbaiki micro sd yang rusak, sebenarnya cukup mudah karena secara umum kerusakan micro sd hanya terletak pada sistem yang tidak terbaca. Hai ini terjadi karena kesalahan penulisan data atau kerusakan pada format sistemnya.

Advertisements

Cara mudah memperbaiki micro sd yang rusak

Jika masalah micro sd seperti diatas, cara memperbaikinya adalah dengan memformat. Cara tersebut nantinya akan menghapus semua data, namun begitu micro sd tersebut masih bisa digunakan lagi. Berikut cara mengatasi micro sd yang tidak terbaca, cara ini harus menggunakan PC.

Baca Juga  Membuat Bootable Flashdisk dengan YUMI

1. Masukan micro sd pada card reader atau yang lainya, setelah itu buka windows explorer. Klik drive micro sd yang terdapat di explorer, selanjutnya klik kanan untuk di fotmat. Saat akan memformat, pilih partisi FAT.

2. Jika cara tersebut masih tidak bisa format micro sd, gunakan cara kedua dengan bantuan CMD windwos.

Format microsd dengan cmd

  • Klik Start cari CMD di menu, atau belih mudah nya gunakan search dan ketik CMD
  • Setelah muncul ketikan FORMAT g: / FS:FAT (g = untuk huruf g biasa diganti dengan letak derive kartu memori. Misal disitu h, nantinya ganti dengan h)
  • Tunggu hingg format selesai, dan silahkan pasang lagi pada ponsel
Advertisements

Untuk mencegah dari kerusakan, jangan terlalu sering transfer file yang berukuran besar dan jangan sering mengeluarkan micro sd agar memori tidak corrupt. Demikianlah sedikit tips cara merawat micro sd dan memperbaiki micro sd yang rusak. Dan baca artikel menarik lainya, menambah RAM android.

tags:

aplikasi memperbaiki microsd yang rusak, memperbaiki micro sd rusak, Micro sd rusak, micro sd tidak terbaca
Memperbaiki Micro SD Rusak Tidak Terbaca | marhenk | 4.5